5 Cara Mudah Memasang Camera CCTV Sendiri tanpa Bantuan Teknisi

No Comments
Memasang kamera CCTV sendiri
CCTV


Camera CCTV merupakan perangkat keamanan yang sangat lazim dalam kehidupan modern ini. Walaupun harganya cukup mahal, tak menyurutkan keinginan orang-orang untuk memasang kamera pengawas ini di rumahnya. Untuk memasang kamera CCTV ini di rumah, tentunya Anda perlu teknisi terpercaya dan sudah berpengalaman.

Namun tahukah Anda, sebenarnya pemasangan CCTV di rumah bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Pemasangan ini tentunya harus sesuai dengan prosedur sehingga CCTV yang Anda pasang nantinya dapat berfungsi dengan baik.

Bagaimana teknis mudah pemasangan CCTV tanpa bantuan teknisi ini? simak ulasan ini hingga selesai.

Inilah 5 Cara Mudah Memasang Camera CCTV Tanpa Bantuan Teknisi

Untuk memasang CCTV tanpa bantuan teknisi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu mengikuti 5 cara berikut ini ketika akan memasangnya. Dengan memasang sendiri kamera pengawas ini tentunya Anda bisa menghemat biaya pasang sekaligus mempelajari bagaimana melakukan setting pada kamera CCTV.

Memeriksa tempat pemasangan CCTV yang strategis

Sebelum mulai memasang, pastikan terlebih dahulu letak CCTV yang akan Anda pasang. Tujuannya supaya kamera pengawas dapat melakukan pemantauan sesuai dengan arah yang Anda inginkan. Ada beberapa poin penting yang harus Anda pertimbangkan ketika memeriksa tempat untuk pemasangan CCTV, seperti:

  • Pasang kamera pada tempat yang agak tinggi untuk memantau secara luas
  • Letakkan kamera pada tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak atau orang lain
  • Jangan mengarahkan kamera ke sumber cahaya langsung
  • Tempatkan CCTV dekat dengan sumber listrik
  • Jika memasang kamera pengawas outdoor, pastikan terlindungi dari hujan atau panas
  • Posisi kamera pengawas tak boleh berada di bawah sebab gambar atau video akan menjadi sangat terang
  • Periksa dengan benar arah pandang CCTV Anda, jangan sampai mengarah ke rumah tetangga, kamar mandi atau tempat privasi lainya.

Memasang kamera CCTV di dinding atau langit-langit

Salah satu tempat yang bisa Anda pasangi kamera CCTV adalah bagian dinding atau langit-langit rumah. Saat memasangnya, Anda harus melubanginya dahulu menggunakan bor lalu memasang perangkat kamera keamanan tersebut pada arah dan sudut yang tepat.

Perlu Anda ketahui smart CCTV camera yang bagus biasanya sudah lengkap dengan braket pemasangan serta sekrupnya. Dengan begitu, Anda bisa memasang kamera pengawas tersebut menggunakan template lubang pemasangan di dinding atau langit-langit dengan mudah dan cepat.

Mengatur kabel dan perangkat lainnya

Inilah bagian tersulit dalam pemasangan kamera pengawas. Oleh sebab itu, sesaat sebelum Anda mulai memasang, ada baiknya tentukan lebih dahulu tempat yang tepat untuk meletakkan kabel. Tujuannya agar kabel tidak mudah terjangkau oleh anak-anak dan orang lain serta tak mengganggu desain rumah Anda.

Beberapa tips mengatur kabel berikut bisa Anda praktekkan ketika memasang sendiri CCTV di rumah Anda.
  • Lapisi lubang dinding tempat meletakkan kabel dengan bahan tahan air menggunakan silikon dan duct seal.
  • Pasang penutup luar yang tahan air sehingga air tidak akan masuk ke lubang kabel.
  • Manfaatkan kotak sambungan untuk menyimpan konektor dan kabel.

Sambungkan dan hidupkan CCTV

Ketika proses mengatur kabel telah selesai, cobalah untuk menyambungkan dan menghidupkan CCTV. Lakukan pemeriksaan apakah kamera pengawas tersebut sudah mendapatkan catu daya. Ingatlah, perekam tampilan dan monitor juga perlu catu daya. Oleh karena itu, Anda bisa menyambungkannya pada sumber listrik yang sama dengan kamera pengawas.

Selain menyambungkan ke sumber listrik, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menghubungkan sistem keamanan ini ke genset/UPS. Agar kamera pengawas tetap aktif walau dalam keadaan listrik padam.

Mengatur kamera pengawas yang telah terpasang


Inilah langkah terakhir yang harus Anda lakukan ketika melakukan instalasi kamera pengawas sendiri di rumah. Anda dapat mengatur kamera pengawas agar dapat diakses dengan memanfaatkan aplikasi melalui ponsel, komputer atau PC.

Jangan lupa aktifkan fitur pengawasan yang berupa tampilan langsung atau real time, pendeteksi gerakan, perekaman video dan lain sebagainya. Intinya memanfaatkan semua fitur yang Anda butuhkan agar pengawasan keamanan bisa maksimal.

Hikvision Acusense, Camera CCTV Terbaik Yang Cocok Untuk Keamanan Rumah

CCTV rumah


Produk kamera pengawas terbaik dan sangat recommended untuk Anda pasang di rumah tanpa perlu bantuan teknisi adalah Hikvision AcuSense. Kamera ini menawarkan spesifikasi terbaik serta memiliki banyak keunggulan, antara lain:

Mampu merekam secara real time

Hikvision AcuSense merupakan perangkat smart CCTV camera yang mampu merekam momen secara real time. Dengan begitu, ketika muncul hal yang mencurigakan atau ada penyusup maka sistem pada kamera pengawas akan memberikan peringatan secara langsung. Peringatan tersebut berupa alarm yang akan Anda terima melalui smartphone.

Sangat akurat dalam pencitraan

Hikvision dengan teknologi AcuSense merupakan produk kamera pengawas yang tinggi kualitasnya. Jadi Anda tak perlu heran bila melihat hasil pencitraan yang begitu akurat dan lebih detail. Hasil rekaman tersebut tampak seperti kejadian nyata yang Anda lihat dengan langsung.

Penggunaan lebih efisien

Kamera CCTV Hikvision AcuSense terbukti lebih efisien untuk Anda gunakan. Produk CCTV ini mempunyai fitur pelabelan pada rekaman video. Anda akan mudah mendeteksi rekaman yang berkaitan dengan objek manusia dan kendaraan.

Tentu saja teknologi ini akan memudahkan proses pencarian video tanpa perlu melakukannya secara manual atau satu persatu.

Pemasangan dan konfigurasi sangat mudah

Proses pemasangan dan konfigurasi yang mudah pada kamera CCTV Hikvision AcuSense membantu Anda saat melakukan instalasi sendiri tanpa bantuan teknisi. Settingnya pun tak sulit sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya di rumah.

Kamera Hikvision AcuSense merupakan satu brand camera CCTV yang terbaik dan recommended. Hal ini tak lepas dari 4 keunggulan yang dimilikinya sehingga Anda dapat memasangnya sendiri di rumah tanpa perlu bantuan teknisi. Tentu hal ini lebih hemat bukan?

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower