Tampilkan postingan dengan label Food n Beverage. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Food n Beverage. Tampilkan semua postingan

Anak-anak sebelum masuk sekolah, biasanya sangat jarang bermain di luar rumah, apalagi anak-anak yang tinggal di perkotaan. Orang tua merasa nyaman jika melihat anaknya bermain di dalam rumah. Berbeda dengan keluarga yang tinggal di pedesaan, anak-anak akan lebih sering bermain di luar rumah. Saya membandingkan kondisi di tempat tinggal saya di daerah perkotaan dan tempat tinggal orang tua saya di pedesaan. Itulah mengapa di daerah perkotaan sekarang banyak pengembangan ruang terbuka hijau yang memiliki tempat bermain anak. Tujuannya untuk mengakomodir warganya terutama anak-anak yang membutuhkan ruang bermain di luar rumah. 

Saya pun mengajak anak saya bermain di luar kamar hotel. Kebetulan saat itu, suami saya ada acara famiy gathering kantornya di salah satu hotel di kota Batu. Untungnya hotel ini ramah anak, ada tempat bermainnya yang lumayan banyak. Jarang-jarang kan ada hotel yang menyediakan tempat bermain untuk anak.

Pagi itu memang belum banyak yang bermain di tempat bermain. Jadi anak saya puas bermain ayunan, perosotan, cangkir putar, jungkat-jungkit dan roda putar. Setelah saya searching di internet, banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa beraktivitas di luar rumah/ruangan sangat bermanfaat untuk pengembangan kognitif, linguistik, motorik, dan social-emosi. 

Beberapa alasan pentingnya seorang anak bermain di luar rumah adalah:

Perlunya Kalsium dan Vitamin D dari sinar matahari.


Ketika saya mengajak anak saya bermain di luar, cuaca pagi itu di Kota Batu cukup cerah. Walaupun udara cukup dingin tapi anak saya tak ragu beraktivitas di tempat bermain. Salah satu alasan pentingnya bermain di luar ruangan, terutama di pagi hari, adalah asupan Vitamin D untuk tubuh. Seperti yang kita tahu ya kalau Vitamin D itu bagus banget untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. 

Makanya, saat bermain di luar, saya bawa dua susu #IndomilkUHTKidsFullCream untuk anak saya, Raceqy (3 tahun). Kemasannya yang praktis bikin gampang dibawa kemana-mana. Selain itu, kandungan susu UHT Kids Full Cream ini tinggi kalsium dan kaya akan Vitamin D karena proses pengolahannya dari susu sapi segar dengan kerusakan gizi yang minimal. Saat saya mengeluarkan susu itu, anak kedua saya, Ghalib (1 tahun), teriak-teriak minta susu #IndomilkUHTKidsFullCream itu. Sedangkan masnya maunya ngehabisin. Untung saya bawa lagi. Duh, kalo sudah rebutan.

Sebenarnya susu ini aman untuk anak di atas 1 tahun dan juga cocok untuk susu selepas ASI karena susu ini susu tanpa garam. Hanya saja saya memberinya susu tersebut bukan menjadi substitusi dari ASI ya... Nggak perlu khawatir juga dengan komposisinya karena susu ini tanpa tambahan gula dan garam. Pas saya lihat di kemasannya, memang tanpa tambahan gula dan garam! Komposisi susu UHT Kids Full Cream ini adalah susu sapi segar, susu skim bubuk, air dan penstabil nabati. Kelebihan lainnya susu ini memiliki kandungan gizi cukup tinggi seperti Vitamin D, Kalsium, Vitamin A, dan kandungan gizi lainnya. Karena susu UHT Kids Full Cream ini bernutrisi dan baik untuk usia 1 tahun ke atas maka saya nggak ragu memberinya pada dua anak. Lagipula dengan kandungannya bernutrisi dan tinggi kalsium pada susu ini insyallah bisa bikin anak sehat dan aktif.

Bermain di Luar Ruangan Saat Pagi Hari Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kandungan tinggi kalsium cocok agar anak sehat dan aktif

Olahraga

Biasanya kalau anak bermain di luar, dia suka berlari-lari, sama seperti orang lagi olahraga. Semua anggota badan bergerak karena anak #AktifItuSehat. Aktif adalah indikator seorang anak itu sehat jasmani. Saat bermain di taman bermain, anak saya paling suka bermain cangkir putar dan roda putar. Tangannya begitu kuat mencengkeram dan memutar poros agar cangkir terus berputar dengan kencang. Begitu juga saat naik roda putar, bak hamster, anak saya berlari di roda berputar terus-terusan sampai-sampai dia kesulitan menghentikannya.

Bermain Cangkir Putar Bermanfaat Melatih Otot Tangan

Melatih Keterampilan Diri

Bermain di luar juga melatih psikomotorik anak. Anak saya berlari-lari di roda putar, memutar poros di cangkir putar, atau naik tangga sebelum meluncur di perosotan merupakan hal-hal yang mengasah kemampuan dirinya. Raceqy jadi berlatih bagaimana membuat permainan cangkir dan roda berputar lebih cepat atau lebih lambat. Bagaimana dia harus menghentikan putarannya dengan menahan poros pada cangkir putar walaupun dia belum berhasil menghentikan roda putar tanpa harus terjatuh.

Melatih Anak Menghadapi Resiko

Nah, sebagai ibu, jelas banget kadang saya khawatir kalau dia main di luar tanpa pengawasan. Bisa saja dia terjatuh, terluka atau terjepit sesuatu. Bermain di taman bermain bukan berarti bebas resiko. Ternyata anak saya masih saja terjatuh, terjepit tangannya, bahkan hampir terbalik dari ayunan. Menurut McCarthy (2018), anak memang harus dilatih untuk menghadapi resiko. Bukan berarti resiko yang kita berikan itu disengaja. Sebisa mungkin kita menghindari resiko yang sangat berbahaya bagi anak. Kalau di tempat bermain hotel menurut saya masih aman saja tapi siapa yang kira kalau seorang anak bisa saja terjatuh saat berlari padahal kita sudah menganggap aman. 

Ketika saya bermain ayunan, mungkin Raceqy belum begitu memahami bahayanya. Dia sempat salah posisi yang membuat dia hampir saja terjatuh. Untung, saya dan suami segera memegangnya. Setelah itu dia malah minta turun. 

Begitu juga saat main cangkir putar. Dia sangat senang saat cangkir berputar cepat. Kemudian dia memasukkan tangannya di poros hingga membuat tangannya terjepit karena cangkir terus berputar. Dia teriak kesakitan. Untungnya pula saya segera menghentikan dan membantunya mengeluarkan tangannya dari poros.

Tidak hanya sampai di situ, resiko lain yang harus dihadapi anak saya adalah terjatuh di roda putarnya hamster (tapi versi orang, hehe). Setelah dia bisa memutar roda secara maksimal, dia ingin menghentikan dengan kakinya malah nggak bisa. Saya pun nggak mengajarkan bagaimana menghentikannya. Eh, dia malah jatuh. Untung dia nggak nangis. Saya pun mengajak dia minum susu dulu di kursi ayun.

Melatih Anak Menghadapi Resiko Tentu Dengan Pengawasan Orang Tua

Melatih Bersosialisasi

Setelah beberapa lama di tempat bermain, akhirnya anak-anak lainnya pun ikut bermain di tempat bermain tersebut. Mereka mulai memilih mainan-mainan yang lagi nggak dipakai. Sedangkan Raceqy mulai mengamati kondisi sekitarnya yang sudah mulai banyak anak-anak yang lebih tua juga lebih muda darinya. Saya hanya memperhatikan bagaimana dia berinteraksi dengan orang-orang. Anak saya belum mengenal anak-anak teman suami jadi dia agak sungkan ikut bermain. Padahal kalau di rumah saya, dia malah aktif menyapa tetangga-tetangganya yang seusianya. Saya juga mengevaluasi diri saya bahwa seharusnya saya juga aktif untuk mengenalkannya dengan teman-temannya. 

Dapat Hadiah Tiup Balon Dan Mengajak Main Adiknya
 
Setelah semua anak mendapatkan hadiah, mereka pun dengan senang hati bermain di taman bermain. Acara family gathering kantor suami pun selesai. Saya mengajak anak saya berenang di kolam renang hotel bersama anak-anak kecil lainnya. Sayangnya, dia kedinginan padahal baru tiga menit masuk air kolam. Hehe. Maklum Kota Batu memang dingin banget. 

Sebenarnya banyak banget manfaat anak-anak bermain di luar ruangan (outdoor). Kita pastinya ingin anak-anak kita juga beraktivitas di luar rumah seperti layaknya masa kecil kita. Dan jangan lupa berikan susu #indomilkUHTKidsFullCream saat aktivitasnya tinggi. Review susu UHT yang sangat singkat saya semoga bermanfaat ya!


Sumber Referensi:
McCarthy, Claire. 2018. 6 reasons children need to play outside. https://www.health.harvard.edu/blog/6-reasons-children-need-to-play-outside-2018052213880
Read More

Hari itu, anak saya seperti biasa lagi susah makan. Kebetulan pas ada acara ketemu teman-teman di Mr. Mac Resto, saya pun ajak anak saya ke resto itu untuk makan ayam krispi.

Mr. Mac Resto ini berlokasi di Jalan Cengger Ayam no. 30. Tak jauh dari pesantren Al-Hikam. Saya pun diantar suami ke restonya. Bangunan dua lantai itu memiliki parkiran yang cukup luas untuk mobil dan motor. Tempatnya juga luas terlihat dari luar. hehe.


Lantai dasar Mr. Mac Resto

Seorang pelayan menyambut saya dengan ramah dan menpersilakan saya naik ke lantai dua. Di lantai dasar. Setelah saya menyapa teman-teman saya, saya mengambil tempat duduk da mulai berfoto-foto.
Tak lama, seorang pelayan memberi sepiring ayam crispy dengan nasi putih yang dibentuk pakai mangkok. 

Anak Saya Makan Ayam Krispi Mr. Mac Resto


Saya pun menyuapi anak saya. Setelah melihat ada teman sebayanya yang duduk tak jauh darinya, dia minta makan sendiri. Ya sudah saya cuci tangan saja yang berada tak jauh dari kamar mandi.

Di lantai dua Mr. Mac resto ini memang punya fasilitas kamar mandi yang bersih, musholla, wastafel, wifi, sound, alat lcd dan layar, smooking area, pesan gojek, bisa untuk meeting 200an orang. 

Fasilitas di Mr. Mac Resto


Seorang pemilik Mr. Mac Resto yang bernama Pak Machrus datang kemudian bercerita tentang perjalanan beliau selama jadi pengusaha kuliner. Inspiratif dan membuat saya trenyuh.

 

Modal Utama dalam Berwirausaha à la Mr. Mac Resto

Untuk menjadi seorang pengusaha, setidaknya memiliki sikap yang mampu membawa usahanya berhasil. Pak Machrus memiliki modal yang mungkin bisa kita contoh. Modal apa sajakah itu?

Percaya diri.

Tahun 1995, beliau membuka usaha tempura dimana usaha itu belum banyak penjualnya seperti sekarang. Selain itu, beliau lebih banyak menjual masakan jepang, seperti chicken katsu.

Saya bilang beliau memang perlu diacungi jempol atas kepercayaan diri dan keberaniannya membuka usaha yang berbeda dengan lainnya dan belum banyak yang buka usaha tersebut.

Berani.

Awalnya kerja di resto Jepang kemudian resign tahun 1994 dan membuka usaha STMJ di pinggiran kota Surabaya. Sayangnya jualannya tidak begitu ramai. Kemudian dia pun hijrah ke Malang sendirian dan meninggalkan Malang serta satu anaknya. Beliau membuka usaha ayam kripsy di Siswa Food Center di depan Matahari Mall, kota Malang. Terkadang kesuksesan itu diawali dengan langkah yang berani.

Tak mudah menyerah. 

Walaupun Pak Machrus pernah gagal berwirausaha tapi hal tersebut tidak membuat beliau menyerah. Setelah gagal menjual STMJ dan roti bakar di Surabaya, ia pun berjualan usaha ayam krispy, tempura, dan chicken katsu.


Disiplin.

Saat Pak Machrus berjualan di Siswa foodcenter, beliau termasuk orang yang disiplin. Tempat beliau berjualan buka paling pagi dan tutup paling malam. Alias buka jam 8 pagi dan tutup jam 10 malam. Beliau mendisiplinkan diri sebelum mendisiplinkan pegawainya.

Gigih dan tekun.

Berkat kegigihan dan ketekunan dalam menjalani usaha, beliau sekarang memiliki tiga cabang Mr. Mac Resto.

Tanggal 15 Oktober 1995, beliau mengawali membuka restoran ayam krispi di depan Matahari Mall, kota Malang, di Siswa foodcenter. 

Tahun 2006, beliau membuka outlet di Kepanjen. Tepatnya di Jalan Kawi No. 25, Kepanjen. Outlet tersebut ditangani berdua dengan istri beliau. Kelebihan ayam krispi ini di Kepanjen yaitu ada es krimnya.

Tahun 2008, beliau juga buka outlet di Turen tepatnya di Jalan Pang. Sudirman No. 1.

Tahun 2018, Mr. Mac Resto buka cabang tanggal 7 Desember 2018 tepatnya di Jalan Cengger Ayam No. 30. Tidak jauh dari pesantren Al-Hikam.

Teras Atas Lantai 2 di Mr. Mac Resto


Kreatif.

Mungkin sudah banyak kreativitas yang beliau wujudkan dalam usaha kuliner, seperti jenis usaha kuliner. Tak hanya itu, strategi yang beliau lakukan adalah strategi pemasaran. Saat bulan puasa Ramadhan, ketika kebanyakan orang membeli makanan harus menunggu, beliau dengan anak buahnya malah menjemput bola sehingga pembeli tak harus menunggu lama setelah adzan maghrib sudah berkumandang.

Selanjutnya beliau juga membuat slogan seperti layaknya resto-resto terkenal lainnya. Slogannya adalah "Nikmatnya tak terduga". Slogan tersebut terinspirasi dari seorang pembeli pertama kali datang dan makan di Siswa foodcenter kemudian memuji masakannya.

Selain itu, saat ini, beliau membangun Mr. Mac Resto di Jalan Cengger Ayam mengutamakan sudut-sudut restoran yang cocok untuk berswafoto. Maklum jaman sekarang kan jamannya Instagram berkembang maka suatu tempat yang instagrammable pasti menjadi incaran anak-anak muda untuk berswafoto.



 Konsisten dengan rasa.

Namanya berjualan produk kuliner otomatis rasa menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Maka Pak Machrus sangat memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai rasanya tiap hari berubah.

Mengutamakan Keluarga.

Suatu ketika, Pak Machrus pernah bersekolah di SHS Surabaya ambil bartender dan minuman standar internasional termasuk alkohol. Suatu ketika, Ayah beliau datang ke surabaya melihat botol-botol minuman koleksi termasuk alkohol. Kemudian botol tersebut beliau musnahkan dan tidak kerja di tempat hiburan malam lagi. Kemudian beliau kerja di resto jepang dan selanjutnya ditunjuk jadi supervisor. Itulah mengapa beliau jadi sedikit-sedikit tahu tentang masakan jepang. Insyallah berkahnya lebih dapat yaaa…

Pernah juga, suatu ketika, istri dan anak beliau masih di Surabaya. Jadi mereka terpisah jarak. Setelah usaha ramai, sekitar 1,5 tahun, beliau berkunjung ke rumah guru beliau. Saat itu guru beliau bertanya, "Bagaimana jualannya?"
 
Pak Machrus menjawab, "Alhamdulillah sudah ramai."

Guru tersebut kemudian menyuruh beliau segera memboyong istrinya.

1 Maret 1997, istri dan anaknya dibawa ke malang. Mereka kontrak di daerah Jalan Ikan. Satu tahun kemudian rumah yang dikontrak akhirnya terbeli. Ternyata hidup bersama di Malang justru membuat usaha Pak Machrus semakin laris.

Puncak-puncak ramai ayam krispi nya dari tahun 1998-2004. Paling sepi sekitar 70 ekor ayam dan paling banyak sekitar 110 ekor ayam.

Saat mereka ingin punya anak kedua, beberapa dokter kandungan memvonis kalau istri beliau nggak bisa punya anak lagi karrna ada sesuatu di dalam perut sebesar telur puyuh.

Tahun 1999 mereka pergi haji dengan istri. Ke Mekkah, beliau berusaha mencium Hajar Aswad yang katanya dengan begitu seolah-olah sudah bertemu dengan Allah. Beliau oun gandolan di pintu ka'bah dan berdoa minta anak.

Lima bulan kemudian ternyata Allah mengabulkan doa beliau. Istrinya hamil.



Persiapan saat Membuka Usaha

Jika kita ingin membuka usaha kuliner, persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani usaha kuliner, seperti yang dilakukan oleh Pak Machrus, adalah plan, do, check dan action.

Kita rencanakan (plan) dari usaha kuliner yang akan dilakukan. Selanjutnya kerjakan (do) rencana yang telah dibuat. Lakukan pengecekan (check) sebelum melayani konsumen. Terakhir adalah beraksi (action) atas rencana jualan kuliner yang telah dibuat.


Menu di Mr. Mac Resto

Oiyaa… rasanya tak lengkap kalau saya tidak menyebutkan sekilas menu-menu yang ada di Mr. Mac Resto. Menunya  tak hanya western menu, seperti ayam krispy saja, tapi juga ada menu chinese, jepang dan jangan khawatir ada menu indonesia juga. Beraneka ragam menu ini menurut saya cocok untuk segala usia dan kebangsaan jika ingin mencari makan.Sekedar informasi, untuk semua menu resto sedang dalam proses pembuatan sertifikasi halalnya sedangkan untuk ayamnya sudah ada sertifikasi halalny.
Menu di Mr. Mac Resto

Menu di Mr. Mac Resto

Menu dessert di Mr. Mac Resto


 Nah, Mr. Mac udah berbagi tips kalau ingin membuka usaha kuliner. Jadi mau buka usaha apa nih? Jangan lupa kabar-kabar ya! Hehe.

Read More
Previous PostPostingan Lama Beranda

Follower