Ingin membuka Usaha? Belajar dari Mr. Mac Yuk!

3 comments

Hari itu, anak saya seperti biasa lagi susah makan. Kebetulan pas ada acara ketemu teman-teman di Mr. Mac Resto, saya pun ajak anak saya ke resto itu untuk makan ayam krispi.

Mr. Mac Resto ini berlokasi di Jalan Cengger Ayam no. 30. Tak jauh dari pesantren Al-Hikam. Saya pun diantar suami ke restonya. Bangunan dua lantai itu memiliki parkiran yang cukup luas untuk mobil dan motor. Tempatnya juga luas terlihat dari luar. hehe.


Lantai dasar Mr. Mac Resto

Seorang pelayan menyambut saya dengan ramah dan menpersilakan saya naik ke lantai dua. Di lantai dasar. Setelah saya menyapa teman-teman saya, saya mengambil tempat duduk da mulai berfoto-foto.
Tak lama, seorang pelayan memberi sepiring ayam crispy dengan nasi putih yang dibentuk pakai mangkok. 

Anak Saya Makan Ayam Krispi Mr. Mac Resto


Saya pun menyuapi anak saya. Setelah melihat ada teman sebayanya yang duduk tak jauh darinya, dia minta makan sendiri. Ya sudah saya cuci tangan saja yang berada tak jauh dari kamar mandi.

Di lantai dua Mr. Mac resto ini memang punya fasilitas kamar mandi yang bersih, musholla, wastafel, wifi, sound, alat lcd dan layar, smooking area, pesan gojek, bisa untuk meeting 200an orang. 

Fasilitas di Mr. Mac Resto


Seorang pemilik Mr. Mac Resto yang bernama Pak Machrus datang kemudian bercerita tentang perjalanan beliau selama jadi pengusaha kuliner. Inspiratif dan membuat saya trenyuh.

 

Modal Utama dalam Berwirausaha à la Mr. Mac Resto

Untuk menjadi seorang pengusaha, setidaknya memiliki sikap yang mampu membawa usahanya berhasil. Pak Machrus memiliki modal yang mungkin bisa kita contoh. Modal apa sajakah itu?

Percaya diri.

Tahun 1995, beliau membuka usaha tempura dimana usaha itu belum banyak penjualnya seperti sekarang. Selain itu, beliau lebih banyak menjual masakan jepang, seperti chicken katsu.

Saya bilang beliau memang perlu diacungi jempol atas kepercayaan diri dan keberaniannya membuka usaha yang berbeda dengan lainnya dan belum banyak yang buka usaha tersebut.

Berani.

Awalnya kerja di resto Jepang kemudian resign tahun 1994 dan membuka usaha STMJ di pinggiran kota Surabaya. Sayangnya jualannya tidak begitu ramai. Kemudian dia pun hijrah ke Malang sendirian dan meninggalkan Malang serta satu anaknya. Beliau membuka usaha ayam kripsy di Siswa Food Center di depan Matahari Mall, kota Malang. Terkadang kesuksesan itu diawali dengan langkah yang berani.

Tak mudah menyerah. 

Walaupun Pak Machrus pernah gagal berwirausaha tapi hal tersebut tidak membuat beliau menyerah. Setelah gagal menjual STMJ dan roti bakar di Surabaya, ia pun berjualan usaha ayam krispy, tempura, dan chicken katsu.


Disiplin.

Saat Pak Machrus berjualan di Siswa foodcenter, beliau termasuk orang yang disiplin. Tempat beliau berjualan buka paling pagi dan tutup paling malam. Alias buka jam 8 pagi dan tutup jam 10 malam. Beliau mendisiplinkan diri sebelum mendisiplinkan pegawainya.

Gigih dan tekun.

Berkat kegigihan dan ketekunan dalam menjalani usaha, beliau sekarang memiliki tiga cabang Mr. Mac Resto.

Tanggal 15 Oktober 1995, beliau mengawali membuka restoran ayam krispi di depan Matahari Mall, kota Malang, di Siswa foodcenter. 

Tahun 2006, beliau membuka outlet di Kepanjen. Tepatnya di Jalan Kawi No. 25, Kepanjen. Outlet tersebut ditangani berdua dengan istri beliau. Kelebihan ayam krispi ini di Kepanjen yaitu ada es krimnya.

Tahun 2008, beliau juga buka outlet di Turen tepatnya di Jalan Pang. Sudirman No. 1.

Tahun 2018, Mr. Mac Resto buka cabang tanggal 7 Desember 2018 tepatnya di Jalan Cengger Ayam No. 30. Tidak jauh dari pesantren Al-Hikam.

Teras Atas Lantai 2 di Mr. Mac Resto


Kreatif.

Mungkin sudah banyak kreativitas yang beliau wujudkan dalam usaha kuliner, seperti jenis usaha kuliner. Tak hanya itu, strategi yang beliau lakukan adalah strategi pemasaran. Saat bulan puasa Ramadhan, ketika kebanyakan orang membeli makanan harus menunggu, beliau dengan anak buahnya malah menjemput bola sehingga pembeli tak harus menunggu lama setelah adzan maghrib sudah berkumandang.

Selanjutnya beliau juga membuat slogan seperti layaknya resto-resto terkenal lainnya. Slogannya adalah "Nikmatnya tak terduga". Slogan tersebut terinspirasi dari seorang pembeli pertama kali datang dan makan di Siswa foodcenter kemudian memuji masakannya.

Selain itu, saat ini, beliau membangun Mr. Mac Resto di Jalan Cengger Ayam mengutamakan sudut-sudut restoran yang cocok untuk berswafoto. Maklum jaman sekarang kan jamannya Instagram berkembang maka suatu tempat yang instagrammable pasti menjadi incaran anak-anak muda untuk berswafoto.



 Konsisten dengan rasa.

Namanya berjualan produk kuliner otomatis rasa menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Maka Pak Machrus sangat memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai rasanya tiap hari berubah.

Mengutamakan Keluarga.

Suatu ketika, Pak Machrus pernah bersekolah di SHS Surabaya ambil bartender dan minuman standar internasional termasuk alkohol. Suatu ketika, Ayah beliau datang ke surabaya melihat botol-botol minuman koleksi termasuk alkohol. Kemudian botol tersebut beliau musnahkan dan tidak kerja di tempat hiburan malam lagi. Kemudian beliau kerja di resto jepang dan selanjutnya ditunjuk jadi supervisor. Itulah mengapa beliau jadi sedikit-sedikit tahu tentang masakan jepang. Insyallah berkahnya lebih dapat yaaa…

Pernah juga, suatu ketika, istri dan anak beliau masih di Surabaya. Jadi mereka terpisah jarak. Setelah usaha ramai, sekitar 1,5 tahun, beliau berkunjung ke rumah guru beliau. Saat itu guru beliau bertanya, "Bagaimana jualannya?"
 
Pak Machrus menjawab, "Alhamdulillah sudah ramai."

Guru tersebut kemudian menyuruh beliau segera memboyong istrinya.

1 Maret 1997, istri dan anaknya dibawa ke malang. Mereka kontrak di daerah Jalan Ikan. Satu tahun kemudian rumah yang dikontrak akhirnya terbeli. Ternyata hidup bersama di Malang justru membuat usaha Pak Machrus semakin laris.

Puncak-puncak ramai ayam krispi nya dari tahun 1998-2004. Paling sepi sekitar 70 ekor ayam dan paling banyak sekitar 110 ekor ayam.

Saat mereka ingin punya anak kedua, beberapa dokter kandungan memvonis kalau istri beliau nggak bisa punya anak lagi karrna ada sesuatu di dalam perut sebesar telur puyuh.

Tahun 1999 mereka pergi haji dengan istri. Ke Mekkah, beliau berusaha mencium Hajar Aswad yang katanya dengan begitu seolah-olah sudah bertemu dengan Allah. Beliau oun gandolan di pintu ka'bah dan berdoa minta anak.

Lima bulan kemudian ternyata Allah mengabulkan doa beliau. Istrinya hamil.



Persiapan saat Membuka Usaha

Jika kita ingin membuka usaha kuliner, persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani usaha kuliner, seperti yang dilakukan oleh Pak Machrus, adalah plan, do, check dan action.

Kita rencanakan (plan) dari usaha kuliner yang akan dilakukan. Selanjutnya kerjakan (do) rencana yang telah dibuat. Lakukan pengecekan (check) sebelum melayani konsumen. Terakhir adalah beraksi (action) atas rencana jualan kuliner yang telah dibuat.


Menu di Mr. Mac Resto

Oiyaa… rasanya tak lengkap kalau saya tidak menyebutkan sekilas menu-menu yang ada di Mr. Mac Resto. Menunya  tak hanya western menu, seperti ayam krispy saja, tapi juga ada menu chinese, jepang dan jangan khawatir ada menu indonesia juga. Beraneka ragam menu ini menurut saya cocok untuk segala usia dan kebangsaan jika ingin mencari makan.Sekedar informasi, untuk semua menu resto sedang dalam proses pembuatan sertifikasi halalnya sedangkan untuk ayamnya sudah ada sertifikasi halalny.
Menu di Mr. Mac Resto

Menu di Mr. Mac Resto

Menu dessert di Mr. Mac Resto


 Nah, Mr. Mac udah berbagi tips kalau ingin membuka usaha kuliner. Jadi mau buka usaha apa nih? Jangan lupa kabar-kabar ya! Hehe.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar

  1. Wawww....perjuangan yang luar biasa berbuah manis ya mb. Mr Mac keren sekeren bisnisnya. Mau ah ajak keluarga ke Mr Mac...

    BalasHapus
  2. Dari artikel ini, kita bisa melihat ya. kebersamaan dengan keluarga atau menikah bisa menambah rezeki. Aamiin. Semoga bisa meniru kesuksesan beliau.Aamiin

    BalasHapus
  3. Kok Pas ya, tahun ini 2019. Pingin banget punya usaha kuliner karen aku memang suka kulineran. Dan sudah capek kerja kantoran, karen aliburnya terbatas.

    Setelah baca baca, Aku sudah plan, tinggal Do dan evaluasi. Semangat!!!

    BalasHapus

Follower