Perawatan Wajah selama Pandemi Secara Sederhana

1 comment

Beberapa waktu lalu, aku risiiiihh banget sama kulit yang mulai muncul bercak flek cokelat di wajah. Aku tanya sama emak-emak blogger Kodew Malang di grup, ya emang grup blogger khusus emak-emak itu nggak cuma urusan ngeblog aja, tapi juga urusan macam perawatan dan pengalaman lainnya. Jawabannya macam-macam. Dari pakai SPF sampai ke skin care.



Iya sih, selama pandemi ini aku udah nggak pernah lagi ke skin care. Biasanya, seenggaknya 1 tahun sekali aku ke skin care. Tapi tahun kemaren nggak sama sekali. #nangis


Akhirnya aku cuma perawatan seadanya dirumah. Perawatan itu pun cuma facial wash, terus krim pagi. Itu yang paling simpel seantero jagat raya dan memang cocok perawatan wajah untuk pemula. 


FACIAL WASH

Pemilihan facial wash juga ditentukan dengan kulit wajah. Kalau kulit wajahku kering cenderung berminyak, dan aku biasanya tetap pilih facial wash untuk kulit normal. Biasanya aku pakai Ponds selama bertahun-tahun, sekitar 15 tahun. Wow banget yah! Ternyata Ponds bener-bener menemani perjalanan perawatan wajahku. 


Selama aku pakai itu, memang wajah terasa lebih segar dan bersih setelah pakai, tapi pas setelah lama di luar tetap terasa lusuh. Dan memang beda sih kalau perawatan di salon sama perawatan sederhana itu. Aku pernah nggak pakai produk skin care yang beredar di toko tapi memilih di skin care. 


Kulitku bener-bener kinclong, kenyal dan nggak kusam meski sudah berlama-lama di luar. Tapiii setelah itu, jerawatku tumbuh banyak. Dan disuruh berhenti memakai krim dari skin care itu. Sengaja nggak aku sebutin. Kata dokternya memang agak bermasalah skin care itu.



Setelah sembuh akhirnya aku pindah facial foam Citra. Nggak ada alasan khusus sih, memang pengen ganti aja. Hasilnya sih kurang lebih sama. Hahaha. Terus pas di web Wardah ada promo aku coba aja facial wash untuk oil dari Wardah. Hasilnya belum kerasa sih karena baru beberap kali pakai.


SERUM

Nah, biasanya habis pakai facial wash, aku pakai pelembab atau cream tanpa SPF (Entah kenapa sekarang susah banget cari day cream tanpa SPF). Tapi karena aku beli day cream anti aging di web Wardah jadi deh aku dapat bonus facial foam dan serum Hazel. Lumayan banget.



Manfaat serum sendiri membuat kulit wajah lembab, membantu meringkas pori karena mengandung Vitamin E dan Hyaluronic Acid.


Jangan tanyakan efeknya di wajahku karena aku baru pakai sekali. wkwkw. Dasar emang agak males sih. Soalnya baru pertama coba jadi agak takut karena dulu pernah jerawatan. Teman-temanku malah pengen banget dapat serumnya, Haha.


CREAM 

Kalau krim wajah ini wajib dipunya setelah pemakaian facial wash karena setelah pakai facial wash biasanya kulit agak kering jadi perlu pakai pelembab. Nah, sekarang tuh jarang banget cream yang nggak pakai SPF. Semua krim siang biasanya selalu ada SPF nya padahal kan kalau nggak keluar rumah nggak perlu pakai SPF. Bener gitu nggak? Atau harus tetep pakai SPF di dalam rumah? Cream ini bisa cuma moisturizer tanpa SPF, day cream dengan SPF dan night cream.


- MOISTURIZER

Ini yang sering aku pakai dari dulu setelah pemakaian facial wash. Cream moisturizer, krim pelembab. Lumayan memang membuat kulit wajah terasa lembab. Aku biasanya pakai pelembab wajah Ponds sejak aku remaja, terus aku pindah pakai krim Citra, sekarang pindah lagi pakai Wardah. Haha.





- DAY CREAM SPF

Sebenarnya aku nggak biasa sih pakai SPF, tapi mengingat wajah semakin menua, sinar UV dari matahari semakin berbahaya, rasanya pemakaian SPF saat keluar rumah itu wajib. Maka, saya usahakan pakai SPF setiap keluar rumah, kecuali nyapu depan rumah sih. Oiya, sebenarnya SPF ini bisa terkandung di dalam day cream atau liquid foundation. Sayangnya, setelah selesai pakai day cream SPF wajahku langsung timbul merintis-merintis kecil banyak. Kadang malah jerawat yang gedean dan sakit. Setelah itu biasanya aku nggak pakai SPF day cream. Apa karena nggak cocok pakai SPF? Terus gimana dong kalau lagi keluar rumah nggak pakai SPF? tapi emang sih setelah pemakaian day cream SPF kalau selesai mandi aku pakai facial foam, bukan pakai cleansing milk atau toner, semacam itu. Dan kayaknya aku nggak cocok deh pakai SPF.







- NIGHT CREAM

Entah kenapa suatu waktu aku beli night cream, pengennya perawatan komplit yang sederhana di rumah. Eh ada nggak sih komplit yang sederhana? haha. Jadilah aku beli night cream. Sebelum tidur aku pakai night cream. Pas bangun tidur kerasa lebih lembab gitu. Beda kalo nggak pake night cream yang terasa muncul minyak di beberapa bagian wajah dan kering di beberapa bagian.



Terus aku kudu gimana dong kalau mau perawatan wajah yang makin sensitif ini? Hiks.






Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower