Alasan Pasang Google Analytics dan Google Search Console

No Comments

Mungkin teman-teman ada yang baru dengar tentang Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC). Dalam dunia blog, dua alat itu sebenarnya penting. Dulu, aku ngeblog juga tidak tahu apa itu GA dan GSC. Itu pun beberapa kali dikirimin email tentang perlunya pasang GA dan GSC. Pernah suatu ketika, sebuah perusahaan website travelling di Paris mengirimiku email untuk mengajak kerja sama untuk menulis artikel dengan upah per view dengan bayaran Euro. Karena waktu itu aku tidak paham dengan view per artikel dan GA jadilah aku kehilangan kesempatan itu. Setelah itu, aku memasang GA.


Sampai akhirnya aku tahu sekilas tentang GA setelah beberapa kali mendapat job menulis dimana diminta view per artikel dari GA. Setelah itu aku memasang GSC meskipun aku tidak begitu memaksimalkan dua fitur tersebut.


Tanggal 19 Juni 2021 hari sabtu lalu, aku mengikuti kelas BRT yang membahas tentang Audit Web dan Cara Menggunakan Tools Audit. Pematerinya adalah Mas Priyo Harjiyono. Beliau menjelaskan tentang Tools Audit Web seperti Google Analytic dan Google Search Console.




Oiya, terima kasih dulu buat Mas Punto, Mbak Monica Anggen, Mba Gemaulani, Mas Ardhi yang sudah memberikan ilmunya terkait dengan SEO blog. Semoga Allah yang balas kebaikan kalian ya. Amiinn.

 

Lanjut…

 

Apa itu Google Analytics dan Google Search Console?

Pengertian Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menganalisa trafik web kita dan didasarkan pada beberapa acuan seperti real-time, audiens, akuisisi, perilaku dan konversi. Sedangkan pengertian Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang memberikan analisis performa blog kita juga konten terbaik di blog kita.

 

Apa saja yang ada di Google Analytics?

Ada lima laporan yang ada di GA seperti:


Realtime

Kita bisa melihat pengunjung yang datang ke blog kita berdasarkan waktu saat itu atau real time.  Laporan realtime ini bisa kita lihat berdasar lokasi, organic atau bukan, artikel apa yang dibaca, device mobile atau desktop.


Audience

Dari audiens ini kita bisa melihat data jumlah data user yang berkunjung ke blog kitabisa dilihat dari waktu hari, minggu atau bulan. Selain itu juga kita bisa melihat pageview, bounce rate, durasi sesi, jumlah sesi per user, jumlah sesi, negara ataukota, penggunaan device. Tak hanya itu,kita bisa melihat pengunjung berdasar demografi dan ketertarikan. Dengan begitu kita bisa menentukan konten apa yang akan menarik mereka untuk berkunjung ke blog.


Acquisition

Akuisisi ini digunakan untuk melihat sumber trafik yang paling dominan. Seperti dalam blog saya, pencarian secara organik alias memang pengunjung mencari di google dengan kata kunci tertentu bukan dari share link.


Behavior

Dari perilaku pengunjung, kita bisa melihat alur perilaku,konten situs, kecepatan situs, penelusuran situs, dan lainnya. Kita bisa melihat halaman yang paling banyak di klik, jumlah pageview, landing page, dan lainnya.


Conversions

Sementara konversi ini biasa digunakan oleh pemilik blog untuk tujuan tertentu seperti blog dengan e-commerce. Sehingga bisa melihat kinerja produk, kinerja pemasaran dan transaksi yang dilakukan.


Apa saja yang ada di Google Search Console?

Di GSC ini kita bisa melihat Performance, URL Inspection, Coverage, Sitemaps, Page Experience,Core Web Vitals, dan Mobile Usability. Kita bisa melihat kinerja blog berdasar total klik pencarian artikel dalam blog kita, melihat impresi, CTR, LCP dan posisi web dalam Google.


Tujuan pemasangan Google Analytics dan Google Search Console

Jika ditanya, apa perbedaan Google Analytics dan Google Search Console? Google analytics itu lebih menunjukkan trafik dari blog kita. Misalnya berapa view per hari, minggu dan bulan. Tak hanya itu, kita juga bisa melihat trafik blog berdasarkan demografi (usia, jenis kelamin, hobi), lokasi penelusuran (kota dan Negara) dan rata-rata penggunaan alat penelusuran (mobile atau desktop).


Sementara Google Search Console dipasang untuk melihat performa blog. Kita bisa melihat jumlah klik pada blog, keyword yang paling dicari, artikel yangpaling dominan di klik bahkan melihat kinerja blog berdasarkan LCP dan CSL atau pagespeed.

 

Pentingnya Google Analytics dan Google Search Console

Pentingnya Google Analytics adalah

1.       Mengetahui jumlah pengunjung

2.       Mengetahui demografi pengunjung

3.       Mengetahui ketertarikan pengunjung

4.       Mengetahui aliran perilaku pengunjung

5.       Mengetahui lokasi pengunjung berdasar kota dan negara

6.       Menganalisis langkah yang harus diambil dalam pembuatan konten untuk menarik pengunjung.


Pentingnya Google Search Console adalah:

1.       Mengetahui URL yang perlu diperbaiki

2.       Mengetahui kecepatan website jika dibuka melalui mobile dan desktop

3.       Membantu menemukan keyword yang paling dicari

4.       Membantu web terindeks google dengan sitemap

5.       Mengetahui halaman yang paling sering diklik, negara pengunjung terbanyak, device yang paling banyak digunakan.

6.       Membantu memperbaiki kinerja blog.

 


Itulah kenapa kita yang serius ngeblog dan ingin menghasilkan cuan dari blog eh biar blognya optimalmaka GA dan GSC ini perlu dipasang.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower