Pada Usia Berapa Anak Sudah Diajak Puasa Ramadan?

No Comments
Sekarang memang lagi booming banget Itu anak TK sudah diminta berpuasa Ramadan bahkan ada yang sudah diminta untuk puasa Ramadan sampai maghrib. Sampai ada yang membanding-bandingkan anak kita dengan anak orang lain.

Wah keren banget itu anaknya sudah puasa rajin.

Anakku saja puasanya satu jam puasa 1 jam makan 1 jam puasa 1 jam makan.
Kesiapan anak puasa ramadan

Jadi sebenarnya kapan sih anak itu mulai diajarkan berpuasa?

Anak diajarkan berpuasa tergantung kesiapan masing-masing anak dan orang tua. Ada yang sudah diajarkan sejak TK A, ada yang sudah diajarkan sejak SD kelas 3. Sebenarnya kapan waktu yang tepat anak berpuasa ramadan? Ini cerita pengalaman dari saya mengajak anak puasa ramadan.

Lihat kesiapan fisik

Kebetulan anak saya yang pertama usia 8 tahun waktu puasa ramadan 2024 sedang dalam masa penyembuhan. Jadi di hari pertama, saya tidak izinkan berpuasa. Dan mulai berpuasa di hari kedua dengan buka puasa dzuhur.

Setelah beberapa hari, dia sudah masuk sekolah, dia minta puasa sampai maghrib, sepertinya memang dimotivasi ustadzah makanya dia semangat puasa.

Saya sendiri sebenarnya tidak memaksa anak untuk puasa. Saya juga melihat kondisi anak saya apakah mampu berpuasa atau tidak.

Ketika dia masih TK, puasa sampai jam 09.00 aja sudah marah-marah, ngomel-ngomel, teriak-teriak kelaparan dan kehausan minta buka sambil menangis-nangis.

Kira-kira jika Mam dalam kondisi seperti itu apakah mom akan menyuruhnya berpuasa atau langsung menyuruhnya berbuka?

Membandingkan boleh, asal...

Saya juga kadang masih suka membandingkan kemampuan anak orang yang bisa puasa sampai magrib. Sedangkan anak saya kadang puasa magrib seringnya puasa zuhur. Tapi saya ingat lagi bahwa setiap anak itu fisiknya beda-beda dan dilihat lagi bahwa anak belum masuk syarat wajib puasa. Kecuali kalau sudah masuk syadat wajib ya harus puasa sampai magrib.

Ajarkan sabar

Pada awalnya anak saya yang usia 1 tahun Saya minta dia untuk bersabar. Intinya kita mengajarkan anak untuk bersabar dan mengajarkan anak bahwa puasa itu untuk menahan lapar dan haus.

Pertama-tama anak mungkin akan bersabar dan menerima nasihat kita tapi lama-kelamaan mungkin dia tidak kuat lagi dan tidak tahan untuk berpuasa meskipun saat itu masih jam 10.00 atau 10.30.

Nah biasanya saya melihat anak saya kalau dia sudah tidak kuat atau sudah marah-marah, nangis-nangis. Kalau sudah begitu saya nyuruh dia untuk berbuka. Setelah dia makan dan minum Saya minta dia untuk berpuasa kembali. Nah biasanya baru 3 jam berjalan dia akan lapar lagi dan rewel lagi untuk minta makan.

Saya pun menyuruhnya bersabar lagi dan mengatakan bahwa sebentar lagi akan maghrib ya kira-kira 3 jam lagi. Memang sih anak belum tahu 3 jam itu berapa lama tapi setidaknya kita mencoba untuk menenangkan dan menyuruh dia untuk bersabar. Sebenarnya ini adalah cara untuk mengajarkan anak bersabar saat puasa Ramadan.

Semakin lama anak akan terbiasa untuk menahan lapar dan haus. Biasanya pekan pertama itu adalah hari-hari adaptasi mereka berpuasa Romadhon. Nanti pekan selanjutnya mereka sudah terbiasa jadi saat Adzan zuhur mereka akan berbuka dan tidak rewel.

Perlu mengingatkan untuk latihan puasa sampai magrib

Karena anak saya kadang masih puasa dzuhur, maka saya juga perlu mengingatkan untuk belajar puasa sampai magrib biar saat nanti sudah baligh nggak kaget. Meskipun anak akan protes dan rewel karena menahan lapar, Mom bisa menyuruhnya bersabar dulu kemudian jika dia tidak kuat bisa disuruh berbuka.

Kalau saya tanda tidak kuat puasa ini, kalau wajahnya pucat atau lemas, matanya sayu, wajahnya terlihat lelah, tidak kuat beraktivitas, selalu tidur-tiduran.

Minum air putih yang banyak saat berbuka

Dan yang perlu memperhatikan adalah saat berbuka anak jangan sampai kurang minum air putih. Minta mereka untuk menghabiskan 1 gelas air putih. Jika tidak bisa habis, Mam bisa menyuruhnya sedikit-sedikit yang penting minum terus. Khawatirnya karena tubuh anak itu belum kuat dan fisiknya masih lemah dan tidak sekuat orang dewasa, jika dia kekurangan air putih, badannya akan ngedrop.

Sayang sekali kan kalau sakit akhirnya tidak bisa berpuasa dan tidak bisa sekolah. Apalagi jika kita membiarkan anak puasa sampai maghrib tapi nutrisi tidak dijaga dan air putih pun tidak dijaga sehingga membuat anak jadi jatuh sakit..

Jadi usia berapa anak diajak puasa ramadan?

Kalau menurut agama sendiri kan sebenarnya di usia 7 tahun anak sudah disuruh salat. Itu suruh salat saja dulu bukan berarti dipakai sampai anaknya nangis-nangis diajak saja anaknya salat sama seperti puasa ketika umur 7 tahun anak diminta atau diajak untuk berpuasa Ramadan. Nah di usia 10 tahun anak menurut Islam sendiri jika tidak salat maka dia akan dipukul dengan sapu ijuk. Jangan bayangkan ya orang tua memukul anak dengan sabuk itu yang keras tapi hanya untuk pajangan jadi hukuman yang tidak menyakitkan.

Jadi saya sendiri di usia anak saya masih 8 tahun, saya tidak memaksa dia untuk puasa sampai magrib tapi saya tetap mengarahkan dia untuk puasa sampai magrib sambil mengatakan bahwa puasa sampai maghrib itu jalan menuju surga sebagai tameng untuk menghindari dari api neraka. Jadi mereka itu ditanamkan Iman dan mengenai keutamaan puasa

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower