Siang-Siang Jalan Ke Taman Harmoni dan Hutan Bambu Surabaya

2 comments
Merasakan sengatan matahari siang hari sempat membuat saya malas turun dari mobil. Hanya karena keingintahuan saya akan tempat yang instagramable di Surabaya yaitu Hutan Bambu yang bersebelahan dengan Taman Harmoni, membuat saya akhirnya turun dari mobil dan mengambil kamera untuk mengabadikan momen-momen yang ada di Taman Harmoni dan Hutan Bambu yang ada di Kota Surabaya.


Taman Harmoni

Taman ini ada di sebelah Hutan Bambu. Tempat wisata di Surabaya ini cukup ramah untuk anak-anak. Fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata Taman Harmoni Surabaya ini adalah:

Fasilitas Parkir

Mobil di parkiran Taman Harmoni siang itu tidak terlalu banyak. Setelah parkir, suami langsung menurunkan sepeda untuk Raceqy. Ia pun langsung menaiki sepeda dan melewati jalan-jalan taman tanpa mengeluh dengan cahaya matahari yang sangat terik.

Papan Nama Tanaman

Pada tanaman tertentu terdapat papan nama yang menjelaskan jenis tanaman seperti tanaman Tabepuya dan beberapa tanaman lainnya. Bagi saya hal ini cukup penting untuk belajar mengenal tanaman-tanaman yang ada di sekitar. Sayangnya, tak semua pengunjung berhenti di papan nama itu untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis tanaman tersebut.

Taman Untuk Berpiknik dan Berfoto

Saya melihat beberapa keluarga sedang berteduh sambil menikmati jajanan yang mereka bawa. Beberapa petugas kebersihan taman pun tampak sedang beristirahat. Beberapa sepasang muda-mudi melewati gapura dengan tanaman merambat. Sang wanota meminta sang pria mengambil gambar dengan kamera wanita itu. Sang wanita pun bergaya. Saya tak mau mengganggu mereka. Saya pun segera mengambil gambar di tempat lain.

Fasilitas taman bermain anak

Ia begitu excited setelah melihat ada tempat bermain anak-anak di taman itu. Ada ayunan, perusutan, tempat menggantung, jungkit-jungkit, dan lainnya.

Arena Bermain di Taman Harmoni Surabaya

Fasilitas Musholla dan kamar mandi

Adzan Dzuhur belum berumandang tapi musholla sudah cukup ramai oleh pengunjung yang ingin duduk bersantai. Maklum di taman ini kursinya terbatas dan sudah dipakai pengunjung. Di dekat musholla ada kamar mandi yang saya lihat keriwehan ibu-ibu yang sedang membersihkan anaknya.

Tong Sampah 

Agar kebersihannya terjaga, di taman ini juga disediakan tempat sampah. Ada tempat sampah untuk sampah kering, sampah basah dan ada juga komposter. Komposter yang dihiasi gambar ikan ini sebenarnya untuk sisa-sisa makanan bagi pengunjung yang berpiknik. Akan tetapi banyak yang belum sadar tentang pemilahan sampah sehingga pengunjung hanya membuang sampah tanpa memilahnya.

Hutan Bambu

Begitu selesai menyusuri Taman Harmoni secara singkat, saya pun berjalan mengunjungi Hutan Bambu yang berada tepat di sebelah taman.

Kalau kita lihat di medsos, taman bambu ini seperti tempat wisata di luar negeri, mungkin di China atau Jepang. Tempatnya memang instagramable. Tempat yang cocok untuk berfoto-foto. Salah satu wisata di Kota Surabaya ini memang cukup banyak yang datang walaupun di siang hari.

Saya melihat masih ada ibu-ibu yang duduk lesehan menggelar koran dengan banyak cemilan di taman. Ada juga yang berpiknik di hutan bambu dengan menggelar koran.

Bambu-bambu sudah terlihat gersang. Pengunjung-pengunjung banyak yang mengambil gambar di tengah-tengah pepohonan. Saya pun tak ketinggalan mengambil gambar di tengah pepohonan. Sayangnya, karena banyak pengunjung, saya agak kesulitan mengambil gambar tanpa ada orang lewat.
Begitu selesai mengambil foto di Hutan Bambu saya pun bergegas pulang.

Hutan Bambu

Dari kejauhan, saya melihat banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan. Para pedagang benar-benar memanfaatkan keramaian yang ada di taman dan hutan bambu untuk mencari nafkah.

Tiket Masuk

Tak ada loket ataupun petugas yang menarik karcis kepada pengunjung. Insyallah sampai saat ini untuk tiket masuk ke Hutan Bambu dan Taman Harmoni itu Gratis!

Lokasi

Lokasi Hutan Bambu dan Taman Harmoni ini berada di Keputih, Sukolilo, Surabaya. Tidak jauh dari Kampus ITS. Kalau dari Jl. Arief Rahman Hakim jalan terus saja sampai ikutin jalan sampai ketemu tulisan Taman Harmoni dan Hutan Bambu. Yang pasti sebelum Terminal Keputih.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

  1. Lho?! Ada hutan bambu di Surabaya? Ya ampun, aku kok kudet banget Yo. Baru ngerti sekarang

    BalasHapus

Follower