Kunyit Asam, Minuman Herbal Khasiat Memperlancar Haid

No Comments

Semenjak melahirkan sembilan bulan yang lalu, dan setelah masa nifas selesai, saya sama sekali belum menstruasi. Menurut kata bidan yang menangani saya melahirkan, selama saya masih menyusui penuh, keterlambatan menstruasi adalah hal yang wajar.

Sebenarnya saat anak pertama pun begitu, saya cuma mengalami sekali mens setelah nifas selesai. Kemudian saya mens lagi setelah anak usia 11 bulan. Mungkin karena anak sudha mulai makan jadi intensitas menyusuinya berkurang. Kalau sekarang, intensitas menyusui masih cukup sering.

Di tubuh setiap orang, efek menyusui pun beda-beda. Ada yang nggak ngefek sama sekali. Jadi menstruasi tetap jalan. Ada yang berdampak terlambat mens seperti saya.

Memang apa hubungannya keterlambatan menstruasi dengan menyusui?
Seorang bidan menjelaskan kepada saya dengan bahasa sangat sederhana. ASI itu kan sebenarnya dari darah. Lah, darahnya saja sudah berubah jadi susu. Jadi, darahnya sudah nggak berubah jadi mens lagi.

Bagaimana kalau pertama menstruasi setelah absen lama?


Ketika anak pertama dulu, saat saya menstruasi setelah absen cukup lama, darah yang keluar cukup banyak. Bahkan saya sempat pusing seperti orang kehabisan darah.

Pakai pengobatan nggak?


Saat itu, saya nggak melakukan pengobatan apa-apa agar menstruasi saya lancar. Saya biarkan saja. Saya pikir nanti juga mens. Jadi saya nggak melakukan apa-apa padahal banyak sekali obat-obat memperlancar haid, baik bahan kimia ataupun herbal. Kalau nggak salah, saat saya pijet saya bilang sama Mbah yang mijitin kalau saya belum mens. Sama mbahnya perut saya di tata. Entah bagaimana maksudnya coba. Yang jelas perut saya diobrak-abrik. Eh bukan dibuka isinya terus diobrak-abrik, hehe.
Nah, gara-gara baca artikel tentang manfaat kunyit asem buat memperlancar haid, saya jadi pengen coba-coba walaupun tentu tidak instan.

Manfaat Kunyit Asam

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit asam memberi manfaat bagi tubuh, seperti :

  • Antiinflamasi. Kurkumin yang merupakan senyawa aktif dari kunyit memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi dengan menghambat lipoksigenase dan siklooksigenase (Bermawie dkk, 2008) yang sintesisnya diperantarai oleh prostaglandin. Inilah yang mengurangi rasa sakit saat haid atau memperlancar haid.
  • Antibakteri. Kandungan kurkumin dalam kunyit diketahui dapat memiliki aktivitas sebagai antibakteri broad spectrum (Bermawie dkk, 2008). Aktivitas inilah yang membuat kunyit mampu menghambat pertumbuhan mikroba penyebab bau badan.
  • Antioksidan. Kurkumin dalam kunyit mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas (Phan et al., 2003. Aktivitas sebagai antioksidan inilah yang mampu membuat badan tetap sehat dan segar. Selain itu kurkumin meningkatkan sintesis IgG (Bermawie dkk, 2008), sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.


Jamu Gendong vs Jamu Sachet

Dulu, banyak banget mbok-mbok jualan jamu gendong lewat depan rumah. Sekarang, hal itu sudah jarang dijumpai. Para pecinta jamu pada akhirnya membeli jamu sachet karena lebih tahan lama dan juga tak kalah segarnya. Walaupun membeli jamu gendong lebih murah dan lebih banyak, jamu sachet pun memiliki kelebihan dari segi tahan lama dan lebih praktis. Tinggal pilihan kita mau pilih yang mana. Semua tergantung selera. Kalau saya kadang beli jamu gendong (yang sekarang naik motor sih sebenarnya, hehe), kadang juga beli yang sachet. Yang pasti, sachet ini lebih praktis saat bepergian atau travelling kemana-mana. Karena manfaatnya membuat kita fit saat bepergian.
Kunyit Asam, salah satu rasa Herbadrink untuk memperlancar haid


Ekstrak Alami

Ekstak alami sachet Kunyit Asam yang baru saya coba agar bisa menstruasi lagi adalah minuman kunyit asam dari HERBADRINK.
Herbadrink, ekstrak alami yang menyehatkan

Herbadrink ini diproduksi oleh perusahaan Konimex, perusahaan yang juga memproduksi produk farmasi, suplemen, permen, produk alami dan ekstrak alami.

Akhirnya saya coba Kunyit Asam untuk diminum, rasanya asam-asam segar. Apalagi di daerah tropis seperti di negara kita. Lima Varian Rasa
Ekstrak alami Herbadrink ini ada empat varian rasa, yaitu :

  • Kunyit asam. Minuman Herbadrink Kunyit Asam dibuat dari ekstrak alami kunyit (Curcuma domestica) dan asam (Tamarindi pulpa) ditambah gula dan bahan lainnya yang dibutuhkan. Pengolahannya jelas menggunakan teknologi modern dengan resep tradisional turun temurun. 
  • Wedang uwuh. Wedang uwuh ini merupakan minuman percampuran jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, minyak cengkeh, minyak sereh. Khasiatnya membuat badan hangat dan menyegarkan badan.
  • Temulawak. Minuman teulawak bermanfaat bisa memperbaiki nafsu makan. Rasanya juga segar. 
  • Sari Jahe. Minuman sari jahe ini juga bisa untuk menghangatkan badan. Rasanya nggak kalah dengan minuman jahe yang ada di angkringan. Pedasnya jahe sangat terasa. 

Oiya harga satu kotak ekstrak alami bermacam rasa itu sekitar 13.000-15.000 rupiah isinya lima sachet. Minuman ini bisa dicari di Giant dan Superindo. Saya kurang tahu lokasi mana untuk menjual minuman ini.



Daftar Pustaka
Putri, Elfrieda Ignatine Yaninavita Mursita. 2009. Studi Pemahaman dan Gambaran Penggunaan Jamu Instan Kunyit Asam pada Masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower