Ngemil Bijak Untuk Anak Dispepsia Dengan Resep dari Snacks-Desserts.id

5 comments

 “Dispepsia,” begitu kata dokter yang mendiagnosis penyakit anakku karena ia begitu sering mengeluh sakit perut. Entah sebelum makan, saat makan atau sesudah makan. Kemudian dokter memberikan resep obat lambung untuk anakku. Saat itu, ia juga terkena penyakit gejala tipes setelah test thypoid di laboratorium.


Kupikir sakit perutnya akan sembuh. Rupanya anakku sakit lagi. Satu minggu sebelum puasa Ramadhan 2021, bahkan tidak Cuma dyspepsia-nya yang kambuh, Raceqy tiba-tiba merasa lemas, demam, diare, dan muntah. Awalnya, aku mengira anakku kecapekan karena kebanyakan main dan asupan makanan sedikit ditambah lagi terlambat makan. Aku juga mengira dia masuk angin jadi aku belikan dia obat masuk angin untuk anak. Aku belikan degan juga karena ku pikir dia salah makan.



Sayangnya, tiga hari berjalan tidak kunjung membuahkan hasil yang menggembirakan. Anakku semakin lemas dan hanya tidur-tiduran di tempat tidur. Muntah setiap makan. Mau tidak mau, aku memeriksakan anakku ke dokter. Dokter pun memberi obat diare, obat lambung dan penurun panas. Sedikit lega sebenarnya karena setelah beberapa hari minum obat dari dokter, anakku berangsur membaik. 


Sekitar seminggu kemudian, suami mengajak kami ke luar kota. Sekitar jam 5 sore Raceqy mengeluh sakit perut dan lapar. Aku sempat bingung karena aku tidak membawa cemilan atau pengganjal perut. Alhasil, aku mencari bakso. Dia pun makan. Setelah tiba di rumah, sepanjang malam dia menangis kesakitan menahan perutnya dan diare masih berlanjut. Besoknya, aku membawanya ke dokter spesialis anak yang buka di hari sabtu pagi. Lumayan jauh dari rumah tapi tidak apa-apa demi anakku segera sembuh.


Dokter mengatakan karena masih ada bakteri diare dalam perutnya makanya masih mencret dan sakit perut. Aku juga bertanya, apakah dia tidak bisa makan-makanan tertentu seperti keju, atau makanan berbahan kacang seperti sate, tahu telor, dan makanan lain yang memicu sakit perutnya. Beliau mengatakan sebenarnya tidak apa-apa. Itu hanya bakterinya belum benar-benar hilang. Selain itu juga sakit perutnya dipicu karena terlambat makan. Benarlah apa yang dikatakan dokter sebelumnya tentang penyakit Dypepsia-nya.


APA ITU DISPEPSIA?

Menurut Halodoc, Dispepsia adalah istilah medis untuk gangguan pencernaan. Orang awam biasa menyebutnya maag. Penyebab dyspepsia ini bisa bermacam-macam seperti alergi makanan, intoleransi terhadap makanan, keradangan, dan lainnya. Penderita dyspepsia akan merasa tidak nyaman pada perut bagian atas seperti rasa penuh, kembung, mulas, bersendawa, mual, muntah atau nyeri.


Pengobatan untuk penyakit dyspepsia ini adalah konsumsi obat yang mengandung antasida untuk mengurangi asam lambung, konsumsi air putih, istirahat dan makan makanan yang ada.


ATURAN AGAR DISPEPSIA TIDAK KAMBUH

Sampai saat ini pun, aku hampir tidak percaya kalau anakku mengalami dyspepsia di usianya yang masih lima tahun. Masih kecil sekali. Mau tidak mau aku harus menerima itu. Aku pun mulai menerapkan aturan di rumah agar dyspepsia-nya tidak kambuh.


Membatasi dan mengatur jam minum susu

Sebelum anakku didiagnosis dyspepsia, frekuensi minum susunya memang sering. Bahkan bisa lima kali sehari. Kuperhatikan, setelah minum susu itu, dia selalu mengeluh sakit perut. Cukup sering. 


Dilemma sebenarnya karena kandungan dalam susu pun bagus. Apakah aku melarang anakku minum susu? Tidak, Aku tidak melarang minum susu sepenuhnya. Aku hanya mencoba membatasi dan mengatur jam minum susu, seperti minum susu sekitar satu jam setelah makan nasi, melarang dia minum susu setelah bangun tidur atau tengah malam. 


Istirahat

Ini juga penting agar daya tahan tubuh anak kuat. Istirahat di siang hari dan tidur malam yang cukup. Anakku sendiri kalau dia sedang asyik main sampai lupa tidur siang. Bagiku ini juga berpengaruh terhadap gejala dyspepsia.

 

Mengatur pola makan

Dokter memang pernah mengatakan agar anakku tidak boleh terlambat makan, dan perut harus terus diisi. Alasannya jika perut terlalu lama dibiarkan kosong maka proses pencernaan akan terganggu, asam lambung bisa naik. Dan menimbulkan rasa tidak enak di perut.


Ngemil Bijak 

Salah satu cara agar dispepsia anak tidak kambuh adalah memberikan cemilan di waktu tertentu. Biasanya setelah waktu makan utama. Menu cemilan yang diberikan pun tidak sembarangan. Aku sebut dengan Ngemil Bijak. Aturan Ngemil Bijak yang aku terapkan untuk anakku yang mengalami Dispepsia adalah:


- Snack time 2-3 kali sehari (pukul 10 pagi, pukul 4 sore dan pukul 9 malam kalau dia belum tidur). Dengan begitu, perutnya selalu terisi makanan karena biasanya di jam-jam tersebut perutnya mulai lapar.


- Makan utama 3 kali sehari dan tidak boleh terlambat (sekitar pukul 7 pagi, pukul 11 siang dan pukul 6 malam.)


- Harus makan utama dulu baru kemudian snack time.


- Makan utama harus pakai nasi. Mungkin karena sebelumnya dia makan bakso dan sakit perut alias perutnya masih kelaparan, makanya aku memberlakukan ini. 


- Minum susu satu kali sehari atau sesudah makan utama. Terus terang aku masih belum berani sering-sering memberikannya susu. Setelah sakit diare itu, aku memang mulai melihat perubahannya setelah dia mengurangi konsumsi susu. 


Alhamdulillah, anak-anakku mau menuruti aturan itu. Jadilah setiap kami akan pergi ke suatu tempat dan kemungkinan akan melewati jam makan utama, aku akan menyiapkan cemilan dari rumah. Entah roti bakar, roti maryam, roti kasih selai, atau biskuit. Kadang nasi dengan lauk seadanya. Anakku malah senang sekali karena selalu ada cemilan di rumah. Tentu saja, ada resiko lain yaitu capek. Selain itu terkadang cemilan di rumah habis dan tidak ada yang bisa dimakan saat snack time. 


KEHABISAN IDE MEMBUAT CEMILAN? 


Sayangnya, ketika stok cemilan di rumah habis, aku harus mencari ide cemilan yang mudah, lezat dan bergizi untuk anakku. Biasanya aku cari resep cemilan atau snack yang mudah di google. Terkadang malah sudah scroll-scroll tapi tetap tidak nemu yang gampang dan yang disukai anakku. Semakin lama, akhirnya aku menemukan situs yang menyediakan banyak sekali resep cemilan lezat dan bergizi yang bisa aku coba di rumah untuk anak-anakku. 


Situs untuk mencari resep cemilan yang lezat dan bergizi adalah snacks-desserts.id. Situs Snacks-Desserts.id menampilkan berbagai macam menu makanan utama, makanan penutup, cemilan dan minuman. 


Situs ini diluncurkan oleh Mondelez Indonesia. Tahu kan Mondelez Indonesia? Mondelez Indonesia adalah perusahaan besar di Indonesia yang berada di bawah Mondelez International yang memproduksi berbagai macam cokelat, biskuit, keju, permen, minuman lezat dan tentu dengan kualitas yang baik. Brand produk yang diproduksi oleh perusahaan besar ini adalah Kraft, Toblerone, Oreo, Biskuat, Cadbury, Ritz, Chips Ahoy dan Belvita. Sebagai perusahaan cemilan terbesar di dunia, tujuan perusahaan tersebut adalah mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi cemilan dengan benar. Dengan tujuan tersebut, Mondelez meluncurkan situs Snacks-Desserts.id.


DAFTAR AKUN DI SNACKS-DESSERTS.ID

Kita bisa memilih menu yang tersedia dan yang cocok untuk kita. Jika ingin melihat resep pilihan chef terkenal, kita harus daftar akun terlebih dahulu. Cara daftarnya pun mudah sekali. 

- Pilih Menu pada tanda garis tiga di bagian kiri situs

- Pilih Sign Up

- Kemudian Isi nama, email, password, tipe bisnis, nama perusahaan, dan nomor telepon


Jika untuk pemakaian pribadi, aku pilih others dan pada kolom bawahnya tulis Privacy atau bisa sebutkan Content Creator atau apa saja yang menunjukkan bukan untuk usaha. Setelah itu nama perusahaan bisa sebutkan saja nama akun media sosial.


- Klik Sign Up


Kemudian coba Login dengan akun yang sudah dibuat tadi.

Setelah terdaftar, kita juga bisa mengedit profile kita melalui My Profile. Kemudian pilih Setting. Di profile tersebut, kita bisa update profile kita jika ingin mengubah informasi yang ada di dalamnya. Kita juga bisa pilih foto profile kita.

Jika ingin log out, langsung saja klik Log Out pada menu situs.




ALASAN CARI MENU DI SITUS SNACKS-DESSERTS.ID

Sebenarnya di Google banyak sekali situs yang menyediakan menu makanan yang bisa diolah. Hanya saja menurut pengalaman, saking banyaknya menu, aku malah semakin bingung. Aku jualah yang harus memikirkan menu apa yang cocok sebelum mengetikkannya di mesin pencari Google. Kalau kehabisan ide, ya sama saja jadinya itu itu saja yang diolah dan ribet. Paling parahnya, aku bahkan tidak mendapatkan resep yang cocok setelah berselancar beberapa jam lamanya.


Beda lagi kalau di Snacks-Desserts.id, menu sudah disediakan di situs tersebut. Aku tidak perlu bingung untuk mencari ide untuk membuat cemilan untuk anak. Beberapa kelebihan mencari resep di situs Snacks-Desserts.id adalah :

Resep menu bervariasi

Ketika aku membuka situs Snacks-Desserts.id, aku senang karena menu di situs ini sangat bervariasi. Mulai dari resep menu khas tradisional Indonesia yang dimodifikasi, menu ala Eropa atau menu yang mendunia, bahkan menu ala Eropa yang dipadukan dengan menu lokal. 


Menu khas tradisional Indonesia yang dimodifikasi ini membuat kita mengenal cita rasa baru dan tidak membosankan. Tentu tetap dikenal oleh lidah orang Indonesia sehingga kita tidak merasa aneh saat mencobanya. Menu khas tradisional yang dimodifikasi ini seperti menu dadar gulung hijau isi keju, bola tahu isi keju, perkedel keju leleh, sempol keju, bola-bola pisang Cadbury, martabak keju lumer, onde-onde merekah, ketan jagung susu keju, nasi goreng salute, pisang rebus gulung keju, es pisang ijo dan lain-lain.



Resep menu ala Eropa atau internasional tapi sederhana juga tersedia di situs Snacks-Desserts.id seperti Burn Cheese Toast Bread, Spaghetti Creamy, Bungeoppang Cadbury Dairy Milk, Bolognaise Cheese Noodle Roll, Mille Crepes, bread pudding, Cheese Cookies, Greek Doughnut Cadbury,  Churros Oreo Red Velvet, dan lain-lain.



Menu lezat dan bergizi

Karena anakku perlu gizi seimbang di masa pertumbuhannya, jadi aku tidak hanya memperhatikan cita rasa yang lezat saja tetapi juga bergizi. Menu-menu makanan yang ada di Snacks-Desserts.id kulihat juga bergizi dimana ada kandungan protein hewani, serat, protein nabati, kalsium tinggi, kalori, dan lainnya. Untuk ngemil bijak tentu harus memperhatikan kandungan yang ada pada menu tersebut.


Terdapat Kategori yang memudahkan pencarian

Kelebihan lainnya adalah situs ini membagi menu resep berdasar kategori jenis makanan seperti keju, biskuit dan cokelat. Tiga kategori ini tentu disesuaikan jenis makanan yang disukai banyak kalangan. Tidak hanya anak kecil tapi juga orang dewasa. Rasanya itu yang enak dan gurih.


Nggak cuma kategori itu aja ya. Masih ada kategori lain untuk mencari resep yang lezat misalnya dari Resep Populer karena paling banyak dilihat orang. Atau ketika aku mau mencari ide resep menu cemilan untuk anak-anak, aku mencari di kategori Cemilan.

Saat aku kebingungan mencari ide untuk makanan utama, aku tinggal pilih menu Makanan Utama. Setelah itu, banyak menu makanan yang bisa membangkitkan selera.

Karena aku penggemar produk Mondelez Indonesia seperti keju Craft maka aku bisa memilih menu melalui kategori Cheese atau kategori berdasar Produk Favoritmu. 



Sayangnya, untuk pencarian menu, tidak ada kolom search. Jadi kalau misal, aku mau lihat kembali resep menu yang sudah aku buat, aku harus cari-cari lagi. Sedangkan kalau ada kolom search tentu akan lebih mudah. Eh, sebenarnya ada satu fitur lagi yang bisa dimanfaatkan. Yaitu fitur Love. Jika kita mengeklik fitur Love ini maka resep menu tersebut tersimpan otomatis di My Profile kita.


Fitur penjelasan yang lengkap 

Salah satu yang diperlukan oleh ibu-ibu sepertiku yang akan mencoba resep adalah keterangan yang jelas tentang pembuatan resep tersebut. Dengan adanya keterangan tingkat kesulitan maka akan memudahkan pencoba resep sepertiku untuk melanjutkan mencoba resep atau tidak. Hehe. Terus terang, pekerjaan rumah yang banyak tapi aku juga harus menyediakan cemilan lezat dan bergizi untuk anak, aku mencari resep yang mudah dibuat tapi sudah mencakup semuanya (gizi dan rasa lezat). 


Aku juga harus memperhatikan lama memasak resep tersebut yang tersedia di situs tersebut. Tentu, dengan keterangan lama memasak, aku jadi bisa mengira-ngira kapan aku harus memulai memasak. Karena aku tidak mau mengganggu jam memasak makanan utama.



Kadang, aku juga mempertimbangkan menu tersebut apakah membuat banyak orang tertarik untuk melihat atau tidak. Seperti jumlah view yang tertera pada keterangan resep. Semakin banyak yang melihat bisa jadi menu tersebut enak rasanya dan gampang diolah.


Bahan mudah, takaran dan instruksi jelas

Aku lebih suka memilih resep menu yang bahannya tidak susah dicari. Sebagian besar resep menu di Snacks-Desserts.id itu bahannya mudah dicari. Nggak perlu susah-susah pergi ke toko bahan kue hanya untuk mencari bahannya. Di minimarket terdekat juga biasanya ada. 


Di rumah, aku memang nggak punya timbangan kue, jadi kalau mau membuat cemilan aku memakai sendok takar saja. Dan menu resep di Snacks-Desserts.id ini punya takaran yang jelas. Jadi jangan takut gagal untuk membuat aneka cemilan. 


Sebelum eksekusi, aku membaca instruksi dalam pembuatan cemilan. Dan bahasa yang digunakan juga gampang sehingga aku bisa memahami instruksi dengan jelas. 


MENCOBA RESEP EGG BOMB DARI SNACKS-DESSERTS.ID

Nah, dari semua menu aku baru dua kali mencoba resep menu di Snacks-Desserts.id. Yaitu Egg Bomb dan Nasi Gurih Keju. Tapi untuk resep yang aku share di sini adalah Egg Bomb.



Alasan aku memilih resep ini adalah :
1. Ada dagingnya sebagai sumber protein hewani yang bagus bagi tumbuh kembang anak.
2. Mudah dibuat.
3. Waktu memasak cuma sebentar.

 
Untuk prosesnya bisa dilihat di Youtube-ku ya.


Selain untuk cemilan anak, sebenarnya resep menu makanan di Snacks-Desserts.id ini juga bisa menjadi pilihan ide kreasi untuk bisnis kuliner apalagi jaman sekarang untuk bisnis kuliner dituntut kreatif. Pas banget bagi teman-teman yang ingin membuka usaha kuliner yang bisa menarik banyak orang. Apalagi produk Mondelez Indonesia ini kan enak-enak.


Kalian yang ingin coba bisnis kuliner atau sekedar untuk ngemil- yang pasti ngemil bijak sesuai kondisi masing-masing- untum anggota keluarga, cobain resep di situs Snacks-Desserts.id yuk! Siapa tahu menjadi bisnis kuliner yang paling dicari dan paling laris di tempat kalian.


Yang pasti, aku nggak perlu khawatir kehabisan ide untuk menyediakan cemilan lezat untuk anakku. Yang pastinya lagi, aku harap  bahwa dispepsia-nya nggak kambuh-kambuh berkat ngemil bijak yang aku terapkan untuk anakku.



Salam sehat selalu!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

5 komentar

  1. Wah mba bener2 pengetahuan baru buatku apalagi soal dispepsia ini. Thankyouu banget sudah mau berbagi

    BalasHapus
  2. kasusnya mirip banget dengan anak saya yang masih 5 tahun mbak. Dia sampai kurus karena gak bisa ngemil. huhuhu. Dokter sih nyebutnya anakku sakit magh dan ternyata dispepsia ya. Wah, resep camilannya bisa ditiru juga nih, coba aku tengok di webnya juga sapa tahu menemukan resep lainnya

    BalasHapus
  3. Resep-resep di situs Snacks-Desserts.id so nyummi banget ya Mbak? Pengen cobain juga.

    BalasHapus
  4. Baru beberapa hari lalu ngobrol sama teman yg lulusan gizi. Tentang anak keduaku yg makannya berkurang dan postur tubuhnya mini. Walau dari perkembangan lainnya tak ada masalah. Hanya saja posturnya lebih kecil dari yg seusianya. Akhirnya memang dikasih solusi untuk jadwal makan teratur. Dan menu yang bervariasi. Aku mamg belum buka situsnya Snack-Dessert, tp kalau banyak informasi menu, bisa di intip2 nih.

    BalasHapus
  5. Kubaru tahu bahwa dispepsia bisa menyerang anak-anak juga. Selama ini pikir sakit-sakit gini adanya di orang dewasa.

    Lucu nih snackdesserts.id, situs wajib bwt contekan bikin cemilan.

    BalasHapus

Follower