Cara Mudah Menghafal Angka Untuk Anak TK

22 comments

Saat anak sudah menginjak usia tiga tahun, biasanya orang tua mulai mengajarkan anak membaca angka. Ada juga orang tua yang mengajarkan anak membaca dimulai usia 4 tahun saat masuk sekolah TK.


Mengajarkan anak menghafal angka ada yang susah dan ada yang mudah. Ada anak yang dengan mudah menyerap apa yang diajarkan. Ada juga anak yang justru masih suka bermain dan kurang tertarik memperhatikan apa yang diajarkan. 


Jika ada yang bertanya pada usia berapa anak mulai belajar angka? Maka tergantung kesiapan individunya. 


Terus terang sih ada kekhawatiran kalau pas SD anakku belum mengenal angka satu pun. Tapi entah berjalannya waktu seperti memberi jalan aja kalau ini waktunya ngenalin anak sama angka dan huruf. Jadi minat dia muncul sendiri menulis dan mengenal bentuk. Dia tanya-tanya ini apa itu apa. Ya sekalian deh aku fasilitasin. Karena aku juga nggak mau maksain anak belajar di masa usia dini. Ya sesuai kemauannya aja.

Belajar angka bagi anak PAUD atau TK memang susah-susah gampang. Pengalaman saya saat mengajarkan angka dua anak saya juga berbeda. Di usia 3 tahun anak kedua saya masih susah untuk membedakan bentuk angka. Sementara ada anak lain di usia yang sama sudah bisa membaca angka. Anak pertama saya sudah mulai bisa membedakan angka dan lancar di usia 5 tahun. Meski kadang masih terbalik angka 6 dan 9. 


Sebenarnya semua anak kondisinya berbeda tapi saya tetap punya target agar anak saya TK sudah bisa baca angka. Cara mudah menghafal angka anak TK adalah dengan memberikan media belajar yang interaktif.


Cara Mudah Menghafal Angka Untuk Anak TK

Nah ada beberapa cara yang saya lakukan agar anak usia TK menghafal angka dengan mudah.

1. Menonton Video Angka

Saya termasuk ibu yang jarang memberikan tontonan di Youtube karena saya tidak mau anak saya jadi ketergantungan sama gawai. Hanya sesekali saja dan dengan jangka waktu tertentu.


Tapi kalau ada edukasinya saya bersemangat seperti mengenal angka lewat video Youtube. 


Video itu saya putar beberapa kali sampai anak saya mulai hafal. Besoknya saya putar lagi khusus video menghafal angka. Lama-lama anak akan hafal dengan bentuk-bentuk angka. Lebih bagus lagi kalau angka yang diajarkan memiliki bentuk-bentuk yang bisa dikenali anak. Misalnya angka 2 seperti bebek, angka 4 seperti kursi terbalik, dll.


2. Jalan Sambil Belajar

Suasana hati yang lagi senang biasanya seorang anak akan lebih mudah menangkap pelajaran. Ketika saya sedang jalan ke suatu tempat dan menemukan angka-angka sepanjang perjalanan, saya kadang menunjukkan angka berapa saja. Menurut saya itu lebih efektif. Anak mencoba mengingatnya sedikit demi sedikit.


3. Menirukan Tulisan

Cara belajar angka anak TK dengan menirukan tulisan ini bisa dibilang cara mengajar konvensional tapi ini bisa jadi efektif untuk beberapa anak. Misalnya ibu menuliskan angka 1 sampai 10 kemudian anak menirukan tulisan ibu. Pada awalnya anak akan kesulitan. Ibu bisa membantu dengan memegangi tangannya. Jika anak belum terbiasa memegang pensil, ibu bisa mengajarkan memegang pensil terlebih dulu kemudian mengajarkan garis lurus, melingkar, miring ke kanan dan ke kiri.


4. Membelikan Buku 

Membelikan buku adalah salah satu cara belajar untuk mengenalkan  angka pada anak. Biasanya saya membelikan buku-buku berhitung atau buku menulis angka atau buku aktivitas yang ada belajar berhitung. Angka-angka dalam buku itu hanya berupa titik-titik kecil dan anak diminta menyambungkan titik-titik hingga membentuk angka. Sayangnya cara ini kurang berhasil diterapkan pada anak saya. Dia kurang tertarik menulis di buku yang mungkin terlihat dia membosankan.


5. Bermain Sambil Belajar

Cara mengajarkan anak membaca dengan mudah bisa dengan metode bermain sambil belajar. Saya balik ya bukan belajar sambil bermain hehe.


Jadi anak memang disuruh bermain dan di dalam permainan itu ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti mengenal angka. Media permainan sekaligus untuk belajar adalah puzzle angka atau papan angka. Bisa juga dengan bermain game. 


Ketika anak saya dulu masih belajar menghafal angka, saya sempat berikan game di gawai khusus permainan angka dalam jangka waktu tertentu. Dan dia lebih cepat menghafal. Orang tua pun tidak perlu menguras emosi untuk mengajarkan anak membaca. 


Itulah lima cara saya untuk mengajarkan anak membaca angka. Nah, saya mau rekomendasikan permainan game belajar menghafal angka untuk anak usia dini (PAUD /TK). 



Game Online Plays.org

Namanya game plays.org. Apa sih plays.org itu? Plays.org adalah game online gratis berbasis browser yang menyediakan berbagai macam game. 


Pendiri game online ini adalah sepasang suami istri yang juga senang bermain game. Mereka memberikan hiburan bagi siapa saja yang belum sempat menikmati video game di jaman dulu juga mereka yang biasa main game tapi harus upgrade pembayaran agar bisa bermain game karena game ini gratis.


Apa kelebihan game plays.org?


1. Tanpa perlu menginstal

Game plays.org tidak perlu diinstal di ponsel jadi tidak perlu khawatir jika akan menghabiskan ruang penyimpanan ponsel. 


Buibu bisa masuk ke websitenya plays.org dan bisa pilih banyak game di sana. Sedangkan game yang khusus belajar angka anak TK sudah saya pilah-pilih ya. Akan saya jelaskan nanti.


2. Tanpa perlu register atau sign in

Kita tidak perlu ribet harus mendaftarkan email kita atau sign in saat akan bermain game di plays.org. 


Tanpa mendaftar kita sudah bisa bermain tapi jika ingin mendaftar pun bisa klik register di tampilan menu. Kelebihan registrasi di Plays.org yaitu kita bisa menyimpan game online yang kita mainkan. Jadi ketika pindah browser atau pindah desktop tinggal sign in saja maka game online kita masih ada.


3. Banyak pilihan permainan

Jika Buibu membuka plays.org maka akan ada banyak pilihan game di Beranda. Sebenarnya tidak cuma itu. Ada banyak permainan yang bisa dilihat di bagian kategori. Jangan kaget karena banyak sekali. Sebenarnya satu games bisa beberapa kategori. Jadi setiap membuka kategori Addition maka akan ada game yang sama dengan Education. Meskipun begitu, sejak diluncurkan bulan Januari 2021, permainan di plays.org sudah mencapai 1000an permainan. Bahkan sekarang setiap hari akan terus bertambah beberapa game dan bisa dipilih dari Menu New.


4. Bisa dimainkan di ponsel dan desktop

Semua game di Plays.org bisa dimainkan di dua tampilan baik desktop ataupun ponsel. Biasanya kalau ponsel harus diatur landscape dulu untuk beberapa permainan.


5. Ada penjelasan sebelum mulai permainan

Bagi yang bingung cara bermainnya, sebelum memulai permainan akan ada penjelasan singkat tentang permainannya. 


6. Loading cepat

Sebagian besar game dibuat sebagai aplikasi web JavaScript ringan sehingga loading time cepat. Tapi ketika mau ingin bermain lagi, disarankan untuk menghapus cache di web browser sehingga saat bermain permainan selanjutnya loading bisa cepat.


7. Gratis

Sebagian besar game di Plays.org adalah gratis. Jadi benar-benar Plays.org membuat kita bersenang-senang dan menghibur diri.


8. Ada Review Tiap Game

Sebelum memulai main game online Plays.org, teman-teman bisa melihat review game tersebut di bagian bawah setelah mengklik game online yang dipilih sehingga bisa memutuskan ingin melanjutkan permainan atau tidak. 



Rekomendasi Game Online Plays.org untuk Belajar Angka

Nah, seperti yang saya janjikan, jenis game apa yang cocok untuk belajar angka anak TK? Ada beberapa permainan edukasi untuk anak TK belajar angka yang saya temukan adalah:

1. Complete The Sequence: Ordering Numbers Practice Game for Kindergarten

Permainan game ini dilakukan dengan melanjutkan angka yang sudah disusun sebelumnya. Pemain mengambil bubble angka yang sesuai dengan urutan tersebut dan menaruhnya dalam kotak dengan kursor. Permainan ini melatih kecepatan berpikir dan kecepatan gerak tangan untuk cepat memilih angka.



2. Connect the Dots Ocean Animals for Kids

Permainan ini menghubungkan titik-titik yang bernomor. Dengan bermain ini maka anak belajar menghubungkan angka-angka secara berurutan. Setiap stage akan berbeda jenis hewan lautnya. Jika sudah selesai maka akan membentuk satu jenis hewan laut. 



3. Find The Number: 1-10 Recognition Math Game for Kids

Nah permainan ini butuh kejelian bagi mata anak karena angka-angka yang harus dicari ada di antara angka lainnya. Game ini menuntut anak untuk sabar dan teliti. Dengan game ini anak jadi harus mengulang-ulang bentuk angka sambil mencari yang mirip sehingga anak jadi hafal angka. Jangan sampai ada yang tertinggal ya. 



4. Blast Off Numerical Order: Number Counting Game

Bagi anak yang suka dengan kehidupan astronot, game ini cocok sekali untuk dimainkan. Grafisnya juga bagus. Anak diminta untuk mengurutkan angka yang bercampur dan menyusunnya di bentuk geometri yang telah disediakan.



5. Missing Number Game

Dalam permainan ini, anak diminta mencari angka yang hilang pada waktu tertentu. Game ini melatih kecepatan berpikir anak.



6. Number Writing

Jika saya biasa meminta anak menulis angka di atas kertas, dalam game ini anak bisa menuliskan angka sesuai dengan petunjuk yang terlihat. Ini bagus untuk melatih anak mengingat angka tapi jika ingin membuat anak terbiasa menulis dengan pensil maka game ini mungkin bukan menjadi pilihan. Hanya untuk belajar mengingat saja.



Nah, itulah rekomendasi game online Plays.org untuk belajar menghafal angka untuk anak TK. Mungkin teman-teman punya pengalaman dalam mendampingi anak belajar menghafal angka? Bagaimana caranya dan pakai media apa? Share ya!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

22 komentar

  1. Mengajarkan anak mengenal angka ternyata gampang-gampang susah ya. Boleh nih tipsnya diingat-ingat agar bisa diterapkan ke anakku besok :))

    BalasHapus
  2. Anak-anak ku udah pada gede dan udah bisa baca semua. Tapi ya tetep aja klo ada game begini pasti pingin Ikutan nyoba. Hehe

    BalasHapus
  3. Makasih mba infonya, kebetulan saya sedang mengajarkan anak saya angka dan susah banget huhu. Pengen coba gamenya juga ah

    BalasHapus
  4. sekarang games pun bisa dimanfaatkan buat media edukasi anak juga ya mba, anak pun hepi hepi aja disuruh main padahal niatnya buat belajar

    BalasHapus
  5. Saya termasuk ortu yang pakai video untuk mengajari anak dasar seperti angka, huruf, warna dan nama benda. Mau coba pakai game ini aah

    BalasHapus
  6. Bermain sambil belajar memang semenyenangkan itu yaaa. Wahh gamenya semua2nya seruuu abis

    BalasHapus
  7. Kalau anakku biasanya dengan nyanyian.. hehe.. Dia juga suka main di plays.org, btw.. keren banget, ya, bisa main game tanpa perlu loading lama dan install ini itu :D

    BalasHapus
  8. anak anak sukanya bermain ya mbak, apalagi main game
    klo bisa belajar sambil main game gini, ya pasti hepi ya mereka

    BalasHapus
  9. Ternyata Plays.org punya Game angka juga nih. Bisa buat belajar dan bermain sekaligus. Ini cocok banget buat orang tua yang punya anak usia pra sekolah atau usia TK. Keren deh situs ini. Game nya banyak.

    BalasHapus
  10. Sekarang banyak game yang gak mendidik ya, makanya ortu juga jadi males ngasih anak main game karena hanya menghabiskan waktu. Tapi saya akan rekomendasikan beberapa game mendidik ini ke anak saya, soalnya dia suka main gamešŸ˜†.

    BalasHapus
  11. Eh aku baru tau ada permainan seru untuk anak-anak juga bisa nih ku praktekin bareng si kecil

    BalasHapus
  12. Asik nih gak perlu install udah bisa dimainkan. Jadinya main tetap nyaman, dan gak menghabiskan banyak memori gadget hehe

    BalasHapus
  13. Saya setuju banget klu cara nya dengan Menonton Video Angka. Apalagi anak jaman now tiap hari pasti megang hape. Klu ga dituruti, nangis..

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak juga game edukasi yang ada di Plays.org, ya. Selaku orang tua memang harus pandai memilih jenis permainan untuk anaknya. Berikan anak permainan yang bisa mengasah kecerdasan mereka

    BalasHapus
  15. Wah bermanfaat ini untuk anak bungs saya yang persiapan masuk TK tahun depan. Anak-anak memang mudah banget belajar menghafal angka-angka dengan menirukan ya Mba

    BalasHapus
  16. jadi lebih mudah kalau begini, anak bisa sembari belajar dengan cara yang menyenangkan. Jadi lebih gampang untuk mengingat dong ya

    BalasHapus
  17. Bermain dan belajar itu cara menyenangkan bagi anak. Belajar pun jadi lebih menyenangkan. Apalagi kalau mainnya di Plays, wah koleksi gamenya banyak sekali itu yang bagus-bagus

    BalasHapus
  18. Seru banget sih game gamenya. Aku selalu bookmark situsnya Plays karena suka ada game baru yang menarik.

    BalasHapus
  19. Anak-anak lebih sennag belajar yang menyenangkan seperti dengan bermain. dibandingkan dengan belajar yang kaku dan menegangkan. di plays.org jenis permainannya banyak dan juga ramah untuk anak-anak

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah dapat rekomendasi lagi game yang bagus buat anak. Cara mainnya juga gampang buat anak-anak ya rupanya.

    BalasHapus
  21. Istri saya bahkan sudah membelikan buku angka, padahal anak saya belum genap 1 tahun.. Tapi, tentu saja anak saya belum mengerti apa apa

    BalasHapus
  22. Wah, games nya edukatif ya, jadi bisa mengajarkan dengan senang hati karena bisa bermain sembari belajar.

    BalasHapus

Follower