Intip Keuntungan Trading Saham Harian dan Tips untuk Pemula

No Comments
Berbanding terbalik dengan investasi saham yang mengandalkan keuntungan dalam jangka panjang. Trading saham justru dilakukan dengan jangka pendek bahkan cenderung harian.

Prinsip yang berlaku dalam trading saham adalah buy and sell, di mana trader akan membeli dan menjual pada harga tertentu dalam waktu dekat. Biasanya ketika nilai saham sudah sampai pada angka yang diinginkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan trading saham harian, ini berbagai macam keuntungannya.





Keuntungan Trading Saham Harian


Dilihat dari caranya, trading harian tidaklah sulit dilakukan. Trader hanya membutuhkan smartphone untuk memulai. Kemudian merencanakan periode trading serta indeks saham yang tepat. Selain mudah masih ada keuntungan lainnya yang akan didapatkan. Apa saja itu?


1. Mendapatkan Profit secara Harian


Keuntungan yang pertama adalah memperoleh profit secara harian. Hal ini berbanding terbalik dengan investasi jangka panjang yang sampai tahunan.

Mendapatkan profit harian ini mempermudah kamu untuk mengelola uang dengan lebih cepat. Contohnya saja, kamu membeli saham bernilai 100 ribu kemudian pada siang hari kamu menjualnya dengan harga 150 ribu.

Saham langsung ada yang membeli, artinya kamu sudah mendapatkan keuntungan 50 ribu dalam satu hari. Hanya saja demi mendapatkan keuntungan ini harus dibarengi dengan strategi yang tepat.




2. Memperoleh Modal dengan Lebih Cepat


Menunggu modal kembali dan mendapat keuntungan kemudian memutarkan modal kembali dalam investasi butuh kesabaran. Beberapa investasi bahkan mengharuskan kamu menunggu sampai 5 tahun lebih.

Jika kamu memiliki kecenderungan ingin mendapatkan modal lebih cepat maka trading harian adalah jawabannya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk ditanamkan kembali.

Hal tersebut akan terus berulang setiap harinya sampai kamu mendapatkan keuntungan yang diinginkan.




3. Terhindar Resiko Kerugian Besar


Keuntungan lain yang didapatkan dari trading saham harian adalah tingkat resiko yang dimiliki jauh lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan pergerakan saham akan dipantau setiap hari.

Pemantauan yang rutin ini memudahkan trader mengetahui jika terdapat penurunan atau peningkatan harga saham. Trader pun akan bergerak dengan lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham.




Tips Pemula agar Memperoleh Profit dalam Trading Saham Harian


Mengingat ada banyak keuntungan yang didapatkan trader, tidak heran bukan jika trading harian ini banyak dipilih. Hanya saja demi mendapatkan profit yang sesuai dan menghindari kerugian tetap ada strategi yang dijalankan.

Bagi kamu yang masih pemula dalam hal trading, mengikuti beberapa tips berikut bisa mendatangkan keuntungan.


1. Mulai dengan Modal yang Kecil


Kamu bisa terhindar dari kerugian besar jika melakukan pembelian di awal dengan modal atau nominal kecil lebih dahulu. Nominal ini akan membantu kamu untuk mengamati dan memperlihatkan gambar trading saham.

Anggaplah nominal tersebut adalah modal yang digunakan untuk belajar pergerakan saham. Setelah terbiasa, kamu bisa menaikkan nominalnya sedikit demi sedikit.


2. Kenali Saham yang Layak


Karena kamu akan melakukan jual beli saham, maka selalu pilih saham yang layak. Penting untuk mengetahui mana saham yang layak trading. Biasanya saham-saham tersebut adalah saham likuid.

Ciri saham likuid adalah memiliki pergerakan yang fluktuatif. Demi mengenali saham ini kamu wajib memiliki kemampuan membaca chart. Hindari memilih saham dengan resiko tinggi yang naik turunnya sampai 20%.


3. Menentukan Target Profit yang Logis


Supaya tidak salah dalam pemilihan saham, kamu harus menentukan target profit. Target ini pun harus logis sehingga memperoleh keuntungan lebih konsisten.

Kamu bisa menentukan target profit dari 1 hingga 3 persen. Jumlah tersebut sudah cukup baik untuk didapatkan per harinya. Kehadiran target ini akan memberikan batasan pada kamu untuk melakukan trading agar tidak rugi.


4. Belajar Soal Analisa Teknikal


Sambil mengamati pergerakan saham, kamu harus bisa juga belajar analisa teknikal. Kemampuan ini akan membantu kamu dalam analisis pergerakan saham di masa depan.

Mulai dari indikator analisa apa saja yang bisa digunakan sampai dengan membaca chart. Setiap trader profesional pasti akan memanfaatkan analisa ini untuk melakukan trading dengan lebih tepat.




5. Jangan Salah Memilih Perusahaan Sekuritas


Tips terakhir adalah soal memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya. Kamu yang ingin menanamkan saham harus memilih perusahaan yang memperoleh izin operasional.

Izin ini didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan mengawasi semua pergerakan perusahaan sekuritas tersebut. Selain terdaftar di OJK, perusahaan setidaknya memiliki kredibilitas terbaik dengan track record nya.




Masih banyak lagi tips dan trik yang bisa dilakukan dalam trading saham harian. Kamu yang ingin mempelajarinya bisa langsung mengakses ternakuang.id. Ada banyak informasi mengenai saham, obligasi, reksadana, P2P sampai Cryptocurrency.

Kamu bisa mempelajari semuanya, bahkan saat ini juga bisa mengikuti kompetisi trading yang sedang diadakan. Ternakuang.id sedang mengadakan Trade Festival yang terbesar dan pertama kali di Indonesia.

Diadakan mulai 11 November hingga 3 Desember 2021 untuk pendaftaran sampai pengumuman pemenang tanggal 7 Februari 2022. Kompetisi ini diselenggarakan dengan total hadiah 11,1 miliar rupiah.

Tidak perlu minder walaupun kamu masih pemula, karena portofolio sekecil apapun bisa ikut dan menang. Selain itu penilaiannya dilakukan dari percentage return bukan soal trading volume atau transaction value.

Cara pendaftarannya sangat mudah, kamu hanya perlu menjadi member ternakuang.id kemudian mendaftar Tradefest. Setelah itu kamu bisa mendaftar ke akun sekuritas dan sisanya tinggal memenangkan hadiahnya.

Mau tahu soal jadwal Trade Fest lebih lengkap dan juga semua syarat dan ketentuan untuk menjadi peserta? kamu bisa langsung cek di ternakuang.id.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar

Follower