Mengulang Kenangan Bermain Game Kartu Solitaire

20 comments
Jarak rumah masa kecil dengan kantor bapak sangat dekat. Saking dekatnya, bapak tidak perlu naik kendaraan saat akan ke kantor. Antara rumah dan kantor hanya dipisah oleh bangunan TK yang bernama TK Tunas Rimba. Rumah itu bukan milik kami tapi rumah dinas saat bapak bertugas di PT. Inhutani I Samarinda. 


Saat hari Minggu, bapak mengajakku ke kantor. Menemaninya lemburan. Aku, anak yang sering bermain di kebun belakang rumah atau malah memanjat pohon Jambu biji di tahun 96an, sangat senang ketika diajak ke kantor. Meskipun aku tidak tahu apa yang akan aku lakukan saat di kantor, aku ikut saja.



Di ruangan kantor, aku melihat bapak mengerjakan sejumlah laporan dengan kertas bertumpuk, sementara aku bingung hendak melakukan apa. Akhirnya bapak memberiku sebuah permainan kartu di computer. 


Saat itu adalah kali pertama aku mengenal permainan Solitaire. Pertama, aku tidak tahu cara bermain Solitaire. Begitu bapak memberi tahu caranya, aku mulai mencoba bermain kartu Solitaire. Pertama-tama aku merasa kesulitan tapi ketika aku kuliah sesekali aku sudah mulai bisa memenangkan permainannya.


Cara bermain Solitaire sangatlah gampang sebenarnya. Tujuannya hanya mengumpulkan kartu As sampai King secara berurutan di bagian kanan atas sesuai dengan jenisnya. Sementara di bagian bawah dan kiri atas, kita harus membuka semua kartu yang tertutup dan mengumpulkan serta mengurutkannya di barisan bawah.

Semenjak dikenalkannya Solitaire, aku mulai ketagihan. Kadang aku minta ikut bapak ke kantor hanya untuk bermain Solitaire. Kami memang tidak punya computer atau laptop waktu tahun 90-an. Meskipun bapak bekerja di kantor dengan computer, tapi hanya memakai komputer hanya di kantor saja. Wajar sih karena pada waktu itu, jarang orang memiliki laptop. Laptop adalah barang mewah. Bahkan computer saja jarang ada yang punya. Apa di era 90an, keluarga kalian sudah memiliki laptop atau komputer.


Berjalannya waktu, sejak aku mulai jarang bermain Solitaire, aku mulai bertemu computer lagi ketika SMA. Itu pun meminjam di laboratorium computer. Kadang pula aku bermain Solitaire.


Itu pun tidak sering karena lab computer hanya dibuka pada waktu tertentu.


Eh, ketika kuliah, aku pun memutuskan memiliki komputer untuk mengerjakan tugas. Maklum di lingkunganku sudah banyak yang memiliki laptop atau komputer tapi aku memilih komputer karena harganya terjangkau.


Tips Memenangkan Game Solitaire

Nah, kenanganku bermain Solitaire pun berlanjut ketika sudah memiliki komputer. Seringkali aku bermain Solitaire hanya untuk mengusir rasa jenuh. Aneh ya. Menghilangkan rasa jenuh malah main game yang mengasah otak. Tapi justru setelah bisa memenangkan permainan Solitaire, aku malah lebih senang. Ada rasa puas begitu.

Ini tips aku memenangkan permainan Solitaire.

1. Susun dulu kartu yang berurutan dengan warna berbeda sampai kartu yang tertutup bisa terbuka.

2. Jika ada dua kartu yang angka dan warna sama yang bisa dipindah, pilih di barisan yang kartu tertutupnya yang banyak. Nah, kadang aku pakai langkah curang nih. Wkwkwk. Misalkan kartu yang di belakangnya terbuka dan ngga bisa dipindah ke kartu yang lain, aku bakal undo (CTRL + Z) terus pilih kartu tertutup yang lainnya. Wkakaka. Jika ternyata bisa dipindah, ya pakai yang itu. Hihihi. Kalau cara menang dengan curang ini sih nggak usah diikutin ya Gaes.

3. Segera naikkan kartu As di bagian kanan atas jika ada kartu As yang terbuka

4. Kalau sudah tidak ada kartu yang bisa digerakkan baru deh pakai opsi terakhir dengan membuka kartu tertutup di sebelah kiri atas.

5. Nah, harus teliti nih. Setelah membuka kartu tertutup di sebelah kiri atas, coba lihat kartu di bawahnya apakah bisa dipindah-pindah. Bahkan bisa membuka kartu tertutup lainnya. Aku biasanya berusaha membuka kartu sebanyak mungkin jadi kartu harus berpindah sebanyak mungkin.

6. Tapi kadang kita harus memutuskan apakah lebih baik King harus dipindahkan ke barisan yang kosong atau tidak. Aku biasa melihat dulu kondisi kartu lainnya apakah mendukung atau tidak. Jika tidak, ya aku buka kartu lain lagi tapi kalau mendukung aku isi saja barisan yang kosong dengan King. Barisan yang kosong tidak bisa diisi kartu lain, hanya boleh dimulai dengan kartu King.

7. Kalau sudah tidak ada yang bisa digerakkan biasanya game akan berakhir dengan sendirinya.

8. Jangan menyerah karena kemenangan itu ada di depan mata. Eciyeeh.

9. Jika memungkinkan, kartu yang sudah di urutkan di bagian kanan atas bisa diturunkan lagi demi kartu-kartu lain bisa bergerak.

Setelah kuliah, aku sudah mulai jarang bermain Solitaire, sekarang aku bermain Solitaire di website Solitaire.org. kalau sebelumnya game belajar mengenal angka untuk anak TK atau PAUD sekarang ini game khusus untuk orang tua. Hehe karena tingkat kesulitan game di Solitaire.org memang untuk orang tua.

Apa itu Solitaire.org?

Solitaire.org adalah website yang menyediakan banyak permainan yang fokus pada game Solitaire ata kartu meskipun ada juga permainan lainnya. Di website Solitaire.org ini menyediakan game seperti Solitaire, Freecell, Klondike, Spider solitaire, Ace of Hearts, dan lain sebagainya. Dalam headernya dibagi menjadi beberapa menu seperti Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles dan Word. Setiap menu tersebut memiliki banyak jenis permainannya. 

Ini game kartu Solitaire yang aku mainkannsi website Solitaire.org. Kalau kalian buka websitenya langsung disuguhkan dengan permainan Solitaire.



Setiap permainan ada keterangan singkat tentang permainannya. Jadi kita nggak perlu bingung karena kita bisa membayangkan jenis permainannya bagaimana. Meskipun bahasa Inggris, tenang kalimatnya nggak sulit dipahami kok. Kalau bingung ya tinggal buka Google Translate berees.

Apa kelebihan game di Solitare.org?


1. Nggak perlu install aplikasi

Sekarang banyak game yang harus install aplikasi dan itu kadang membuat ponsel jadi lemot. Kalau mau main kartu Solitaire nggak perlu instal aplikasi seperti game yang aku tulis di artikel sebelumnya. Jadi tinggal masuk ke website Solitaire.org kita sudah bisa bermain game. Dan siapkan kuota dan jaringan internet kalian ya!


2. Permainan mengasah otak dan melatih ketelitian

Kebanyakan permainan di Solitaire.org ini bermanfaat untuk mengasah otak dan melatih ketelitian kita. Permainan kartu Solitaire dan Spider yang biasa aku mainkan itu untuk mengasah otak kita.





Sedangkan game seperti Daily Word yang aku mainkan di bawah ini untuk melatih ketelitian kita.

Main Game Solitaire




Atau permainan Hidden Object untuk mencari barang-barang yang hilang. Permainan jenis ini memang melatih ketelitian mata kita. Seperti pada game Hidden Kitchen ini kita harus mencari alat-alat dapur di dapur yang penuh barang ini. Kita bisa gunakan hint yang memberikan kata kunci dimana tempat alatnya berada.

Main Game Hidden Kitchen



3. Nggak perlu Sign Up dan Sign In

Biasanya untuk mendapatkan sesuatu kan harus Sign Up dan Sign In. Bermain game Solitaire ini kita nggak perlu Sign Up dan Sign In.

4. Mode ringan

Meskipun berbasis website dan tanpa aplikasi tapi loading setiap permainannya nggak lama. Main game jadi nyaman.

5. Bisa digunakan di desktop dan ponsel

Mau main game Solitaire di desktop bisa, mau di ponsel sambil rebahan juga bisa. Kalau di ponsel biasanya akan diminta meletakkan posisi ponsel secara landscape. Kalau nggak, permainan nggak akan dimulai.

Kalo kaya permainan hidden game seperti Pirate and Treasures sih memang enaknya kalau lewat laptop soalnya untuk mencari objek tersembunyi enak pakai layar besar.

Main Pirates and Treasures di Solitaire.org
Main Pirates and Treasures di Solitaire.org


6. Banyak pilihan game

Nggak Cuma main kartu aja sih. Di Solitaire.org juga ada banyak mainan lainnya seperti catur, mencari objek, mencari kata, menyusun kata dan permainan lainnya.
Daftar Permainan di Solitaire.org



7. Nggak ada iklan

Sebel nggak kalau pas lagi asyik main ada iklan lewat. Tenang aja ya karena di Solitaite.org nggak ada iklan sama sekali.

8. Gratis

Meskipun nggak ada iklan tapi bermain game di Solitaire.org ini nggak dipungut biaya atau pulsa alias gratis! 



Bermain game kartu legendaris Solitaire ini memang mengingatkanku saat masa-masa pertama kali mengenal game di komputer. Tak hanya kenangan bersama bapak ketika masih tinggal di perantauan tapi juga kenangan bermain game ketika masih kecil.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

20 komentar

  1. Beneran gak ada iklan klo main di solitaire, di apps HP mah malah banyak iklan di solitaire engga

    BalasHapus
  2. Solitaire ini ada beberapa varian, sih. Masing2 bisa memiliki aturan yang sedikit beda

    BalasHapus
  3. Kalau dibilang mengulang kenangan emang bener juga lho. Secara saya jadi ingat masa-masa tahun dua ribuan ketika masih bekerja di Taiwan. Majikan di sana tuh yg suka banget main kartu Solitaire ini. Saya yg ga ngerti ya cuma lihat saja. Sekarang sih bisa dipelajari ya

    BalasHapus
  4. Solitaire ini lengkap ya mba kemarin aku cobain pinball doang di sinii, solitairenya engga hihi. Jadi pengen jugaa nih ngegame lagi

    BalasHapus
  5. Tahun 90 itu, komputer memang masih barang mahal, Mbak. Saya saja masih ngetik pakai mesin tik hehehe. Baru tahun 2007, adik saya beli komputer rakitan di Mangga 2. Dan dari sini saya tahu soal game kartu Solitaire. Tapi sampai sekarang, saya tidak tahu cara mainnya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 90 awal malah baru kenal komputer pertama kali aku mas. Kursus di sekolah pas SMP.

      Hapus
  6. aku dulu main solitaire jaman2 awal pake PC hahhahaha, game yang tersedia pasti solitaire yaa, ternyata sekarang ada web online nya juga ya, enak ga ush install2 aplikasi lagi

    BalasHapus
  7. Aku juga main game di Solitaire ini mba. Game asah otaknya sangat beragam dengan basic permainan kartu. Game jadul yang mengingatkan akan sebuah kenangan.

    BalasHapus
  8. wahaha aku dulu juga suka banget main itu, mba. pas masih SD juga yah.. dan waktu itu gak terlalu paham gimanaa cara mainnya.. tapi kalo udah berhasil tuh happy banget. masih inget celebrationnya :D

    BalasHapus
  9. Mantap tips main solitaire-nya... Udah lama nih enggak main, jadi pengen nostalgia juga... Terakhir main solitaire zaman masih ngantor... Kalau jenuh kerja, curi-curi main solitaire sebentar, hihihi...

    BalasHapus
  10. Aaahhh masa kecil yang asik dan menyenangkan ya mba... Saya juga beberapa kali main kartu Solitaire tapi menangnya bisa dihitung jari. Hehe... Seringkali salah langkah yang menyebabkan kalah. Hiks tapi asik juga yaa sekarang bisa main Solitaire online di websitenya langsung

    BalasHapus
  11. Kalo ngomongin game Solitaire, jadi nostalgia. Dulu juga saya sering main game ini. Soalnya waktu itu belum ada banyak game seperti sekarang ini. Beruntung deh ada website Solitaire, jadi bisa bernostalgia dengan game-game lawas...

    BalasHapus
  12. Ini game andalanku waktu masih ngantor. Asal nggak ada kerjaan, atau lagi bunek bikin laporan. Pastilah buka Solitaire buat penyegaran. Tapi kadang-kadang kalau gak tuntas malah gak enak karena penasaran. Kalau udah gitu sampai di rumah lanjut lagi Solitaire-an lagi, haha

    BalasHapus
  13. Aku juga langganan main di site ini mbak. Seru-seru memang gamenya. Apalagi yang mencari kata dan menemukan objek item. Langganan banget game itu aku.

    BalasHapus
  14. kebetulan banget saya suka main games ini kak waktu masih kecil dan baca ini jadi pengen ikutan main lagi deh, wajib banget nyobain lagi gamesnya

    BalasHapus
  15. Penuh kenangan banget yaa..bermain bersama anak pula..
    Gembira banget kalau anak sekarang kenal dengan games jadul mama, Solitaire.

    BalasHapus
  16. kayaknya anak 90-an udah pasti pernah main solitaire barang sekali dua kali. aku dulu beneran gak paham tapi lanjut main aja. baru paham setelah beberapa tahun kemudian pas main lagi wkwkwk

    BalasHapus
  17. Hahahaha... Game favoritku banget ini. Solitaire model apa aja kujabanin. Permainan sederhana tapi tetap seru

    BalasHapus
  18. enak banget memang bermain online di web Solitaire ini, tanpa install, tanpa bikin akun, nggak ada iklan juga. Ternyata juga bukan cuma permainan kartu, namun permainan lain seperti hidden object. Aku sukaa mainan hidden objects ini, seruuu soalnya nostalgia masa kecil abis hihi

    BalasHapus
  19. pertama kali main solitaire ini waktu SD kelas 5 dan jadi game yang memorable karena meskipun sederhana, tapi berkesan. secara itu game pertama yang dimainkan di komputer

    BalasHapus

Follower