Tantangan Mengikuti Kelas Gratis BRT Network

43 comments





Saat ini saya sedang mengikuti kelas gratis BRT Network yang merupakan kelas optimasi SEO blog gratis

Perasaan saya campur aduk ketika mengikuti belajar strategi SEO sama tim coach BRT. Ini sebenarnya kelas optimasi SEO blog ketiga yang saya ikuti. Tapi di kelas gratis BRT pertama yang saya ikuti karena ada tugas yang tidak teliti seperti membuat anchor text yang salah. Jadilah saya tidak bisa meneruskan kelasnya.


Ketika di bulan Desember 2021 Mbak Monica dan Mas Pewe membuka kelas untuk belajar teknik SEO, saya pun nggak mau ketinggalan untuk ikut kelas belajar ilmu SEO.


Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari merupakan usaha untuk mengoptimasi blog di mesin pencarian dengan cara riset keywords (kata kunci), SEO on page, SEO off page dan lain-lain sehingga membuat artikel situs atau blog muncul di halaman-halaman awal mesin pencarian. 


Manfaat Optimasi SEO blog

Misalkan saat kalian akan mencari informasi tertentu di Google dan banyak artikel yang muncul di halaman pertama. Teman-teman pasti akan memilih dan mengklik artikel ada di halaman-halaman awal mesin pencarian. 


Setelah mendapatkan informasi yang diinginkan pasti teman-teman segera menutup halaman Google. Otomatis artikel-artikel di halaman akhir jarang sekali ada yang mau mengeklik. 


Dan itu tentu saja berpengaruh pada pageview atau pun traffic blog. Semakin besar pageview atau traffic blog maka semakin baguslah blog atau situs kita. 


Cara meningkatkan pageview atau traffic blog ini juga menggunakan cara optimasi SEO blog seperti SEO on page atau pun SEO off page. Dari situ, sudah jelas apa manfaat optimasi SEO? 


Manfaat optimasi SEO blog adalah untuk bisa memperoleh posisi yang bagus di mesin pencarian dan memperoleh traffic blog atau situs yang tinggi.


Tantangan Sebelum Masuk Kelas BRT

Mengikuti kelas optimasi SEO blog BRT adalah sebuah tantangan. Benarkah kita memiliki komitmen untuk terus mengikuti materi, mengerjakan tugasnya dan mau bersusah payah memperbaiki blog kita? Kenapa kita harus punya komitmen yang kuat? 


Nah, sebelum masuk kelas BRT harus ada syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar. Seperti blog harus sudah domain TLD, harus sudah artikel minimal tiga, dan mengajak dua teman lainnya.


Beli domain blog

Di internet coba saja cari penyedia jasa domain, teman-teman banyak banget yang menyediakan jasa domain dan hosting. Bisa beli yang paling murah sampai yang paling mahal. 


Domain paling murah pakai domain my.id seharga 10ribu -20ribu per tahun tergantung penyedia jasanya. Ada lagi domain murah web.id yang harganya 40-60ribu per tahun. Sedangkan domain .com harganya sekitar 100-150ribu per tahun dan domain .id seharga 250-350ribu per tahun. 


Semua tergantung penyedia jasa dan jenis domainnya. Kalau tanya perbedaannya coba gugling saja ya banyak kok yang menjelaskan perbedaan domain itu.


Artikel yang sudah dipublikasi

Syarat selanjutnya adalah sudah ada minimal tiga tulisan di blognya. Setidaknya satu artikel sebanyak 350 karakter. Tujuannya agar bisa dilihat struktur heading nya di Homepage atau di setiap artikelnya.


Mengajak dua teman lainnya

Saya menawarkan kepada teman-teman untuk masuk kelas. Ada yang sudah masuk kelasnya. Ada juga yang malah ketinggalan cek email. Jadi gagal masuk kelasnya. Hiks.


Kira-kira tantangan itu ribet nggak? Bagi yang niat pasti digasak aja deh. Dan itu nggak sulit. Karena tantangan selanjutnya lebih seru. Haha.


Tantangan Saat Mengikuti Kelas BRT

Tantangan nggak berhenti di sana saja. Masih ada tantangan selanjutnya yaitu mengerjakan tugas. 

Tantangan Tugas 1

Di tugas pertama, kita disuruh cek SSL blog kita. SSL (Secure Socket Layer) adalah sistem keamanan dalam blog kita. Kalau tanpa enskripsi atau tanpa SSL maka kata sandi, ID, semua data blog kita bisa dilihat oleh hacker. Kalau kata Coach Priyo: 

...misal kakak ambil di ATM pulang jalan kaki, nah tu duit, kakak pegang ditangan, merah-merah menyala, semua orang yang papasan sama kakak di jaringan internet bisa liat kakak pegang duit warnanya merah, karena kakak gak enkripsi duit (data) itu. Semua orang bisa liat, dan bisa aja ada orang yang jadi punya niat jahat, bayangkan klo duit merah itu password akun kakak? ada orang iseng bisa liat passwordnya, akun kakak bahaya kan? SSL fungsinya membungkus data itu, anggeplah SSL itu dompet atau amplop yang menutupi data kakak, orang liat mungkin tau kakak bawa amplop tapi gak tau isinya duit, bon cabe, atau cuma fotokopi KTP.

Coach Priyo mengatakan kalau fungsi SSL pada blog itu sama dengan mengenkripsi pesan biar tidak mudah dilacak oleh hacker.


Tahunya blog kita sudah aman atau tidak bisa dilihat dari gambar gembok pada bar address atau sudah https bukan http lagi. 

SSL blog


Di tugas 1 ini juga artikel di blog setidaknya sudah ada tiga.


Tantangan Tugas 2

Tantangan di Tugas 2 ini cukup besar dan membuat chat nggak pernah sepi. Kita harus mengecek SEO blog kita pakai SEO Meta Inspector yang dipasang dari Extension Chrome. 


Ada tiga yang harus dicek yaitu bagian Common, Social-Mobile, dan Header. Kalau banyak yang merah indikatornya harus dibenarkan.


Jangan sampai ada description yang double atau jumlah karakter kurang atau meta tag kosong. Dan itu kita harus tahu dimana menyelesaikan kekurangannya. Termasuk nggak boleh takut untuk mencoba edit HTML template. 


Nah, di bagian inilah si pemilik blog harus tetap semangat dan berusaha mencari tahu. Para coach mencoba membantu sementara pemilik blog juga harus aktif mencoba-coba mengulik blognya.


Di sini nih sudah mulai banyak orang yang mengundurkan diri. Dan saya salut sama ibu-ibu yang juga mengurus anaknya masih mau kerja keras memperbaiki blognya. 


Selama mengerjakan tugas 2 ini coach Pewe memberikan materi tentang SEO On page termasuk juga 18 kunci menulis artikel yang SEO. Coach Priyo memberikan materi tentang Google Analytic (GA) dan Google Search Console (GSC).


Tantangan Tugas 3

Nah, dari teori dari Coach Pewe coba dipraktekkin dalam menulis tugas ketiga ini. Sebenarnya saya kurang bisa menentukan kw yang unik nih biar muncul di page one.


Jadi ya masih belajaran banget sih menulis artikel yang SEO ini.


Pendapat Peserta Kelas BRT

Dari tantangan itu, bagaimana ya pendapat peserta kelas BRT ini. Saya mewawancarai dua orang di kelompok saya yaitu Mbak Iva dan Mbak Yayu.


Di kelas Mbak Yayu ini cukup aktif untuk bertanya-tanya pada Coach mengenai permasalahan blognya. 


Di Grup WA Kelas BRT beliau mengatakan meskipun pusing berasa mau jungkir balik dengan materinya tapi beliau nggak mau menyerah karena dunia baru bagi Mbak Yayu adalah sesuatu yang membuatnya seru dan bahagia.

Testimoni Kelas BRT


Sebelum ikut kelas ini, Mbak Yayu nggak pernah mengutak-atik blog karena nggak berani. Takut hancur dan nggak bisa memperbaikinya. Jadi saat mengikuti Kelas BRT beliau jadi berani mengoprek-oprek blog termasuk HTML nya.


Di grup kelompok pun Mbak Yayu aktif bertanya sama teman kelompok dan saya membantu sebisanya hehe.. Kalau saya nggak bisa baru minta share di grup sebelah. Hehe.


Ya sebenarnya wajar sih. Nggak Cuma Mbak Yayu saja. Banyak kok peserta yang masih baru di dunia blog dan baru pertama oprek-oprek blog termasuk HTML nya. Jadi benar-benar masih nol.


Perubahan blog yang moga bisa makin dekat dan bersahabat dg SEO. Asyek sih walau gak paham soal html. Tapi serulah ngoprek mainan baru.

Sama seperti Mbak Iva, beliau jadi semakin berani dengan mengoprek blog yang selama ini dihindari. 

Wa'alaikumsalam Mba.. Klo tanya perubahan ke performa blog belum terasa signifikan sih Mba.. Tpi jdi byk dpet ilmu baru dan lebih tau seluk beluk settingan blog kita..Trus jdi makin terpacu jga buat berani oprec yg selama ini dihindari yaitu edit html..😁


Sama seperti saya, dulu banyak bahasa HTML yang nggak saya pahami. Setelah mengikuti kelas BRT gratis dari Mbak Monica dan Mas Pewe saya pun jadi tahu beberapa tentang bahasa HTML di blog.


Bagaimana perasaan saya mengikuti kelas BRT?

Kelas kali ini saya hanya mengalami beberapa revisi di bagian Homepage blog saya. Ada rasa lega sebenarnya. 


Saya juga agak waswas karena kalau saya kurang teliti dengan blog sendiri, dengan tugasnya atau juga blog teman-teman jadi ya merasa bersalah gitu.


Jadinya saya hanya bisa bantu sedikit pada teman-teman kelompok yang masih bisa saya bantu. Sedangkan kalau bagian yang sulit dan saya belum pernah mengalami itu saya yang nggak bisa. Bukan pakarnya eh. 


Saya pun belajar koding secara otodidak. Khusus koding di HTML blog. Dan itu kebanyakan memang lihat tutorialnya di artikel. Kalau nggak ada dan nggak berhasil, baru saya tanya para coach.


Coach yang paling berkesan

Untuk kelas BRT sekarang, sampai di tugas tiga ini, Coach Gilang yang paling berkesan. Dari lama Mbak Gilang emang keren banget. Udah nguasain bahasa HTML. Apalagi pas tahu indikator Meta SEO Inspectornya OK itu bikin hati takjub. 


Waktu kelas sebelumnya juga Mbak Gilang yang juga kasih tahu dari mana sampai baris mana yang harus dihapus, ditambahkan atau diganti. 


Coach Priyo yang juga mantap sekali sih. Sabar menjawab pertanyaan para peserta yang benar-benar masih asing dan awam dengan permasalahan blognya. Masyallah luar biasa. 


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, kalau kalian selama ini takut buat utak-atik blog dan ingin blog kalian ramah dengan SEO dan bisa muncul di page one, besok-besok ikut aja kelas BRT. Dan yang paling penting, komitmen kuat yang harus dijaga. Jangan menyerah. 


Saya pun sempat menyerah di kelas sebelumnya karena ada satu tugas yang saya nggak berhasil-berhasil. Tapi saat saya coba lagi ternyata bisa. Dan teman-teman di kelompok saya begitu. Ketika mencoba pertama gagal, coba lagi ternyata bisa. 


Demi performa blog yang baik dan demi belajar SEO ya harus sampai selesai nih kelasnya. Semangat !


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

43 komentar

  1. Waaah bener, kalau gagal satu sekelompok kena ya Mbak. Itu aturan yang membuat peserta jadi rajin bebantuan. Mumet bersama ya Mbak

    BalasHapus
  2. seru tapi ngeri-ngeri sedap ya kak tugasnya?

    BalasHapus
  3. permisalan ssl ini ngeri-ngeri sedap. tapi emang bener sih ya, mbak. dulu nggak tahu soal ini, nyante aja. sampai blog lama saya pernah kena virus parah, sampai semua data harus ditarik dari hosting. habis itu, unggah laginya yang repot, karena harus cek satu2 lagi. pengalaman berharga banget

    BalasHapus
  4. keren nih mba lita masih semangat terus walau dah pernah ikut kelas sebelumnya, aku masih suka terkaget2 soalnya klo dapet tugas >,<

    BalasHapus
  5. Wah semoga lulus dengan hasil memuaskan ya. Eh, kelasnya udah selesai belum ya? Klo ngomongin html tuh emang gak ada habisnya. Aku dulu juga takut utek2 begituan. Takut meledak. Haha..

    BalasHapus
  6. Semangat mbaak... Nanti bagi bagi ilmunya hahaha

    BalasHapus
  7. Duit merah itu relate banget sih sama aku hehehe... Mas punto pinter milih analogi yang pas

    BalasHapus
  8. MasyaAllah mbak Lita semangat sekali. Diriku dah gak sanggup

    BalasHapus
  9. Keren bisa ikut kelas BRT. Makin jago nih SEOnya. Saya jadi ikutan intip ada gembok apa nggak d blog saya hehe

    BalasHapus
  10. Jadi pengen ikut, semoga ada kesempatan kedepannya

    BalasHapus
  11. Cukup rumit juga ternyata dunia blog.. makasih info nya.. semangat berkarya πŸ’ͺ🏼

    BalasHapus
  12. Keren banget kelasnya nih, butuh konsisten dan harus bisa memanage waktu dengan baik.. semoga lain waktu bisa ikutan di batch selanjutnya...

    BalasHapus
  13. Wah kelasnya expert banget ya belajar SSL, Meta,dll. SEO bukan sekadar cari keyword tetapi ada banyak faktor lain.

    Setelah kelas dan mempraktikkan gimana mbak, apa ngerasa pageview blog naik drastis?

    BalasHapus
  14. Kayaknya aku harus pasang nih SEO Meta Inspector, gak ngerti gimana nanti tapi kalo aku nanya-nanya boleh Lit? Sumpah dah paling gak bisa ngoprek html tuh. Dan that 'telat cek email' gw banget wkwk

    BalasHapus
  15. Wah, kelihatannya seru dan menyenangkan banget ya kelasnya. Jadi pengen ikut karena selama ini cuma modal searching di mbah gugel. Itu pun kalo beneran bisa, kalo gak bisa ya udah hahah πŸ₯²
    Keren banget, walaupun kelasnya gratis tapi coachnya tetep gak pelit ilmu πŸ˜†
    Terima kasih sudah sharing mbak Lita, jadi semangat buat konsisten ngeblog lagi πŸ₯°

    BalasHapus
  16. Dulu sempat punya blog th 2008 tujuannya untuk nawarkan produk otomotif, Sayang sudah ga dirumat lagi Karena kwalahan, ternyata skrg Makin boom πŸ’₯ Dan bisa menghasilkan lumayan, semangat mengikuti kegiatannya, nanti bagi2 ke kita2 ya hasil kegiatannya

    BalasHapus
  17. Mbak, kelas SEO ini keren banget, bertabur ilmu dan jujurly pengen banget gabung, hanya itu dia saya ndak paham sofware blog, belom pernah kenalan alias uteg-uteg gitu, trus kebayang banget PR banyak walau ngecek blog sendiri. Duh, mupeng tapi takut, gimana nih Mbak??? Semoga ada keberanian someday bagiku. Doanya Mbak Lita.

    BalasHapus
  18. Ikut kelas seperti ini memang membantu blogger apalagi ada tantangannya sehingga bisa langsung belajar menerapkannya.

    BalasHapus
  19. Menarik kelasnya apalagi bisa belajar tentang blog, membantu untuk mengelola blog dan meningkatkannya. Apalagi gratis ikut kelasnya.

    BalasHapus
  20. Biasanya aku stuck di SEO karena rumit, sulit paham, kayaknya perlu belajar di sini. Mudah dan menyenangkan juga, tak lupa juga gratis.

    BalasHapus
  21. Mantep ini kelasnya, Mbak, bisa belajar seru tentang mengelola blog dan meningkatkannya. Apalagi langsung bisa karena ada tantangan di mana kita langsung mempraktikkannya, jadi ingin ikut.

    BalasHapus
  22. Wah, keren banget Mbak berbagi pengalamannya di tulisan ini. Saya seneng banget termasuk yang bisa bergabung di kelas BRT Network tahun ini. Baru tau ternyata ada kelas buat Optimasi Blog gitu. Merasa bersyukur sekali karena sudah dibimbing sama Mbak selama dalam kelas. Makasih banyak ya. Moga Allah membalas kebaikan Mbak. Aamiin

    BalasHapus
  23. Semangat Kak Lita 😁😁

    BalasHapus
  24. semangat Litaaaa, aku udah lama males ngisi blogku... liat ini ikut semangat, meaki ga tau kapan eksekusinya.wwkwkwkwkwk.. yg pnting semangat dulu ya kan..

    BalasHapus
  25. Haaaai, Mbak Lita. Aku dataaaanggg. Ni Gusti A.P., nih. Wait, seriusan ini kelas gratisan? Tapi materi-materi teknisnya lumayan in-depth kayak kelas berbayar, loh. Masyaallah. Barokallah dah buat para coaches-nya. Moga jadi pahala jariyah.

    Anchor text itu apa, yha?

    Aku nemu banyak informasi menarik di sini. So buatku ini postingan yang cukup informatif. Mbak Lita udah pernah bahas soal provider hosting domain? Berdasarkan pengalamannya Mbak, deh. Amannya mending beli/sewa di provider yang mana.

    Alamat TLD itu maksudnya blog yang udah dot.com, dot.id, dkk itu, ya?


    Dan kayaknya dari berbagai info di postingan ini, Mbak bisa pecah lagi jadi beberapa artikel terpisah yang masing-masing bahasannya lebih komprehensif. Mayan, kan. Nambah stok artikel dan feeling-ku sih bakal nambah traffic secara signifikan. Soalnya pasti insyaallah banyak yang nyari. Yang bahasannya pas buat orang awam, Mbak. Istilah-istilah teknis perlu dijabarin lagi biar yang newbie pada mudeng.


    Semangatz


    Nama: Gusti A.P.

    Domisili: Jatim

    URL: www.thecatsontheroof.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Dulu aku belajaran bikin SEO articles juga. Yang bikin aku agak kurang setuju itu pemasangan link yang ditaro di hyperlink nya itu. Yang biru2 itu. They lead readers back to this same articles. I think it would be best if you lead them to other related articles, in your blogs or your friends' blogs. Jadi enggak balik kucing ke artikel ini. Kan jadi kayak: eaak percuma dong aku ngeklik tadi, baliknya ke artikel ini juga. Emang sih, blog jadi nambah dapetan kliknya, tapi kayak jadi agak menzalimi pembaca gitu. Demikian curhat mantan SEO. Mantan blogger. Udah lulus saya, alhamdulillah. Lulus dari godaan blogging. Mending ditulis, dibukuin, dipublish dulu. Nanti kalo udah published baru deh di-upload ke blog. Aman deh dari piracy.

    BalasHapus
  27. Sebagai "generasi kolonial" πŸ˜…denger istilah SEO baru sekitar 5thn-an yg lalu, waktu suami coba2 bisnis usaha jasa di bidang IT.. itupun sebatas manggut2 doang aku nya...
    Setelah baca postingan ini, kerasa banget kalo "makin banyak belajar, makin sadar kekurangan diri"
    πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Buat mbak lita, sukses terus blog nya πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ

    BalasHapus
  28. Waaahhh keren... susah ga sih ngedit2 blog gitu mbak?? Aku pernah punya blog tapi ga keurus akhirnya... πŸ˜…

    BalasHapus
  29. Semangat berjuang, semoga lulus sampai kelas selesai mba, barakah ilmunya.

    BalasHapus
  30. Informasi yang bermanfaat. Saya belum berpengalaman dengan ulasan di atas, namun tulisannya informatif dan mudah dipahami. Good job, Mba Lita

    BalasHapus
  31. Keren bisa masuk kelas BRT. Tantangannya memang bikin spot jantung ya. Tapi hasilnya bisa bener bener bikin blog kita bagus. Aku lom siap sih tapi pengen banget dapat ilmunya. Semangat kak. Semoga bisa menaklukkan semua tantangan di kelas.

    BalasHapus
  32. informasi nya sangat membantu banget buat saya , mungkin ke depan nya bisa membantu banyak orang , sukses ke depan nya kak Lita

    BalasHapus
  33. Menarik banget ya mba ikut kelas SEO dengan BRT. Saya dulu pernah ikut tapi terdepak di sesi ke-2. Baca2 artikel ini tapi jadi semngat lagi pengen ikutan. Semoga mba Lita bisa lolos terus ya mba ngerjain tugasnya. Semangatttt...

    BalasHapus
  34. Wah..detail banget ya..untuk newbie kayak saya ini bermanfaat banget

    BalasHapus
  35. Semangat mba Lita. Aku dlu ikutan yang 30 hari menaikkan DA. waktu ituu kapan ya, tahun lalu kayaknya hahaa.
    Isi materinya emang daging semuaa. Ibaratnya kayak wagyu daahh premium.
    Effort yang udah kita keluarin sebanding sama hasilnya.

    BalasHapus
  36. wah senang sekali bisa belajar SEO langsung dari pakarnya. Aku masih harus belajar banyak mbak, terimakasih sudah memberikan insight lebih dalam tentang SEO.. sukses ya mbak

    BalasHapus
  37. Rizky Amanda Vidianti15 Desember 2021 06.52

    wah Alhamdulillah dapat ilmu baru dari tulisan mbak Lita, detail sekali penjelasannya, ditunggu artikel artikel selanjutny mbakkk

    BalasHapus
  38. Kaum perempuan kini semakin melek dengan SEO ya. Ini bagus banget dong pastinya. Apalagi belajar bareng-bareng bersama BRT. Semangat mbak

    BalasHapus
  39. Wah menarik mbak Lita tulisan nya, banyak ilmu yang bisa diambil, ditunggu artikel artikel selanjutnya Mbakkk πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  40. Sukses ya Lit...semangatmu patut diteladani. Dulu aing yg sdh kenal sm Dreamweaver pun masih takut2 buat ngoprek web, takuuut ancuur, padahal rusaak itu tanda belajar yaaaπŸ˜‚ well, bener nih, penting banget blajar SEO, first come first click hihi..klo di mp, smakin laris dagangan kita klo muncul di halaman awal pencarian yaπŸ€‘ anyway, setelah tak baca dr ujung hingga pangkal, BRT ki apa Lit...jelasin dongπŸ˜‰

    BalasHapus

Follower