Rahasia Kobe Bumbu Kalasan Yang Harus Kalian Ketahui

No Comments



Kenangan saya bersama tepung bumbu Kobe adalah ketika saya masih kecil di perantauan. Saya suka sekali dengan ayam krispy. 

Sampai-sampai saya minta belikan ayam krispy setiap hari. Apalagi di Kalimantan harga makanan juga tidak murah. 

Suatu ketika ibu saya tidak membelikan saya ayam krispy lagi tapi membuatkan ayam krispy yang rasanya enak sekali. Saya sampai ketagihan menghabiskan.

Saya pun penasaran, apa yang membuat ayam krispy ini begitu enak. Maklumlah masa kecil dulu masih sangat jarang orang mencari resep di internet. Hanya bermodal buku resep saja untuk memasak.

Ibu pun cerita kalau ibu punya rahasia baru dari ayam krispy yang enak. Ibu membuat ayam krispy dari tepung bumbu Kobe. 

Harganya jadi lebih murah dan rasanya juga nggak kalah dengan ayam-ayam krispy yang dijual.

Tepung Bumbu Kobe

Tahu nggak kalian kalau ternyata tepung bumbu Kobe itu bukan berasal dari Jepang? Tapi dari Semarang. Itu pun hanya diproduksi dalam skala industri rumahan di tahun 1979. 

Ternyata Kobe juga ada kepanjangannya loh. Kobe adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dengan tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu.

Tepung Bumbu Kobe


Setelah itu saya baru tahu kalau Kobe membuat aneka macam tepung bumbu, seperti Kobe Tepung Tempe Kriuk, kobe Tepung Kentucky Super Crispy, Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe tepung bakwan kress, Kobe tepung pisang goreng. 

Nah, ada varian baru nih yaitu tepung Kobe Bumbu Kalasan

Mendengar kata Kalasan pasti nggak asing lagi di telinga kalian. Kalasan menjadi terkenal berkat kuliner ayam Kalasan. 

Saat perjalanan ke Yogyakarta dari Solo, saya sering melihat warung makan Ayam Kalasan yang berada di kecamatan Kalasan di Kabupaten Sleman. Banyak juga orang yang mampir ke warung tersebut. 

Sejarah Singkat Ayam Kalasan

Kalian tahu kenapa Ayam Kalasan menjadi kuliner terkenal di Yogya? 

Dulunya, ayam Kalasan ini mulai dikenal karena Mbok Berek yang membuka rumah makan Ayam Kalasan. Presiden Soekarno pernah mengunjungi Rumah Makan Ayam Kalasan. 

Setelah bangkrut, di tahun 1960an, para pegawai Rumah Makan Ayam Kalasan Mbok Berek mendirikan warung sendiri-sendiri sehingga menyebar kemana-mana hingga wilayah Kalasan menjadi terkenal dengan Ayam Kalasan. Hingga Kini Ayam Kalasan membuka cabang dimana-mana. 

Rahasia Kobe Bumbu Kalasan

Bumbu komplit yang praktis 

Bagi kalian ibu-ibu pekerja juga ibu-ibu yang sudah repot dengan urusan rumah tapi tetap ingin bisa masak yang enak untuk keluarga, saya sarankan untuk stok bumbu Kobe Kalasan ini. 

Caranya membuat Kobe Bumbu Kalasan yaitu cukup marinasi ayam semalaman, kemudian teman-teman bisa olah keesokan harinya untuk menjadi hidangan yang lezat.

Cita rasa manis, gurih dan berempah

Kobe Bumbu Kalasan merupakan bumbu komplit untuk marinasi atau ungkep ayam goreng Kalasan dengan hasil cita rasa manis, gurih dan berempah. 

Kandungan asam jawa dan berbagai rempah alami pilihan dengan racikan yang pas membuat Kobe Bumbu Kalasan menjadi solusi memasak aneka hidangan secara praktis.

Bumbu lezat dan mudah menyerap 

Pernah tidak saat masak ayam harus dimarinasi dulu ternyata rasanya kurang meresap? Ya. Saya sering. Jadi hanya gurih di luar saja. Ketika akan makan daging bagian dalamnya, rasanya hambar. 

Salah satu tips agar bumbu terasa sampai dalam adalah daging dimarinasi cukup lama, misalnya semalaman. Maka daging akan terasa.

Dengan racikan bumbu yang lezat, marinasi ayam pakai Kobe Bumbu Kalasan akan membuat ayam menjadi lezat karena bumbu yang lezat dan mudah menyerap.

Hemat

Saat marinasi ayam pakai Kobe Bumbu Kalasan, kita bisa menghemat bumbu yang dipakai karena bisa dipakai untuk satu ekor ayam ukuran sedang.

Bisa untuk membuat aneka masakan

Kreasi Kobe Bumbu Kalasan juga tidak melulu memakai ayam. Kalau tidak mau menggunakan ayam karena ingin berhemat atau memang tidak bisa makan ayam, kalian bisa masak pakai Kobe bumbu Kalasan dari bahan yang lain seperti tempe, tahu, telur dan lainnya.


Tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan

Makan makanan yang berpengawet dan berwarna memang berbahaya bagi kesehatan. 

Jangan khawatir dengan kandungan dalam Kobe Bumbu Masakan karena Kobe Bumbu Kalasan tidak mengandung pengawet dan pewarna. 

Resep ayam bumbu Kalasan


Resep Ayam Dadu Kalasan Spesial

Salah satu resep kreasi ayam pakai Kobe adalah menu resep ayam dadu Kalasan Spesial. Resep ini sangat praktis karena hanya menggunakan dua bahan saja dan menjadi solusi menu praktis untuk ibu muda yang sibuk bekerja.

Bahan:

• 400 gr ayam fillet

• 1 bungkus Kobe Bumbu Kalasan (@35gr)

• minyak goreng secukupnya

• 1 buah jeruk nipis

Cara membuat: 

1. Potong ayam kotak-kotak. Cuci dan beri perasan jeruk nipis dan lumuri dengan Kobe Bumbu Kalasan. Diamkan selama 15 menit.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga matang.

3. Ayam Dadu Kalasan Spesial siap disajikan.


Sedangkan jika ayamnya tidak dipotong dadu, maka kalian bisa melakukan proses marinasi semalaman kemudian digoreng atau dioven keesokan paginya. 

Oiya, untuk mendapatkan rasa yang gurih, kalian bisa menggunakanair kelapa sebagai pengganti air biasa. 


Penutup


So, bagian kalian yang sibuk dan nggak punya waktu untuk memasak tapi ingin menyediakan makanan enak dan sehat, coba saja tepung Kobe Bumbu Kalasan. 

Yang menarik, Kobe Bumbu Kalasan ini membuat ayam semakin glowing. Bikin ngiler yang lihat dan lahap yang makan. Nyum nyum!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower