Kelanjutan Kelas Gratis BRT dan Pengumuman Komentar Terbaik Blog Lestelita

No Comments

Alhamdulillah. Setelah saya menulis Tantangan mengikuti Kelas BRT beberapa waktu lalu, saya memang menyelenggarakan kuis kecil-kecilan. Siapa yang memberikan komentar terbaik di artikel saya itu akan saya berikan hadiah.


Sebelum saya mengumumkan dua komentar terbaik, saya mau menceritakan kelanjutan saya mengikuti Kelas BRT. Kelas gratis BRT ini memang cukup ketat ya karena kalau gagal mengerjakan tugas atau nggak mengikuti instruksi dengan baik maka akan dieliminasi.

Kelas gratis BRT


Lah kok kebetulan laptop suami saya nggak bisa nyala. Sempat pasrah sih karena tugasnya mau nggak mau harus dikerjakan di laptop. Nggak bisa di hape. 


Dan syukurnya saat itu saya pulang ke rumah mertua di Malang. Karena di sana ada laptop, jadi saya langsung pinjam laptop mertua untuk mengerjakan tugasnya.


Kelanjutan Kelas Gratis BRT

Setelah mengerjakan tugas artikel 3 sesuai parameter SEO on page, peserta diberi tugas 4, peserta harus menggunakan aplikasi node.js dan Mantap. 


Aplikasi Node.js dan mantap

Tujuan tugas 4 adalah untuk mengecilkan gambar yang ada di blog kita sehingga loading time nya cepat karena itu berpengaruh sama performa blog. Gambar yang diubah dari format jpg/png ke dalam format webp.


Kenapa gambar harus webp? 


Biasanya saat gambar jpg dikompres maka ukuran file akan mengecil tapi kualitas gambarnya akan jelek atau pecah. Sedangkan kalau pakai webp, kualitas gambar nggak pecah dan ukuran file jadi kecil.


Di tugas ini banyak yang bingung termasuk saya karena benar-benar asing dengan bahasa javascript. Keberhasilan juga ditentukan dengan banyak nggaknya dosa masing- masing. Eh bukan bukan. Bercanda. Haha.


Sementara PC yang support untuk node.js ini adalah windows dengan spesifikasi 64 bit. Laptop suami saya yang eror malah cuma 32 bit jadi nggak support.


Jadi kita harus copy script javascript di kode html blog kita kemudian disimpan di notepad dengan format .jss. Begitu juga dengan kode css, kita harus copy file css dari html blog ke notepad dan disimpan dalam format .css. 


Nah, biasanya kalau salah copy kode css dan js (javascript) ini maka aplikasi mantap akan eror. Tapi ada juga teman-teman yang berhasil kok nggak pakai node.js dan css tapi gambar bisa jadi webp. Katanya kalau pakai js dan css malah eror.

Coba-mantap-webp
Gambar di blog format jpg berubah jadi webp


Upload Gambar Format webp ke Blog

Setelah itu, masalah lain nih. Saat gambar webp diupload lagi ke blog maka gagal karena format nggak mendukung. Tapi kebetulan saya bisa berhasil upload foto format webp ke dalam blog saya yang blogspot. Saya juga ngga tahu kenapa ya. Jadi pas orang-orang bingung cara upload saya bingung mau jelasin gimana. Haha.


Terus biar gambar tetap format webp saat diunduh maka perlu mengedit link di html postingan blog. 


Di satu gambar akan ada dua link di postingan html blog terus di bagian akhir link akan ada tulisan s540 yang menandakan ukuran pixel foto. Nah itu tinggal ditambahkan -rw.


Sedangkan link yang kedua bentuknya w400-h400 yang artinya width 400 dan height 400. Kemudian format itu diganti dengan s400-rw.


Kemudian di save dan hasilnya saat diunduh tetap jadi webp.


Kekurangannya, width dan height gambar nggak terdeteksi di Meta SEO inspector.


Terus kenapa nggak pakai aplikasi convert gambar ke webp?


Bisa sih tapi memang ukuran gambarnya jadi kurang kecil. Masih tetap besar gitu ukurannya. 


Dan kalau pakai convert ke webp kan harus satu per satu konversi ke webp nya. Kalau pakai mantap memang tetap kita punya dulu file jpg nya terus pakai aplikasi mantap dengan bahasa javascript di command prompt kemudian otomatis format berubah menjadi webp.


Eh, tapi gambar di artikel ini nggak pakai mantap dan webp soalnya tiba-tiba nggak bisa diupload pakai file webp. Hiks.


Nah bagi yang lolos akan bisa lanjut ke tugas selanjutnya tapi yang nggak mengerjakan tugas maka nggak bisa lanjut kelasnya.


Di tugas 5 ini peserta harus membuat blog plan sesuai dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya seperti parameter SEO on page yang sudah diajarkan Coach Pewe alias coach Punto.


Materi SEO Off Page: Menanam Link

Sedangkan yang lolos akan lanjut ke materi SEO off page yang lebih menantang yaitu menanam link blog kita ke eksterbal website yang memiliki nilai DA tinggi.


Menanam link? Iya. Biasanya kita membuat profil di website tertentu seperti Wattpad, Linkedin, Anchor fm, dan lainnya untuk mencantumkan link blog kita di website tersebut. 


Mudah nggak menanam link? Sejujurnya sih menantang. Banyak yang mudah tapi ada juga yang sulit. Ada yang sebenarnya gampamg tapi kita harus menelusuri website itu sampai bisa memunculkan link kita. 


Duh, nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata deh.


Yang sulit itu website yang harus memasukkan kode-kode agar bisa muncul linknya. Harus deploy dari kode html. Pakai repository di GitHub dan Netlify itu menurut saya yang susaahh. Bingung ya? Saya juga bingung jelasinnya. Wkwkwk.


Dan linknya ada sekitar 50 link website ditambah 24 shortening link seperti bit.ly dan lain-lain. Setiap hari peserta diberi 10 link. 


Dari 50 link saya berhasil menanam 47 link alias yang 3 link salah. Wkwk. Teman-teman pada berhasil 48-49 link karena memang ada satu link yang harus menunggu moderasi bahkan sampai sekarang nggak ada kabarnya.


Dan dari 100an orang yang mendaftar dan masuk kelasnya sejak awal sekitar 20an yang tersisa sampai tahap akhir (menanam backlink blog).


Pengumuman dua komentar terbaik

Setelah saya baca-baca di komentar artikel tentang Tantangan Mengikuti Kelas BRT saya pun memutuskan memilih dua komentar terbaik.


Siapakah merekaaa?


Mereka adalahhhh....


Adalahhh....


Mizuki Arjuneko atau Gusti A.P.

Komentar blog Terbaik

Dan...


Diyah Wulan

Komentar Blog Lestelita Terbaik


Horeeeeee.


Menurut penilaian saya, komentar mereka bisa menyumbangkan saran dalam pengembangan blog saya.


Meskipun masukannya sederhana seperti komentar dari Gusti tapi sudah memberikan gambar ide untuk menulis artikel dengan beberapa judul dari artikel tersebut.


Sedangkan Mbak Diyah Wulan memberikan kritik atas link saya. Kalau ini saya pernah diajari seseorang untuk internal link nya terutama untuk blog-blog yang masih baru dan nggak punya artikel lain yang berkaitan.


Anyway, terima kasih banyak untuk masukannya. Saya masih membutuhkan hal-hal seperti itu.


Kalian berhak mendapatkan hadiah berupa buku antologi yang berjudul Tot Ziens, Rembang! Dan jilbab untuk Gusti A.P.

Tot Ziens Rembang


Untuk pengiriman hadiah ditunggu ya. Kalau belum ada kabar bisa ditanyakan lagi di kolom komentar yaa.


Untuk teman2 yang sudah berpartisipasi terima kasih banyak yaa.. Maaf yaa cuma bisa kasih hadiah ini.. semoga kelak bisa ngadain kuis yang hadiahnya wow.. hehee.. semoga kita selalu mendapat limpahan rezeki dariNya.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower