Soto Paling Murah Kurang dari 5.000 rupiah! Murahnya parah!

8 comments

Selama tinggal di kota besar, melihat warung yang menjual soto ayam seharga 5000 rupiah sih sudah murah banget. Di tempat tinggal kalian berapa harga soto paling murah yang pernah kalian beli? 


Ternyata ada yang lebih ekstrim harga sotonya. Ini pertama kalinya saya melihat harga soto ayam paling murah. Mungkin bisa dikatakan soto paling murah se-Indonesia! 


Soto Bening atau Soto Seger

Ketika saya pulang kampung di Sragen, setiap bersepeda pagi saya selalu melihat banyak warung menjual soto seger Sragen. Iya, memang namanya soto seger atau soto bening karena memang kuahnya bening. Ada juga yang menjual soto seger rempah. 


Nggak cuma di Sragen sih. Tipe-tipe soto bening seperti itu memang ada juga di Solo juga daerah di sekitarnya seperti Boyolali.


Beda dengan soto Lamongan yang lebih keruh kuahnya karena bumbu. Bagaimana dengan rasa soto bening Solo yang menjadi makanan khas Solo dan sekitarnya?


Rasa kuliner khas Sragen ini memang seger dan enak. Soto seger juga terasa rempahnya. Daging soto seger biasanya pakai ayam biar harganya murah. Hanya saja saya kurang tahu ayam untuk soto itu pakai ayam kampung atau ayam babon. Biasanya soto Lamongan pakai ayam babon dan ada juga pakai ayam kampung.


Sementara ada juga soto seger yang pakai daging. Harganya tentu berbeda.

Soto Seger Sragen


Sekitar empat tahun lalu, di Sragen banyak yang jual soto kwali. Kuliner khas Sragen ini cukup digemari para warga Sragen karena setiap pagi selalu ramai dikunjungi orang untuk sarapan. 


Penjual mengambil kuah dari kwali yang terbuat dari tanah liat kemudian disajikan di mangkok kecil. Aroma rempahnya begitu kuat. Rasa soto kwali asli Sragen ini pun tidak jauh berbeda dengan soto bening atau seger. Dulu, ada yang jual dekat Lapas Sragen. 


Tapi sekarang sudah nggak ada. Hiks. Padahal ramai banget soto kwali itu.


Selain itu, kuliner soto yang ramai di Sragen adalah soto Girin. Soto daging yang disuguhkan di mangkok kecil ini sampai sekarang masih ada dan menjadi makanan khas Sragen untuk sarapan. Lokasinya di depan Taman Kridoanggo Sragen. Ketika kalian datang di pagi hari, banyak ramai orang yang datang ke sana untuk menyesap soto Seger berisi daging itu.


Lokasi Warung Soto Seger

Di Sragen, banyak sekali warung Soto Seger atau Soto Bening Solo. Di daerah Plumbungan juga banyak jual Soto Seger. Sepanjang jalan Sukowati menuju alun-alun Sragen juga banyak jual makanan khas Sragen Solo seperti Soto Seger Rempah, Sate Kambing, Tongseng, Tengkleng.


Yes, memang Solo sekitarnya memang terkenal dengan Tongseng-nya. Jadi saya kalau ke Solo biasanya cari kuliner khas Solo seperti susu segar Boyolali dan Tongseng. Berhubung lagi nggak memungkinkan pergi ke Solo, jadi saya cari kuliner khas Solo di Sragen saja seperti susu segar Boyolali sedangkan Tongseng saya belum sempat beli. Sedangkan Soto Seger dan susu segar adalah kuliner khas yang kami kunjungi selama di Sragen.


Tapi saya punya langganan soto seger dengan bau rempah yang khas. Namanya Soto Seger Sukowati di Jalan Rajawali No 13, Ngrandu, Nglorog, Sragen. Tempatnya lesehan dan menjadi tempat sarapan di Sragen yang tepat untuk keluarga.

Soto Seger Sukowati Sragen


Harga Soto Seger Paling Murah

Di soto seger Sukowati langganan saya itu harganya per porsi 4.000 dengan mangkok kecil. Bagi kalian yang makannya banyak memang bakal nambah porsi lagi nih. Hehe.  


Dengan harga yang murah, dalam satu mangkok Soto Seger, kita sudah bisa merasakan Soto Seger dengan nasi dan daging sapi. 


Dan yang paling ekstrim lagi, harga Soto Seger paling murah yang pernah saya lihat adalah Soto Seger 1000 rupiah! Iya. Seribu rupiah. Bayangin nggak apa saja isinya? Saya nggak sempat mencobanya sih. Dengan harga 4000 saja isinya begitu, bagaimana dengan harga 1000 rupiah? Mungkin dagingnya pakai ayam kali ya? Ah, nyesel deh waktu sepedaan nggak bawa duit jadi nggak bisa nyoba Soto Seger 1000 rupiah.


Resep Soto Bening atau Soto Seger

Saya sempat bertanya-tanya sih, kok bisa ya soto bisa bening begitu. Kuahnya itu nggak keruh seperti soto Lamongan yang saya makan. Ternyata memang agak beda bumbunya.


Jika soto kebanyakan pakai kunir atau kunyit, justru soto bening tidak pakai kunyit. Dan toge menjadi tambahan sayuran selain kubis.


Kalau mau bikin sendiri bisa banget nih pakai resep berikut. Ini resep soto Seger khas Sragen dengan daging sapi.


Bumbu halus:

2 siung bawang putih

3 siung bawang merah

1 sdt merica bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdm penyedap rasa

2 biji kemiri

1 sdm ebi

1 Ruas jari kencur

2 ruas jahe


Bahan:

Daging sapi setengah kilo direbus

2 lembar Daun salam

1 batang Sereh

5 lembar Daun jeruk

2 ruas lengkuas

Gula

Garam

Jeruk nipis

Toge

Daun seledri dipotong kecil-kecil

Kubis dipotong kecil

Mie hun yang sudah direbus


Cara membuat:

#1 Rebus ayam sampai matang. Kalau saya dua kali ganti air karena biasanya rebusan pertama baunya masih anyir begitu. Atau buang yang warna cokelatnya.


#2 Bumbu halus ditumis dengan masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas. Tumis sampai harum. Kalau saya biasa agak mulai menyusut air-air bumbunya.


#3 Masukkan bumbu ke dalam rebusan daging. Karena mungkin hasil tumisan bumbu membuat lengket di wajan jadi coba kasih air sedikit digosok dengan sutil dan dimasukkan ke rebusan daging.


#4 Tambahkan gula, garam, penyedap rasa, jeruk nipis. Yah, kalau ini tergantung selera yaa. Kalau kurang-kurang tambahkan gula atau garam bergantian sedikit demi sedikit.


#5 Tata nasi, suwiran ayam, toge, potongan kubis, seledri, mie hun, di atas mangkok.


#6 Siram dengan air soto yang sudah diolah tadi. Siap makan.


Yuk, Wisata Kuliner Khas Sragen Soto Seger

Soto Seger Sragen saat ini bisa menjadi salah satu wisata kuliner ketika kalian pergi ke Sragen. Sebenarnya banyak warung yang menjual soto Seger Sragen ini. Tinggal kita pilih yang mana untuk wisata kuliner khas Sragen ini. Mau Soto Seger yang harga 1000, 3000, atau 4000?

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar

  1. Mbak rumahku tuh ngawi tapi kalau belanja dll sukanya sragen-palur-solo, hapal banget dengan Soto segar itu buat sarapan wkwkwk. Sotonya sih murah tapi kalau nambah daging empal goreng yang bikin Mahal wkwkwk Mana sepotong nggak cukup saking enaknya. Belum lagi pasti bungkus buat oleh-oleh hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka makan soto Girin ya mbaa? Hehe.. iya saya sm bapak saya kalo makan soto Girin juga suka nambah daging..

      Hapus
  2. Jadii kangenn mudikkk, emang solo sekitarnya tuh murah murah ya mbaa, sragen kan deket solo. Khasnya emang soto bening seger 👌

    BalasHapus
  3. Murah banget! Di kawasan rumah yg murah nasi kuning dan telur 5000 di pagi hari buat sarapan. Jadi pingin soto abis baca inii

    BalasHapus
  4. Soto seger, aky belum pernah coba. Pasti sesuai namanya pasti segar 👍 Apalagi ditambah sambal, uuuh mantap mbak. Asli Sragen lagi, top deh kulinernya.

    BalasHapus
  5. Kayaknya soto Jawa Tengah tuh kuahnya memang cenderung bening ya. Waktu kuliah di Jogja pas makan soto juga gitu. Soto khas Sragen ini jadi penasaran saya. Apa di Surabaya ada yang jual ya?

    BalasHapus
  6. Ya ampun... jaman sekarang masih ada makanan 4000an. Jadi penasaran pengen nyoba. Sayangnya jauh syekali...

    BalasHapus
  7. Soto yang harga 1000 segimana porsinya ka. Jadi penasaran pengen punya kesempatan jajal kuliner Sragen ka 😊. Apalagi kuliner yg murmer.

    BalasHapus

Follower