Tips Memilih Kosan Jakarta yang Nyaman

3 comments
DKI Jakarta sebagai ibukota menjadi magnet bagi banyak orang. Jika kamu merantau ke betawi alias Jakarta, tentu butuh kos-kosan agar jadi tempat berlindung dan beristirahat. 

SKosan Jakarta
Kamar Kos

Tips Memilih Kosan Yang Nyaman 


Sudahkah kamu memilih kosan Jakarta yang nyaman ditinggali? Karena ngekos bukan sekadar ngekos tetapi wajib memilih tempat yang asyik untuk jadi tempat istirahat dan bersantai di waktu senggang. Ini beberapa tipsnya:

1. Jarak dari Kos-kosan ke Tempat Kerja atau Kampus

Jarak dari kosan ke kantor atau kampusmu harus diperhatikan. Jangan lupa bahwa kamu sudah pindah ke Jakarta yang jadi biangnya kemacetan. Jangan sampai gara-gara ngirit, kamu malah pilih kosan yang jaraknya lebih dari 4 KM dari kantor atau kampus. Akhirnya malah capek di jalan.

Sebaiknya pilih kosan yang dekat, maksimal 1 KM dari kantor atau kampusmu. Tujuannya tentu agar lebih cepat sampai dan gak terjebak macet. Kalau bisa malah ditempuh dengan jalan kaki, sekalian ngirit biaya transportasi dan hitung-hitung olahraga. Kalau kosanmu dekat juga bisa bolak-balik dengan cepat jika ada barang yang ketinggalan.

2. Fasilitas Pendukung

Sudah survey dari sekian banyak kosan Jakarta? Cek juga fasilitas-fasilitasnya. Jika kamu mengutamakan kenyamanan maka jangan pilih kosan yang kamarnya sempit dan kasurnya hanya cukup buat satu orang. Namun pilihlah yang kasurnya empuk, ditambah kipas angin atau AC, lemari yang kokoh, dan kalau bisa ber-wifi.

Keberadaan wifi merupakan fasilitas pendukung apalagi jika kamu masih kuliah. Kamu pasti butuh sinyal internet yang kencang untuk browsing saat akan mengetik tugas-tugas. Daripada capek tethering mending sekalian cari kosan yang sekalian menyediakan wifi.

Kalau kamu punya anggaran lebih maka cari juga kosan yang memiliki fasilitas free laundry. Daripada capek mencuci baju sendiri tiap hari minggu atau bingung memilih laundry mana yang hasilnya bersih, lebih baik cari kosan plus laundry. Biasanya pengelola kosan bekerja sama dengan laundry atau memiliki pegawai khusus untuk mencuci dan menyeterika.

3. Kebersihan

Cari kosan Jakarta juga harus memperhatikan segi kebersihan karena kamu gak mau punya tempat kos jorok, kan? Oleh karena itu jangan hanya melihat foto atau video tetapi harus survey langsung ke lokasi kosan. Gunanya untuk melihat apakah tempatnya bersih atau kotor.

Saat masuk ke area kosan, mintalah izin untuk melihat kamar mandinya. Karena kebersihan suatu tempat pasti tercermin dari kamar mandinya. Jika toiletnya bersih maka cek lagi ke kamar yang kosong. Pastikan semuanya bersih sampai ke kolong, tandanya dirawat oleh sang pemilik kosan. Untuk kebersihan memang harus diperhatikan karena jika kotor bisa mengakibatkan penyakit kulit dan penyakit lainnya.

4. Warung di Sekitar Kos

Sebagai anak kos tentu susah jika masak sendiri dan kalaupun ada fasilitas dapur, biasanya kamu sudah terlalu capek untuk sekadar nyeplok sendiri. Oleh karena itu lihatlah apakah di sekitar kos ada warung yang lengkap? Kalaupun pesan dari aplikasi, lihat apakah jarak dari kosan ke restorannya dekat atau jauh? Karena jika terlalu jauh, ongkos kirimnya akan jadi sangat mahal.

Cara mencari kosan Jakarta bagi kamu yang kuliah atau kerja di ibukota sebenarnya tidak terlalu rumit. Yang penting kamu yakin akan kebersihan tempat kos, jadi wajib untuk survey langsung ke lokasinya dan bertemu dengan pengelola atau minimal penjaga kosan. Selain itu, pastikan tempatnya strategis, dekat dari kampus atau kantor dan di sekitarnya ada banyak warung makan.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar

  1. Memilih kosan emang yang paling utama bagiku adalah jarak kos ke tempat kerja atau kuliah. Lalu urusan warung di sekitar kosan. Ini menyangkut dengan urusan makan sehari-hari. Hehehe

    BalasHapus
  2. Beda dengan dulu, sekarang pemilik kos kosan pun berinovasi agar kosannya lebih kekinian dan desainnya (terutama interior) dibuat senyaman mungkin untuk menarik pelanggan, terutama mahasiswa. Sudah ga zaman lagi kos kosan seadanya, gelap, kumuh, rawan pencurian, dan terlihat angker hehe.. Terima kasih ulasannya. Saya follow blog ini

    BalasHapus
  3. Kosan di Jakarta sekarang udah bagus-bagus dan fasilitasnya udah bermacam-macam tak jauh dari rumah saya lagi dibangun rumah kos tiga lantai entah ada berapa puluh kamar isinya, kalau dilihat-lihat sepertinya bakal jadi rumah kos yang mewah.

    BalasHapus

Follower