Apa Saja Manfaat Hosting? Simak Yuk!

No Comments
Kalian sudah punya blog dan ingin mencari cuan dari adsense atau sponsored post? Tentu sudah akrab dengan istilah hosting. Apalagi bagi pengguna Wordpress (karena kalau blogspot sudah gabung), tidak cukup hanya langganan domain tahunan tetapi juga ditambah dengan hosting. Jangan khawatir akan biaya untuk membayar keduanya karena saat ini sudah ada promo beli hosting murah gratis domain. Ada pula promo domain id sehingga jadi hemat dua kali, sungguh menguntungkan.

Apa itu hosting

Promo ini tentu sangat menarik minat bagi semua blogger karena jelas hematnya. Lagipula, membeli hosting bukanlah sebuah pemborosan dan hanya buang duit. Anggap saja itu modal untuk membangun sebuah blog sehingga teman-teman bisa memiliki situs yang sehat, rapi, dan data-datanya sangat aman.

Hosting dan Pengertiannya

Sebelum membahas dan meluncur lebih lanjut maka mari pahami dulu arti dari hosting. Ketika punya blog TLD (top level domain) maka selain wajib beli domain tahunan, juga ada hosting. Untuk pengertian simple-nya, maka hosting adalah suatu service untuk menyimpan tulisan, gambar, dan file-file lain pada sebuah blog. Seumpama tulisan di blog adalah sebuah buku dan kitab, maka hosting adalah rak untuk menyimpannya agar jauh lebih rapi.

Hosting jadi maha penting (terutama bagi pengguna blog yang berbasis Wordpress) karena manfaatnya amat banyak. Masih ingatkah ketika sekitar 10 tahun lalu, ada sebuah situs yang berisi banyak blogger sedunia, lalu ia akan tutup karena beralih jadi sebuah situs marketplace.

Para blogger jadi kebat-kebit karena data tulisannya harus dialihkan jika tidak mau hilang. Namun jika ia punya hosting pribadi di blog TLD, tidak akan seperti ini, karena punya gudang penyimpanan yang sangat aman.

Ada Banyak Manfaat dari Hosting

Namun apakah teman-teman sudah tahu apa saja manfaat dari sebuah hosting pada situs atau blog pribadi? Ini dia, silakan cek dengan super teliti.

1. Menyimpan Data-Data Mahapenting

Hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang aman bagi artikel, gambar, video, atau file lain dari blog dan situs teman-teman. Dengan memiliki hosting maka tak perlu khawatir jika ada gangguan, karena data-data akan sangat aman tersimpan di sana. Tak akan ada lagi peristiwa ‘pengusiran’ ketika ada situs blog massal yang berganti jadi marketplace, karena teman-teman sudah punya domain dan hosting sendiri yang sangat aman.

Jangan khawatir akan biaya hosting karena sebenarnya cukup terjangkau. Memang pada saat harus membayar biaya tahunan, teman-teman harus membayar double, yakni untuk domain dan juga hosting. Akan tetapi biaya ini murah jika melihat betapa tinggi manfaatnya, yakni untuk tempat penyimpanan seluruh file yang sangat aman. Untuk mengantisipasi biayanya maka sisihkan minimal 10% dari pendapatan ngeblog per bulan, sehingga jika membayar biaya hosting tahunan tidak akan terlalu membebani dompet kalian.

2. Membuat Sebuah Website atau Blog Pribadi

Jika kalian punya domain plus hosting maka otomatis punya situs atau blog. Ia bisa digunakan baik untuk bisnis, blog perusahaan sebagai sarana promosi, atau blog pribadi sebagai tempat curhat colongan. Blog juga bisa dibuat tempat sharing pengalaman sehingga bisa saling berinteraksi dengan pembaca.

Saat sudah punya hosting maka kalian tidak akan khawatir akan keamanan penyimpanan seluruh data di dalam blog. Meski hanya punya blog pribadi maka bisa di-crawl oleh Google karena datanya aman berkat fungsi kece dari hosting. Akan sangat sayang ketika data-data lawas hilang gara-gara tidak ada hosting, karena bisa menyimpan berjuta kenangan indah kehidupan.

3. Melindungi dari Serangan di Internet

Ada banyak serangan di internet bagi sebuah situs atau blog. Mulai dari virus, SSL, dll. Serangan bisa muncul karena kecerobohan saat membuka situs ilegal atau karena ada hacker yang iseng dan sedang mencoba ilmu barunya. Akan tetapi saat sudah punya hosting maka data teman-teman akan tersimpan aman dan tidak akan mudah kena serangan.

Bagaimana, sudahkah meresapi arti dan manfaat hosting? Saat punya blog maka wajib untuk sekalian punya hosting, selain bayar domain tahunan tentunya. Blog TLD milik teman-teman tentu akan terlihat makin profesional ketika punya hosting sendiri.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower