Mengetahui Kisaran Harga Service dan Biaya Tune Up Mobil Avanza

No Comments

Mobil Avanza adalah jenis mobil yang pas digunakan untuk mode transportasi liburan keluarga. Kenapa?

Karena tampilannya yang modern dan futuristik dan ada tambahan fitur yang canggih.

Selain itu, mobil Avanza juga mengambil desain yang sporty, ada banyak pilihan yang bisa ditentukan saat ingin memiliki jenis mobil ini.

Memutuskan untuk memiliki mobil, berarti kita juga harus memikirkan kisaran biaya service mobil Avanza. Perawatan ini dilakukan untuk menjaga mesin mobil tetap sehat dan terhindar dari kerusakan fatal.

Perawatan mobil yang dilakukan secara berkala, biasanya menggunakan jasa bengkel resmi. Untuk itu memperkirakan biaya yang dikeluarkan harus dipikir dari jauh-jauh hari.

Bila hanya melakukan perawatan rutin, biaya bisa sama setiap bulannya. Namun, kalau ada kerusakan lain pasti akan berbeda, biasanya total biaya service ditentukan oleh jarak tempuh dari penggunaan mobil.

Selain biaya servis, pemilik kendaraan asal Jepang ini juga harus mengetahui biaya tune up mobil toyota Avanza.

Detail Rincian Service Mobil Avanza

1. Service mobil Avanza jarak 10.000 -50.000 km

Melakukan perawatan secara berkala biasanya dalam jarak tempuh 10.000 km, 20.000 km, dan seterusnya sampai 50.000 Km. Nah, dalam jarak ini setiap mobil harus mengalami pergantian oli, gasket, filter oli, dan masih banyak lainnya.

Pada kondisi ini, kita tidak akan dikenakan biaya service, melainkan harus mengganti biaya penggantian komponen mobil. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 400.000, sudah termasuk jenis sistem transmisi manual ataupun otomatis.

2. Service jarak 40.000 km mobil Avanza

Sebenarnya, penggantian komponen pada jarak ini masih sama dengan sebelumnya. Bedanya, pada jarak 40.000 km mobil harus dilakukan pergantian pada komponen filter udara dan minyak rem.

Urusan biaya masih sama dengan service biasa, hanya saja pada perawatan spare part pada sistem manual akan dikenakan biaya sekitar Rp1.000.000 lebih.

Dengan tambahan pergantian oli gardan dan transmisi. Sedangkan, biaya pada sistem otomatis lebih murah tapi tidak mendapat penggantian oli transmisi.

3. Service pada mobil Avanza Jarak 60.000 Km

Pada jarak ini, mobil harus dibawa ke bengkel resmi. Di sana akan dilakukan perawatan rutin yang sama. Hal ini untuk melihat seberapa sehat mesin mobil yang miliki.

Untuk biayanya sendiri sekitar 1 juta lebih. Selain itu, biaya service juga harus dibayar. Kalau sebelumnya melakukan service tidak dihitung dalam biaya, pada jarak ini akan dibebankan ke kita.

Sebenarnya setiap jarak tempuh mobil, memiliki perawatan yang hampir sama. Komponen yang diganti pun sama. Hanya saja, harga yang dibebankan akan berbeda. Bila kita melakukannya secara rutin, bisa berkoordinasi dengan pihak bengkel supaya bisa mempersiapkan dana yang sesuai.

Selain hal di atas, sebagai pemilik mobil, kita harus melakukan tune up pada kendaraan. Lalu berapa biaya tune up mobil toyota Avanza?

Biaya Tune Up Mobil

Melakukan tune up kendaraan bisa dilakukan di bengkel umum atau resmi. Biasanya, biaya tune up di bengkel resmi sekitar 300 sampai 1 juta lebih. Harga yang ditawarkan ini belum termasuk penggantian komponen.

Jangan khawatir, harga ini akan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Kita bisa mendapatkan mekanik yang paham betul dengan kondisi mesin mobil Avanza ini.

Untuk biaya tune up di bengkel umum sekitar 200 ribu. Harganya jauh lebih murah dari bengkel resmi. Tapi kualitasnya juga bagus. Pasalnya, sparepart Avanza ini sudah banyak dikenal. Jadi, tidak perlu khawatir lagi.

Setelah mengetahui biaya tune up, sekarang kita harus mengetahui hal apa saja yang perlu di tune up dari kendaraannya.

  • Mengganti filter pada bagian bahan bakar.
  • Mengganti oli seperti biasanya.
  • Membersihkan busi dan filter udara.
  • Menyetel dan membersihkan rem.
  • Membersihkan injektor, filter AC, dan ruang bakar.

Selain itu, sistem pada scanning injeksi harus dibersihkan juga.

Segala komponen di atas akan dicek dan dilihat, apakah komponen tersebut perlu diganti atau hanya dibersihkan saja. Dengan begitu, kita bisa mengetahui lebih dini kerusakan pada mobil.

Nah, itulah beberapa gambaran biaya service dan juga tune up untuk mobil Avanza. Lebih tepatnya, lakukan perawatan secara rutin ke bengkel resminya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower