Kreasi Resep Tiga Sapi: Pie Susu Yang Lembut dan Creamy

36 comments
Sebelum aku cerita tentang kreasi resep Tiga Sapi yang aku buat, aku cuma mau bilang kalau aku itu nggak jago masak. Serius. Jadi, kalau kalian nggak yakin sama resep hasil modifikasiku, jangan diikuti ya. Takut aja kalian kecewa sama kreasi resep Tiga Sapi yang aku buat terus kalian ngebully aku kan aku jadi gimana gitu. Kalau makin rajin masak sih alhamdulillah, kalau akhirnya aku mutung masak dan berakibat pada anak-anakku kan jadi gimana gitu. Wkwkwkk.

Ceritanya, bermula ketika aku mencicipi salah satu oleh-oleh khas Bali yaitu pie susu Bali, hatiku langsung meleleh. Rasanya pie susu Bali itu manisnya pas, vlanya agak karamel dan crustnya itu nggak mudah hancur tapi lumer di mulut. Ya Allah. Surga banget.

Di rumah, aku berinisiatif membuat pie susu. Dulu aku belum punya oven, jadi aku buat pie susu tanpa oven. Jadi aku tumpuk dudukan kompor biar nggak gosong.

Terus aku cuma punya cetakan besar, bukan cetakan kue pie kecil-kecil. Biar nggak capek aja cetak crustnya meskipun sekarang sudah ada alat buat cetak crust-nya.

Terus sekarang alhamdulillah ada oven jadi bisa bikin kue meskipun aku nggak punya mixer dan timbangan. Karena keterbatasanku itu, makanya aku kalau bikin resep pakai takaran sendok dan nggak pakai mixer

Aku pun mulai bereksperimen dengan resep pie susu dengan takaran sendok. Soalnya belum ketemu timbangan yang harga terjangkau tapi tidak cepat rusak. Wkwkwk.

Alasan pakai Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Mulailah aku membuat kue pie susu dengan melihat dan mencoba beberapa resep pie susu di Youtube. Dari banyak resep pie susu yang aku coba, rata-rata banyak menggunakan banyak kental manis dan membuat pie susu maniisss sekali. Dan itu membuat agak eneg. Begitu pun crust yang aku buat kurang gurih.

Nah, resep pie susu terakhir yang sudah aku modifikasi hasilnya saat dipakai di cetakan kue pie susu berdiameter 28 jadi tipis sekali.. tapi rasanyaaaa.. pas manisnya, dan rasa crust nya juga passs. Eh bukan ngalem yaa. Soalnya kagak pake timbangan wkwkwk.

Nah, selanjutnya, aku penasaran sama kue pie susu yang vlanya tebal banget kayak puding itu. Akhirnya aku buat pie susu dua kali resep.

Masalah lainnya adalah, kalau aku pakai resep pie susu hasil modifikasiku, pasti rasanya akan manis banget dan kemungkinan akan eneg. Untuk crust sih nggak masalah untuk rasanya. Hanya saja sedikit mudah rapuh. Kayak hatiku. Eaahh.

Aku berpikir bagaimana biar pie susu vla tebal tidak terlalu manis tapi rasa vlanya tetap creamy?

Salah satu solusinya adalah, airnya aku ganti dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Dan kental manisnya pakai Tiga Sapi Kental Manis yang hanya tambah seperempat dari takaran.

Manfaat Tiga Sapi Kental Manis

Tiga Sapi Kental Manis memiliki kandungan kalsium, fosfor Vitamin D3, Vitamin A, dan Vitamin B1. Kandungan kalsium pada Tiga Sapi Kental Manis bermanfaat untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kreasi resep Tiga Sapi Kental Manis yang bisa disajikan saat di rumah seperti sajian kopi, teh tarik, puding, martabak manis dan sajian lainnya.

Tiga Sapi Kental Manis juga memiliki kelebihan yang lebih praktis dan ekonomis. Yang ekonomis ini cocok untuk usaha karena ekonomis. Bisa lebih hemat. Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis banget lah!



Manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi

Ini baru pertama kalinya aku beli susu evaporasi. Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan Susu Evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Susu Tanpa Lemak ini dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini diproses dengan higienis, rasa creamy yang pas, pasti gurih lezat, dan lebih sehat. Susu evaporasi Tiga Sapi cocok sebagai bahan masakan atau campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam, atau dessert lainnya. Susu Evaporasi Tiga Sapi juga bisa digunakan sebagai pengganti santan.

Susu evaporasi ini sedikit lebih kental dibanding susu biasa karena airnya hilang saat proses pemanasan. Warnanya pun lebih kuning. Karena rasanya tidak manis seperti kental manis, susu evaporasi ini cocok untuk menjadi campuran soto Betawi, smoothies, krimer kopi ataupun untuk es krim. Susu evaporasi juga bisa untuk pengganti santan.

Kandungan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang tinggi ada pada fosfor, Kalium dan Lemak.

Dengan kandungan fosfor yang tinggi tentu Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita, seperti untuk kesehatan tulang, untuk sumber energi, sebagai pembentuk enzim dan sel, serta untuk meningkatkan berat badan.

Fosfor ini merupakan makro mineral atau kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar.

Dan ini jadi salah satu alasan kenapa memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah agar berat badan bisa bertambah. Hihihii.

Tak hanya itu, kelebihan Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Dijamin, mamak-mamak yang suka buat kue lebih suka yang hemat-hemat dan banyak gini kan. 

Tiga Sapi praktis dan ekonomis bisa menjadi pilihan saat berwirausaha. Praktis karena Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa ditutup kembali dan tidak mudah tumpah.

Kreasi Resep Tiga Sapi
Kreasi Resep Tiga Sapi

Kreasi Resep Tiga Sapi

Lanjut, aku pun mulai membuat resep pie susu. Aku membuat pie susu dengan vla yang banyak.

Nah, karena ini masih uji coba pie susu dengan vla banyak, aku sedikit khawatir kalau vlanya kurang matang atau malah kulit pie nya terlalu gosong. Nah, untuk teman-teman yang pernah buat pie susu dengan vla banyak boleh share ya. Bagaimana vla pie susu nggak gosong atasnya dan vlanya.

Aku bikin dua porsi pie susu untuk kreasi resep Tiga Sapi. Yang pertama karena kepanasan jadi agak coklat, yang kedua lumayan nggak bikin sepet mata. Wkwkwkwk.

Aku sendiri pakai api atas dengan suhu 180 dersel. Yang bagian bawah atau crust-nya nggak gosong tapi bagian atas agak gosong. Jadi kalau mau nggak gosong tapi tetap matang coba pakai api atas dengan suhu 100 dersel.

Resep pie susu yang tebal, creamy, nggak eneg

Resep di bawah ini untuk satu porsi cetakan pie diameter 24 cm. Bahan-bahan kue pie susu yaitu:

Tiga Sapi Kental Manis
Bahan Pie Susu

Kulit pie

20 sdm terigu

10 sdm margarine

3 sdm gula halus

1/2 sdt garam


Isian pie

4 butir telor

20 sdm Tiga Sapi Kental Manis

20 sdm Tiga Sapi Susu Evaporasi

4 sdm maizena

1 sdt vanili


Cara Membuat

1. Campur bahan kulit pie sampai rata dan bisa dibentuk bulat tanpa sampai hancur. Kalau masih hancur coba tambahkan satu sendok makan margarin. Kemudian campur lagi.

2. Cetak kulit pie dalam cetakan pie. Ini perlu kesabaran ya biar kulit pie tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Jadi memang agak lama. Oiya, panaskan oven dulu ya. Tusuk-tusuk dengan garpu biar tidak gelembung vlanya. Setelah selesai masukkan ke oven dengan suhu 180 dersel selama lima menit saja.

Tiga Sapi Susu Evaporasi

3. Isian : Campur maizena dengan air, kemudian vanili. Campur dengan telor. Kocok sampai tercampur. Saring campuran isian dan tuang di atas kulit pie yang sudah di oven. Saring sebanyak 2-3 kali biar hasilnya lebih lembut.

4. Untuk crust, Oven dengan suhu 180 dersel api atas bawah selama 10 menit. Setelah itu, oven vla, pakai api atas 100 dersel saja selama 10 menit. Tukar api bawah saja panggang selama 30 menit. Kalau sudah, tusuk vla dengan lidi. Kalau nggak ada yang menempel berarti sudah matang.

5. Tunggu sampai dingin baru dipotong. Pie susu siap disantap. Rasa pie susu ini pas nggak terlalu manis, creamy dan tebal vlanya seperti puding.

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Karena Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis, makanya aku bisa bikin kue pie 2 porsi dengan diameter 24 cm. Bahkan masih ada sisa. Kalau suka manis, bisa banget setengah kaleng Tiga Sapi Kental Manis untuk satu porsi kue pie susu. 

Sekedar informasi, jika beberapa orang membuat secangkir teh 180 ml dengan 4 sendok teh gula pasir, aku cuma membuat 2 sendok teh gula pasir.

Pie Susu Tiga Sapi

Nikmati Pie Susu Yang Creamy dan Lembut

Satu hal yang aku dan keluargaku tunggu-tunggu adalah momen menghabiskan pie susu buatanku. 

Anakku sendiri tak sabar merasakan pie susu buatanku. Begitu jadi pun aku masih menyuruh menunggunya sampai dingin. 

Mereka sangat antusias makan pie susu buatanku. Maaf untuk itu tidak sempat aku foto. Haha.

Kreasi Resep Tiga Sapi


Setiap bamgun tidur mereka akan mencari pie susu. Bekal makan ke sekolah untuk kudapan pun membawa pie susu creamy dari Tiga Sapi.

Saat santai sore, sepotong pie susu pun menjadi kudapan yang menyenangkan. Rasanya bikin nagih. Tak cukup sekali. Manisnya nggak bikin eneg dan lembut. Maaf agak narsis ya muji masakan sendiri. Hehe.

Challenge Cerita Tiga Sapi

Challenge Cerita Tiga Sapi

Oiya, kalian yang suka banget sama baking dan jago banget sama food photography, kalian bisa banget ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi yang dilaksanakan pada tanggal 9 - 30 September 2022. 

Foto kalian bisa diposting di Instagram dengan memberikan hashtag #ceritatigasapi yang harus digunakan dalam kompetisi foto. Total hadiah yang diperoleh yaitu 5 juta rupiah!

Jangan lupa follow akun Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan jangan lupa juga follow Facebook Fanpage Tiga Sapi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Challenge Cerita Tiga Sapi, kalian bisa cek di Official Instagram Tiga Sapi. 



Referensi:

https://www.alodokter.com/kenali-macam-macam-mineral-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh

https://www.alodokter.com/ini-fakta-tentang-susu-kental-manis-yang-perlu-anda-tahu

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/susu-evaporasi-pengganti-kental-manis-yang-lebih-sehat

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

36 komentar

  1. Duh, pie susunya bikin ngiler... Vlanya tebel gitu... Kebayang lembut, creamy, dan manisnya...

    BalasHapus
  2. Wah mantap nih, isian pie susunya tebel dan gurih. Biasanya kalau beli, isian vla-nya tipis gitu. Coba ah resepnya...makasiii

    BalasHapus
  3. Akhirnya paham juga apa itu susu evaporasi. Pantesan saja kental ya, karena airnya diuapkan. Untuk resep pie susu, lihat dari fotonya saja sudah kelihatan enak. Entar mau recook dulu resepnya

    BalasHapus
  4. Sepertinya kalau buat pie susu dengan tiga sapi ini aku gak bakal cukup makan sepotong deh. Soalnya liat foto mbak aja udah ngiler abis. Cocok banget buat cemilan sore ya.

    BalasHapus
  5. Kami sekeluarga pecinta pie susu. Biasanya rutin dikirimin keluarga dari Bali
    Tapi yang kecil-kecil gitu pie susunya
    Lihat resep ini kok sepertinya mudah ya
    Kapan-kapan mau coba ah bikin sendiri

    BalasHapus
  6. Daku demen nih kalau takarannya sendok biar gampang kalau mau coba menerapkan hehe

    BalasHapus
  7. Wahh Pie Susunya kelihatan yummy banget mba, aku jadi pengen cobain dehh

    BalasHapus
  8. Pie susu akuuu jugaa sukakk👍 tapi kadang bayangin rempongnya bebikinan trs kotor semua jadi males 🤭.

    Maulah mbaa lita kirim ke akuu 🤩🤩 pie susu nya...
    Pasti endeus pake susu cap tiga sapi (gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Pie susu yang enak itu ya yang lembut dan creamy ya mbak
    Pasti mudah bikin pie susu yang lembut dan creamy dengan susu evaporasi cap tiga sapi ini

    BalasHapus
  10. Mba Litaa cakepp lohh pie susunyaa, aku pernah bikin soalnya dan gagal wkakaka kayaknya aku ga perhatikan apinya deh.. ih jadi pengen nyomoottt

    BalasHapus
  11. Aku dari dulu mikirnya Tiga Sapi itu ya produk kental manis sih, baru tahu kalau mereka punya evaporasi. Dan ternyata cocok banget ya buat aneka masakan dan kue ya hahaha jadi pengen coba, ini pasti hasilnya enak sih soalnya Tiga Sapi udah meyakinkan bangeet rasanya

    BalasHapus
  12. enak banget mbak, aku gak pernah berhasil bikin pie susu huhu.. mau ah nyobain nih ngikutin resepnya hihi

    BalasHapus
  13. Wah kreatif banget sih mba.. ternyata banyak juga ya olahan yang bisa dibuat dari Tiga Sapi.. Jadi kepengen pie susu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih kreatif dan bersemangat lagi buat bikin hindangan ya kak. Malah bisa-bisa bikin jadwal full nih ada menu apa aja

      Hapus
  14. ahhh pengen bikin pie susu gini, harus di oven ya mba? klo di kukus bisa ga sih?

    BalasHapus
  15. Aku terakhir buat pie susu itu waktu habis lahiran deh haahhaa lama banget, baca ini kok jadi pengen buat lagi yaaa

    BalasHapus
  16. Kak Litaa..
    Relate banget sama aku yang gak bisa masak. Kadangkala, suka sedih sama anak-anak yang gak pernah protes kalau Mama masaknya itu lagi, itu lagi.

    Dan seneng banget dapet resep menggunakan bahan yang ada di rumah, Tiga Sapi Susu Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Pie ini kesukaan keluarga. Karena rasanya yang gurih dan gak terlalu manis. Jadi pas banget untuk we time keluarga.

    BalasHapus
  17. Kalau denger pie susu, langsung keinget bali ya. Tapi dulu pernah deh bikin sendiri. Cuma ya gitu, belum berhasil hehe

    BalasHapus
  18. Suka banget sama pie susu. Gampang dan pasti lezat ya resepnya ini.

    BalasHapus
  19. Dari penampakannya sudah pasti enak nih, secara aku juga doyan kue pie. Terima kasih berbagi resep kue favorit aku.

    BalasHapus
  20. pie susunya menggoda sekali mba, coba mau bikin ah dari dulu penasaran bikin pie susu kirain susah ternyata gak terlalu rumit yaa

    BalasHapus
  21. Duh, pie susunya bikin lapar nih pengen ngemil. Sejak tinggal di Bali saya sudah mencoba icip-icip pie susu dengan aneka merek. Namun belum bisa membuatnya sendiri. Pernah bikin sendiri tapi malah gosong. Kayaknya butuh tambahan bahan produk Tiga Sapi ini ya supaya resep pie susu anti gagal, bahkan rasanya juga nikmat.

    BalasHapus
  22. Meski pakai takaran sendok tetap bisa hasilnya bagus dan yang penting enak. Ga butuh timbangan hehe.

    BalasHapus
  23. Duhhh Gusti... aku penggemar pie susu. ini beneran menggoda selera banget. Pasti jadi enak banget sih kalau pake susu evaporasi dari tiga sapi. Pasti jadi cemilan favorit keluarga nih hehehehe

    BalasHapus
  24. Ternyata pie susu itu gak cuma kecil" ya ukurannya.. Kalau bentuk gini mirip sama kue Lontar dr Papua nih.. Hihii,
    Tp apapun bentuknya rasanya pasti enak dan gurih jg ya kalau pakai Tiga Sapi..

    BalasHapus
  25. Sudah lama nggak bikin pie susu teflon. Pakai Susu Tiga Sapi kayaknya rasa pie susunya makin enak ya.

    BalasHapus
  26. Pie Susu aku sukaa yang pinggirannya kering tengahnya tebel berasa susunya emmm yummyy (gusti yeni)

    BalasHapus
  27. udah lama nih gak buat pie susu, saya biasanya trial error aja Mbak kalau buat dan untuk urusan manisnya selalu menyesuaikan lidah aja sih, kebetulan saya gak begitu suka kalau terlalu manis jadi selalunya ngurangin dikit gula dari resep aslinya sebelum direcook, apalagi kalau udah pake SKM juga :D

    BalasHapus
  28. Kebayang enaknya nih... Coba bikin juga ah, mumpung ada stok susu tiga sapi di rumah... Makasih resepnya...

    BalasHapus
  29. Inget pie, inget kenangan saat masih tinggal bersama orangtua.
    Ibuku termasuk yang sering banget bikin jajanan sendiri karena tidak membiasakan anak-anaknya hobi "beli". Jadinya sering banget stock pie susu bikinan sendiri. Setidaknya bikin kulitnya, lalu bisa disimpan dan kalau mau makan, tinggal bikin vla nya.

    Mau cobain resep kreasi Tiga Sapi kak Lita.
    Semoga enak dan anak-anakku suka.

    BalasHapus
  30. pie susu ini termasuk kue favoritku juga, mbak. dulu pernah sih bikin tapi belum pernah lagi sampai sekarang padahal bikinnya gampang aja. jadi pengen bikin lagi euy

    BalasHapus
  31. Aku suka banget nih bikin pie susu. Nanti mau coba ah pakai Tiga Sapi. Aku juga suka pakai topping diatasnya jadi agak berbeda hihi

    BalasHapus
  32. Wuaaa ini isinya tebel banget. Pasti puas makannya kalau tebal begini
    Lebih terasa susu yang lembut pastinya karena pakai tiga sapi

    BalasHapus
  33. Aku suka pie susu. Dulu sering dibawain suami kalo lagi ada job ke Bali. Mm, ntar mau juga nyoba bikin sendiri.

    BalasHapus
  34. Mbak aku kalau bikin pie susu kok mesti vlanya nggak rata yaa. Ada yg lembek ada yg gosong. Kenapa ya mbak?

    BalasHapus
  35. Duh aku udah lama gak bikin menu ini, dulu menu jualanku nih mbak

    BalasHapus

Follower