Manfaatkan IDN Media Untuk Membangun Personal Branding Penulis

No Comments
Assalamualaikum.

Sebenarnya banyak cara membangun personal branding seorang penulis. Mulai share ke media social atau pun sering menulis di media massa. Namun, sebenarnya masih ada cara membangun personal branding penulis yang antimainstream. Yaitu unjuk gigi di IDN Media.

Cara membangun penjenamaan seorang penulis yaitu dengan menulis artikel di IDN Media. Tak hanya menulis non-fiksi, kalian bisa menulis karya fiksi di IDN Media. Tak hanya menulis saja, membangun branding seorang penulis juga bisa dilakukan dengan live streaming di IDN App.

IDN Live_IDN Media


Trend Live Streaming

Saat ini, konten live streaming media-media di Indonesia sudah semakin berkembang. Gen Z di Indonesia lebih menyukai konten live streaming yang memiliki banyak keunggulan. Menurut riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, Gen Z sebagai generasi yang tumbuh di era digital lebih tertarik mengkonsumsi konten dengan format video. Alasannya, informasi dengan format visual lebih mudah diserap dan lebih praktis. Prosentase konten yang berbasis video masih mendominasi pilihan kaum Gen Z sebesar 75%. Sedangkan di posisi terbesar kedua adalah konten live streaming sebesar 13%.

Manfaat Live Streaming Untuk Penulis

Banyak media yang menyediakan fitur live streaming dengan segala keunggulannya. Apa saja manfaatnya live streaming?

Jangkauan pasar lebih luas

Dengan melakukan live streaming yang diadakan suatu media maka secara tidak langsung akan memperluas audiens. Dengan begitu penjenamaan diri lebih luas dikenal. Sebagai seorang penulis, hal tersebut tentu sangat bermanfaat saat akan promosi sebuah karya. Penulis bisa melakukan live streaming dengan memberikan tips menulis ataupun membaca nyaring karya orang lain lewat live streaming.

Berinteraksi secara langsung

Salah satu kelebihan live streaming bagi penulis adalah bisa berinteraksi langsung meski melalui screen-to-screen dengan audiens. Audiens bisa bertanya secara real time dan dijawab saat itu juga.

Biaya marketing murah

Live streaming ini bisa dijadikan suatu strategi marketing seorang penulis untuk membranding diri atau pun dengan promosi karya. Dengan mengadakan live streaming di suatu media tentu tidak memerlukan biaya yang mahal. Kalian hanya butuh modal data seluler internet tanpa harus menghabiskan kuota bergiga-giga, kalian sudah bisa branding diri dan promosi karya kalian sebagai penulis.

Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness)

Live stream merupakan konten yang bisa meningkatkan kesadaran merek atau produk. Penulis yang melakukan live stream dengan membagikan ilmu kepenulisan akan dikenal oleh para penonton sehingga penonton akan mengenal karya penulis tersebut.

Live Streaming di IDN App

IDN App meluncurkan fitur yang membantu para penulis untuk bisa branding diri (para wirausaha juga bisa loh memasarkan produknya) melalui App Live dengan cara live streaming.

Selama live streaming berlangsung, para streamer bisa sangat terhibur karena penonton bisa interaksi langsung lewat kolom chat dan bisa langsung dibalas oleh para streamer. Untuk para penulis bisa banget memanfaatkan fitur ini untuk saling diskusi mengenai suatu karya atau saat berbagi tips trik kepenulisan.

Di IDN Live memiliki berbagai macam tema yang bisa diikuti penonton. Streaming yang dilakukan pun bisa berawal dari yang ringan-ringan. Beberapa streamer melakukan live streaming dengan bermain game bersama, berbagi tips, atau hanya mengobrol saja seperti lagi nongkrong di kafe.

IDN Live_IDN Media


Uniknya, di IDN Live ini ada micro community yang merupakan para penonton streaming yang loyal pada streamer mereka. Salah satu tips agar live streaming kita ditonton banyak orang yaitu dengan berinteraksi lebih sering atau interaksi dua arah yang lebih digemari.

COO IDN Media sendiri memiliki harapan terhadap Live Streaming di IDN Live ke depannya.

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” ungkap William.

Siapkah para penulis ngadain live streaming di IDN Live?

Nah, masalah utama dari para penulis ini adalah kita terbiasa bekerja di balik layar, tidak pernah tampil di depan orang banyak kecuali saat didapuk menjadi pembicara daring ataupun luring tentang kepenulisan. Padahal seorang penulis juga harus pintar branding karya dan dirinya dengan share di berbagai media sosial. Menjadi streamer di IDN live bisa menjadi cara untuk mempromosikan karya penulis maupun penjenamaan diri saja. Agar orang lebih banyak mengenal kita sebagai penulis.

Sudah siapkah teman-teman penulis untuk menjadi streamer di IDN Live?

Yuk, segera daftarkan diri kalian di IDN Live!







Referensi :

https://journal.socialights.id/live-streaming-adalah/
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower