4 Terobosan IDN Media Saat Indonesia Resesi

No Comments
Beberapa bulan ini bisa dikatakan cukup sulit bagi konten kreator sebab resesi ekonomi menyebabkan daya beli masyarakat berkurang. Perusahaan yang menghasilkan produk tersebut terkena dampaknya. Pengurangan brand marketing sebagai bentuk efisiensi biaya yang akhirnya berdampak pada industri media juga kreator konten yang sejatinya mendapat penghasilan dari konten di media sosial.

Tahun 2023 ini diprediksi akan masih menjadi tahun yang sulit. Potensi resesi negara Indonesia tahun 2023 terjadi cukup rendah (3%) dibanding negara lain (survey resesi dari Bloomberg). IDN Media yang mengandalkan media iklan untuk pendapatan perusahaan mencoba mengantisipasi kondisi tersebut karena jelas akan memberikan pengaruh bagi perusahaan.

Namun, IDN Media tetap optimis karena menurut proyeksi ekonomi, Indonesia masih terus berkembang hingga tahun selanjutnya dan tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian.

IDN Media_2023
IDN Media_2023


Pelajaran yang bisa dipetik oleh IDN Media selama setahun terakhir adalah membangun fundamental bisnis yang kuat sehingga mampu menghadapi faktor eksternal yang datang tak terduga dan dapat memengaruhi kondisi perusahaan.

IDN Media melakukan inovasi bisnis atau terobosan dalam mengembangkan sebuah platform yang menghubungkan kreator konten dan brand. Bisnis ini tentu bisa memberikan keuntungan bagi pemilik brand dan kreator konten. Tahun 2023 akan dilalui dengan baik karena kebutuhan marketing dari sebuah brand bisa dipermudah berkat adanya platform dari IDN Media. IDN Media akan terus berinovasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

4 Terobosan IDN Media Saat Indonesia Resesi

Membicarakan bisnis yang dikembangkan oleh IDN Media, beberapa terobosan IDN Media yang dikembangkan ada empat kategori bisnis yaitu platform konten, Digital media, komersial, dan hiburan (entertainment).

Pengembangan platform konten

Platform konten yang menjadi unit bisnis adalah IDN termasuk IDN App yang merupakan aplikasi untuk membuat konten artikel dan juga live streaming.

Visi IDN Media yaitu untuk mengembangkan bisnis live streaming yang menjadi format konten yang disukai generasi milenial karena generasi milenial lebih memilih format konten berbasis video terutama yang memiliki interaksi antar penontonnya.

Menurut hasil penelitian Research Institute (Indonesia Gen-Z Report 2022) posisi kedua pada format konten yang disukai generasi milenial adalah format berbasis streaming. Posisi kedua yaitu format berbasis video.

Itulah mengapa IDN media terus mengembangkan fitur IDN Live untuk live streaming yang bisa diakses di IDN App. Beberapa fitur yang baru diluncurkan IDN Media di awal tahun 2023 ini adalah UGC feature, redemption dan referral.

UGC feature ini memudahkan semua orang untuk menjadi streamer di IDN Live. Daftar dulu ya. Kira-kira dapat cuan nggak? Menjadi streamer di IDN Live juga bisa dapar cuan loh dengan fitur redemption dan referral yang bisa menukarkan poin yang dimiliki dari live streaming.

Pengembangan digital media

IDN Media juga terus mengembangkan bisnisnya di kategori digital media seperti IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia. Digital media tersebut menyediakan berbagai macam artikel atau konten yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya di bidang bisnis tetapi juga parenting, keluarga, pendidikan, berita, gim e-sport, resep memasak, kuliner, dan lain sebagainya.

Sektor komersial, menumbuhkan Ekonomi Kreator

Kategori komersial memang diperuntukkan untuk kerja sama dengan pihak lain seperti IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (Out-of-Home).

Dengan kondisi ekonomi Indonesia yang sulit, IDN Media berupaya untuk menumbuhkan ekonomi kreator dengan menciptakan platform kreator terbsar di Indonesia yaitu ICE atau Indonesia Creator Economy. ICE memiliki visi untuk mendemokratisasi ekonomi kreator di Indonesia melalui teknologi.

Ekonomi kreator atau creators economy merupakan sektor industri yang menggandeng kreator konten untuk mempromosikan barang dan jasa dari suatu brand agar informasinya sampai ke masyarakat luas. Layanan yang dihadirkan pada platform ICE adalah content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Di dalam Website ICE, Brand dan kreator bisa saling berkerja sama untuk membuat konten sesuai dengan keinginan brand. Kalian bisa kunjungi website https://www.ice.id/.

Pengembangan sektor hiburan (Entertainment)

Fokus bisnis tak hanya beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, kategori hiburan juga bagian dari pengembangan bisnis IDN Media yaitu dari IDN Pictures dan JKT48. Kalian pasti tahu banget kan JKT48 yang mengadopsi konsep AKB48 dari Jepang. Sejak awal berdiri hingga tahun 2022, JKT48 berada di bawah naungan Dentsu. Sejak akhir Juni 2022, JKT48 diakuisisi IDN Media. IDN Pictures pun sudah memproduksi beberapa film yang lekat dengan generasi millenial yang tayang di bioskop maupun serial web.

Dari terobosan tersebu, kita tahu bahwa IDN Media tak berhenti menghadirkan berbagai inovasi dan terus berkembang menjadi media yang memberikan sajian informasi atau konten yang bermanfaat untuk masyarakat, khususnya generasi millenial.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower