Beli Obat atau Vitamin Untuk Anak Speech Delay, Amankah?

No Comments
Suatu ketika, ortu saya pernah share produk vitamin yang bisa mengatasi speech delay. Saya sempat kaget ternyata ada juga vitamin untuk anak terlambat bicara. Saya pun coba mencari informasi lewat internet tentang pengalaman anak yang konsumsi vitamin terlambat bicara.

Sebenarnya banyak banget yang mengklaim vitamin-vitamin yang bisa dianggap membuat anak lancar bicara. Saya sih antara percaya dan nggak percaya. Apakah ada teman-teman yang memberikan vitamin terlambat bicara pada anak?

Stimulasi anak speech delay
Stimulasi anak agar lancar bicara (Gambar hanya ilustrasi dari pexels.com)

Ada beberapa yang mengatakan anaknya jadi lancar bicara dalam waktu 2 bulan setelah konsumsi vitamin tertentu. Wah, ini saya tergoda banget mau beli tapi saya telusuri dulu kandungannya. 

Ada juga yang mengatakan anaknya yang usia tiga tahun pun masih belum banyak perkembangan bicaranya meski sudah minum vitamin yang katanya bisa memperlancar bicara. Nah, ternyata memang nggak selalu memiliki hasil yang sama.

Saya pun googling kandungan apa saja sih yang bikin mereka yakin bisa membuat anak lancar bicara. Karena saya takut ya kalau kandungannya ternyata tidak aman untuk anak.

Saya pun juga menelusuri apakah ada obat untuk anak terlambat bicara? Dan apakah aman untuk anak?

Selain harganya yang cukup mahal, saya juga nggak yakin apakah benar-benar efektif membuat anak lancar bicara?

Kandungan pada vitamin yang dianggap bisa mempercepat bicara

Setelah saya telusuri produk vitamin tersebut di Google, beberapa kandungan yang ada dalam vitamin yang diklaim bisa mempercepat bicara adalah:

Pegagan

Daun pegagan, juga dikenal sebagai Centella asiatica, adalah tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya. Daun pegagan mengandung senyawa-senyawa aktif seperti triterpenoid, asiaticoside, dan asam asiatic.

Manfaat daun pegagan untuk anak speech delay
Daun pegagan (sumber: pkht.ipb.ac.id)

Daun pegagan ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak dan kinerja kognitif karena mengandung triterpenoid. Daun pegagan juga dianggap dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf. Daun pegagan juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, meringankan insomnia.

Ikan gabus

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar yang umum ditemui di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan gabus memiliki tubuh panjang, ramping, dan biasanya berwarna coklat atau keabu-abuan. Mereka dikenal memiliki duri keras di punggungnya.

Ikan gabus adalah sumber protein hewani yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Ikan gabus (Sumber Pt. Mega Medica Pharmaceutical)

Seperti halnya banyak ikan air tawar, ikan gabus mengandung asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Ikan gabus juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin D, vitamin B12, selenium, dan fosfor. Asam lemak omega-3 dalam ikan gabus juga penting untuk perkembangan otak dan penglihatan anak-anak.

Gamat emas

Gamat emas, atau juga dikenal sebagai teripang emas, adalah hewan laut yang termasuk dalam kelas Echinodermata dan famili Holothuroidea. Gamat emas memiliki tubuh berbentuk silindris dan terdapat di dasar laut, biasanya hidup di perairan hangat di sekitar terumbu karang.

Gamat emas mengandung protein tinggi, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Gamat emas
Gamat emas (Kumparan Hera Herba)

Gamat emas juga mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf. Gamat emas mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel.

Amankah vitamin lancar bicara?

Kalau ditanya amankah? Mom bisa lihat apakah vitamin tersebut sudah terdaftar BPOM atau nggak. Harusnya vitamin yang terdaftar BPOM itu aman dikonsumsi sesuai dengan dosis penggunaan.

Jika ditanya adakah obat untuk mengatasi speech delay?

Tidak ada obat khusus yang dapat mengatasi speech delay secara langsung. Speech delay biasanya membutuhkan pendekatan holistik yang mencakup terapi bicara, intervensi pendidikan khusus, dan dukungan keluarga. 

Meskipun ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi medis tertentu yang mungkin menjadi faktor penyebab speech delay, seperti gangguan pendengaran, gangguan perkembangan, atau masalah kesehatan mental, penggunaan obat-obatan tersebut harus selalu diarahkan oleh dokter atau profesional medis yang berkualifikasi.

Penting untuk dicatat bahwa speech delay dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda, termasuk faktor genetik, gangguan pendengaran, gangguan perkembangan, gangguan spektrum autisme, gangguan motorik, serta faktor lingkungan dan kebiasaan. 

Oleh karena itu, penanganan speech delay harus disesuaikan dengan kebutuhan individu anak, dan seringkali melibatkan tim multidisiplin yang terdiri dari dokter anak, terapis bicara, terapis perilaku, psikolog, dan profesional kesehatan lainnya.

Jika Mom memiliki kekhawatiran tentang perkembangan bicara anak, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau spesialis perkembangan anak untuk evaluasi yang tepat dan rekomendasi perawatan yang sesuai. 

Semakin cepat masalah speech delay diidentifikasi dan diberikan intervensi yang sesuai, semakin baik peluang perkembangan anak tersebut.

Apakah anak saya minum vitamin lancar bicara?

Setelah melihat semua kandungan vitamin yang diklaim bisa membuat anak lancar bicara, saya sendiri yakin bahwa sebenarnya bukan vitamin yang bisa membantu anak lancar bicara tapi stimulasi.

Stimulasi anak cepat bicara
Stimulasi anak terlambat bicara

Tapi kalau Mom mau memberikan obat atau vitamin lancar bicara ke anak, silakan saja ya Mom. Asalkan Mom sudah konsultasi ke dokter. Untuk vitamin Mom bisa baca dosis penggunaan.

Setelah saya telusuri kandungan produk vitamin lancar bicara yang dijual dan membaca website yang bertanya pada dokter itu, saya sampai sekarang belum membeli vitamin lancar bicara.

Di website tersebut dokter mengatakan yang paling berpengaruh sebenarnya bukan vitaminnya tapi stimulasinya karena kalau cuma dikasih vitamin tanpa stimulasi itu sama saja. Nggak ada hasilnya.

Saya pun semakin yakin dengan jawaban dokter tersebut. Saya tidak memberikan vitamin apa pun untuk anak saya, saya lakukan stimulasi saja di rumah dan berdoa. Saya melakukan cara untuk melatih fokus anak sebagai salah satu stimulasi cepat bicara dan saya juga melakukan permainan agar anak cepat bicara. Alhamdulillah di usianya 2 tahun 5 bulan anak sudah mulai menunjukkan perkembangan bicara yang pesat. Dia juga bisa mengucapkan satu kalimat dengan 3 kata.

MasyaAllah...

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower