Cara Memilih Mitra Bisnis Kuliner yang Terpercaya

1 comment
Berbisnis adalah pekerjaan yang menyenangkan karena teman-teman bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak daripada saat jadi pekerja kantoran. 

Apalagi bisnis kuliner bisa menyajikan keuntungan antara 50% hingga 100%, karena memang peminatnya banyak. Jika kalian adalah seorang pemula dalam hal bisnis, maka tak perlu pusing ingin mencari resep dan jualan apa, karena bisa mencari mitra bisnis kuliner alias waralaba.

Mitra Bisnis Kuliner

Cara Memilih Mitra Bisnis Kuliner yang Terpercaya

Franchise alias waralaba sudah booming sejak beberapa tahun lalu karena ada banyak keuntungan. Pertama, namanya sudah cukup terkenal sehingga brandingnya bagus di masyarakat. Kedua, ada beberapa pilihan paket waralaba dan bisa disesuaikan dengan budget teman-teman. Berikut ini cara memilih mitra bisnis di bidang kuliner agar usaha ini berhasil:

1. Popularitas

Jika ingin cepat dapat cuan maka pilih mitra bisnis kuliner yang sudah terkenal. Memang harganya cukup tinggi, tetapi keuntungannya adalah masyarakat sudah familiar dengan merek tersebut. Sehingga mereka percaya bahwa makanan atau minumannya enak.

Dengan franchise yang terkenal maka kalian tinggal meningkatkan penjualan, misalnya dengan melakukan promosi beli dua gratis satu, di satu bulan pertama. Selain itu, lakukan manajemen yang baik, seperti memeriksa stok bahan baku dan mencatat pengeluaran sekecil apapun, agar bisnisnya langgeng.

2. Riset Pasar

Sebelum memutuskan untuk membeli hak franchise maka lakukan riset pasar terlebih dahulu. Produk apa yang disukai oleh masyarakat? Caranya cukup mudah, buka aplikasi pengantaran makanan lalu lihat berapa bintang (skor) yang diberi oleh pelanggan. Makin banyak bintangnya tentu makin enak.

Dengan begitu, maka Anda bisa ‘membaca’ selera dari orang-orang yang ada di kota Anda. Misalnya mereka ternyata suka makanan pedas, maka belilah waralaba mie pedas. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pelanggan karena memang banyak yang suka sensasi makanan pedas.

3. Apa Makanan atau Minuman yang Anda Sukai?

Seringkali memulai bisnis dimulai dari hal yang disukai. Saat akan mencari mitra bisnis kuliner maka carilah makanan atau minuman yang memang jadi favorit. 

Jadi ketika belum mendapatkan karyawan, maka kalian dengan senang hati memasak makanan atau menyiapkan minuman itu kepada para pelanggan. Berbisnis yang dimulai dari cinta akan membawa cuan yang banyak, karena memang dilakukan dengan sepenuh hati.

4. Selidiki sang Mitra

Lantas apakah kalian sudah riset juga mengenai mitra alias waralaba? Sebaiknya pilih yang memiliki image baik di masyarakat. Karena jika ia kena satu kasus saja maka namanya akan tercoreng dan warga akan malas untuk membelinya lagi. Cara untuk riset sangat mudah karena tinggal bermodal Google, keluarlah semua berita mengenai franchise tersebut. Jika yang keluar dalah berita positif maka lanjutkan kerjasamanya.

5. Distribusi Bahan Baku

Jika ingin berbisnis franchise maka seringkali bahan baku (misalnya kopi bubuk, krim, dll) juga diberikan oleh mitra, karena mereka memiliki standar tersendiri. Akan tetapi, lihat dulu apakah distribusinya lancar? Jangan sampai ternyata bahan baku dipasok dari luar kota sehingga kalian harus menunggu terlalu lama saat akan buka lapak, lantas pelanggan jadi kabur.

Kesimpulan

Saat akan memilih mitra bisnis kuliner jangan sembarangan karena jika asal-asalan, uang jutaan rupiah bisa melayang. Pilih franchise yang memang sudah punya nama dan citranya positif, alias tak ada kasus yang mengehebohkan masyarakat. Selain itu, pilih waralaba yang memang Anda suka untuk mengkonsumsinya, dan distribusi bahan baku juga lancar. Selamat berbisnis waralaba dan semoga laris-manis.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. memilih mitra bisnis ini memang sangat menguntungkan dari segi penjual dan pemodal, tinggal kita yang harus pinter memilih karena sekarang bisnis franchise kian banyak.

    BalasHapus

Follower