Jago Desain Grafis? Ini Kesempatanmu Mengunggulkan Karya Terbaikmu!

No Comments
Salah satu kemampuan yang sebenarnya bernilai mahal sampai saat ini adalah skill desain. Dalam hal apapun, desain adalah kemampuan yang tidak semudah asal gambar atau asal menata obyek. 

Desain bukan hanya soal maksud dan fungsi, tak jarang beberapa desainer menyematkan nilai, cerita, dan makna dari gambar yang mereka buat. Belum lagi kalau menggunakan software, tingkat kesulitannya bisa menjadi lebih tinggi. 

Maka tidak heran kalau membayar jasa desainer – apapun produk desain yang dihasilkan – pasti relatif mahal. Bukan hanya membayar produk karyanya, tetapi juga membayar waktu selama mereka belajar, berlatih, serta “sewa” alat yang digunakan.


Kendati demikian, tidak sedikit orang yang tertarik belajar desain grafis. Kesempatan untuk mendapatkan uang dari skill ini masih terbilang banyak karena permintaan di pasar akan tenaga ahli gambar juga masih melimpah. 

Toh, produk akhir dari hasil desain itu bermacam-macam dan dapat sangat bergantung kepada permintaan klien. Belum lagi ketika kita membicarakan soal makna, cerita, atau sejarah dari klien yang akan dituangkan dalam bentuk grafis. Hasilnya bisa semakin spesifik, epic, dan tentu saja berdampak ke harga.


Kalau kamu merasa kamu suntuk dengan pekerjaan desain dari klien, mungkin tidak ada salahnya kamu mencoba mencari alternatif pendapatan lain. 

Alternatif ini bukan hanya bisa mendatangkan pendapatan dalam bentuk uang tunai, tetapi juga exposure karya dan menjaring klien baru. “Wah, boleh juga. Emang, caranya kayak gimana?” Caranya adalah dengan mengikuti kompetisi di bidangmu.


Pas banget, saat ini lagi ada kompetisi di bidang desain grafis yang bisa kamu ikuti. Penyelenggaranya juga nggak kaleng-kaleng, di mana kompetisi ini adalah kerja sama antara patreon KaryaKarsa x Indomie. 

Lomba desain grafis KaryaKarsa

Yap, kamu nggak salah baca. Memang Indomie sedang menyelenggarakan kompetisi dengan tajuk 50 Tahun Indomie. Produk yang lekat dengan keseharian ini sudah berusia setengah abad loh. Tidak terasa, ya.


Selama ini, Indomie telah hadir dalam keseharian masyarakat Indonesia. Tak jarang, produk mereka juga menyemarakkan momen-momen dalam hidup kita. 

Mungkin kamu ingat ketika makan Indomie sembari menyelesaikan project klien, atau ketika kamu sedang makrab dengan teman-teman, atau mungkin sekedar kamu kelaparan di tengah malam? Diingat-ingat lagi Indomie memang punya kesan tersendiri, ya.


Dalam kompetisi ini, kreator dari berbagai bidang khususnya karya dua dimensi diundang untuk berbagai kenangan mereka bersama Indomie yang kemudian dituangkan dalam masing-masing karya. 

Oh iya, kompetisi #CeritadanRasaIndomie ini tidak hanya bisa diikuti oleh para desainer grafis karena ada beberapa kategori yang disediakan. 

Penulis, fotografer, bahkan komikus dan pencipta webtoon dipersilakan untuk bergabung dalam kompetisi ini. Jangan khawatir, setiap bentuk karya ada kategorinya masing-masing kok.


Namanya kompetisi pasti ada yang diperebutkan. Kembali pada tujuan awal bahwa ini adalah cara untuk mendapatkan alternatif pendapatan, kamu – dan ratusan mungkin ribuan peserta kompetisi lainnya – akan memperebutkan hadiah yang spektakuler. Indomie sudah menyiapkan hadiah yang relatif besar. 

Kenapa? Bahkan ketika kamu berhasil masuk sebagai 50 kreator dengan karya favorit, kamu berkesempatan mendapatkan uang tunai Rp1 juta. Hadiah ini belum termasuk dengan hadiah utama. 

Nantinya, dari 50 karya terfavorit akan dipilih 3 karya yang paling baik. Tiga karya ini akan memperebutkan hadiah gadget yang jadi incaran kawula muda sekarang: mulai dari iPhone 13, laptop berupa MacBook tipe Pro M1, hingga iPad Air.


Kalau kamu tertarik, simak ulasan garis besar kompetisi ini ya. Untuk pengumpulan karya sebenarnya sudah dimulai sejak 30 Mei 2022 silam. Tanggal terakhir untuk masa ini adalah di tanggal 31 Juli 2022. 

Nah, dalam masa itu kamu tidak hanya memiliki tugas untuk membuat dan mengumpulkan karya, tetapi juga mempromosikan karyamu di media sosial agar mendapatkan like sebanyak mungkin. 

Jangan khawatir, karya yang kamu unggah di media sosial nanti harus memberi tag dan mention ke akun @karyakarsa_id dan @indomie agar dibantu untuk repost sehingga bisa dilihat lebih banyak orang dan berkesempatan lebih besar mendapatkan like.


Oh iya, pengunggahan di media sosial ini baru bisa dilakukan kalau kamu sudah mengunggah karyamu di patreon KaryaKarsa ya. 

Kompetisi ini bukan sekadar milik Indomie, ya, tetapi juga merupakan lomba KaryaKarsa. Caranya tidak sulit, kamu cukup membuat akun kreator di platform ini, memverifikasi profil akun, lalu setelah itu mengunggah karyamu. Jangan lupa sematkan tagar #CeritadanRasaIndomie pada judul karya yang mau dilombakan, ya. 

Hal ini bertujuan untuk mempermudah penyelenggara dan para juri dalam mengakses karya yang termasuk dalam karya yang dilombakan.


Setelah terkumpul, nanti akan dilakukan penilaian dengan puncaknya di tanggal 4 Agustus 2022 dan pengumuman pemenang di tanggal 8 Agustus 2022. 

Kalau kamu diumumkan sebagai salah satu pemenang dalam kompetisi ini, kamu akan dihubungi pihak penyelenggara untuk dimintai data diri lengkap sehingga mereka bisa mengirimkan hadiahmu. 

Pengiriman hadiah ini nanti juga bersamaan dengan peluncuran buku yang memuat 50 karya terbaik dari peserta lomba KaryaKarsa dengan Indomie ini.


Mumpung masih masa pengumpulan karya, yuk segera persiapkan karyamu dan unggah sesuai cara yang sudah disebutkan. Masih bingung dengan penjelasan ini? 

Kamu bisa membaca detil kompetisi ini dengan mengakses tautan https://karyakarsa.com/indomie. Sudah paham dengan penjelasan ini? Jangan buang waktumu, ayo segera unggah karyamu!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower