6 Penyebab Keputihan yang Wajib Diwaspadai

No Comments
Hai teman-teman, pernahkah merasa enggak nyaman dan berasa ‘becek’ di area kewanitaan? Ternyata penyebabnya adalah keputihan! Ada banyak penyebab keputihan dan salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan di area kewanitaan. Keputihan menjadi berbahaya jika terasa gatal bahkan beraroma kurang sedap, dan segera periksa ke dokter jika kondisinya seperti ini.

Penyebab keputihan

Penyebab Keputihan

Kalau keputihan rasanya enggak enak banget karena kurang nyaman. Teman-teman wajib menjaga kebersihan tubuh agar tidak keputihan, dan berikut ini beberapa cara agar tidak keputihan lagi. Kita pun lebih bebas beraktivitas.

1. Memakai CD yang Terlalu Kecil dan Ketat

CD alias dalaman yang kecil memang terlihat cute tetapi malah berbahaya. Saking kecil dan ketatnya, akan menekan di area sekitar kewanitaan dan akhirnya kulit di bagian sana tidak bisa mengeluarkan keringat dengan bebas. Akibatnya jadi terlalu panas, lembab, dan bisa mengundang jamur dan bakteri. Keputihan pun terjadi dan enggak enak banget! Sebaiknya teman-teman memilih CD yang berbahan katun dan ukurannya tidak terlalu ketat.

2. Area Kewanitaan Kurang Terjaga Kebersihannya

Penyebab keputihan yang selanjutnya adalah kurangnya kebersihan di area kewanitaan. Menjaga kebersihan area kewanitaan adalah suatu kewajiban. Jangan hanya dibersihkan saat mandi, tetapi wajib dipastikan kebersihannya minimal 4-5 kali sehari.

Pastikan air pembasuhnya juga bersih, jadi sering-sering membersihkan bak mandi. Setelah pipis juga wajib dibersihkan dengan seksama lalu dikeringkan dengan handuk yang lembut. Selain itu, ganti CD minimal sehari 2 kali agar tetap bersih dan bebas dari bakteri nakal penyebab keputihan.

3. Terlalu Sering Pakai Celana Jeans Model Pensil atau Baju/Bawahan Ketat

Baju atau celana yang terlalu ketat juga bisa menekan area kewanitaan. Akibatnya muncul keringat yang mengumpul di area sana dan jika kondisinya kotor, akan memicu keputihan, karena ada bakteri. Mengenakan celana jeans model pensil atau rok span memang membuat teman-teman terlihat makin modis, tetapi jangan setiap hari. Karena akan memicu timbulnya keputihan dan pasti rasanya enggak enak banget, kan?

4. Alergi Sabun dan Pembalut

Alergi juga bisa jadi penyebab keputihan, pastikan teman-teman menggunakan sabun yang lembut. Bisa membasuh bagian miss V dengan sabun khusus kewanitaan, apalagi jika sedang menstruasi. Pilih sabun yang tepat dan tidak menimbulkan gatal-gatal maupun alergi.

Selain itu, kesalahan dalam mengenakan pembalut merk tertentu juga bisa memicu keputihan. Pilih pembalut yang pas, yang bisa menyerap darah menstruasi dengan cepat tetapi permukaannya lembut. Jangan ragu memilih pembalut merk tertentu yang sudah cocok, walau harganya agak mahal.

5. Penggunaan Sabun yang Kurang Tepat

Untuk membersihkan area kewanitaan, jangan memakai sabun mandi biasa. Namun pakai sabun yang memang khusus digunakan untuk bagian itu. Pilih yang mengandung ekstrak sirih karena bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan. Jika dibasuh dengan air biasa saja takutnya malah kurang bersih.

6. Stress

Stress juga bisa menyebabkan keputihan sehingga hindari tekanan pikiran yang berlebihan. Jika ada waktu, kesempatan, dan uang, maka teman-teman bisa berlibur sejenak untuk menghalau penat. Tidak usah jauh-jauh, cukup ke taman kota atau sekadar melihat permukaan danau yang jernih.

Ada beberapa penyebab keputihan seperti stress, memakai baju atau celana ketat, dan kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Teman-teman bisa menghindari keputihan dengan rajin ganti CD dan berusaha rileks agar tidak stress. Jangan lupa rutin minum air putih dan makan buah serta sayur.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Follower