Corndog Lumer, Kreasi KRAFT Quick Melt Simpel Bikin Family Time Berkualitas

21 comments
Setelah menjalani hari-hari yang melelahkan di hari biasa, akhir pekan adalah waktu yang tepat bagiku dan keluarga untuk bersantai dan merefresh pikiran dengan bersantai di rumah atau pergi ke suatu tempat.

Anakku biasanya meminta diantarkan pergi ke track BMX. Bukan untuk bermain BMX sih. Main sepeda biasa. Kadang anakku ngajak pergi jalan-jalan. Aku dan suami sendiri jarang pergi ke Mall kalau tidak ada keperluan untuk membeli sesuatu.

Dan kalau di rumah saja, mereka akan menghabiskan waktu bermain dan tidur siang yang lama. Bisa dikatakan akhir pekan kami kurang berkualitas. Aku sendiri menikmati akhir pekan bersantai-santai. Tidak masak terlalu pagi. Dan hal-hal malas lainnya. Sampai-sampai suami meminta memberikan aktivitas yang bermanfaat untuk anak-anak selama di rumah. Apa sajakah itu?



Beberapa hal yang bisa dilakukan anak-anak saat akhir pekan di rumah

Meskipun mamaknya leye-leye di akhir pekan, jangan sampai akhir pekan anak-anak jadi tidak produktif yaa. Nah, ini aku ada beberapa ide kegiatan yang biasa dilakukan saat akhir pekan. Ide itu adalah:


Mewarnai

Kegiatan ini membuat anak-anakku anteng. Mereka akan tahan lama di depan kertas gambar untuk mewarnai. Biasanya mereka akan meminta contoh gambar yang ada di Google terus mereka akan memintaku untuk menggambar. Kemudian mereka warnai. 

Kadang aku ketawa sendiri melihat gambar yang aku buat hasilnya jelek. Tapi bagi mereka sangat Wah. 

Sejelek-jeleknya gambar yang dibuat orang tuanya, tetap mewah di mata anaknya. :D

Mengerjakan buku aktivitas

Salah satu kegiatan bermanfaat lainnya saat akhir pekan adalah mengerjakan buku aktivitas. 

Biasanya aku memang membeli buku aktivitas untuk anak usia PAUD dan TK di toko buku. Di dalamnya ada kegiatan belajar mewarnai, membaca dan menulis.

Bermain wayang

Aktivitas ini adalah kesukaan anakku yang pertama di malam hari. Dia menganggap bermain wayang adalah sesuatu yang menyenangkan. Sebelum bermain wayang, dia akan memintaku untuk membuat wayang mainan dari tutup kota mika yang dipasang sumpit kemudian diisolasi. 

Di kamar dia akan meminta memasang seprei yang digantung dan mematikan lampu. Kemudian menyalakan senter dari hape. Dia akan bercerita sesuka dia. Aku dan adiknya diwajibkan menonton. Melihat wajahnya saat memainkan ini, dia sangat senang dan antusias. 

Permainan sederhana yang membuat dia merasa tidak bosan di rumah. Meskipun setelah itu, ibunya harus beres-beres. Hehe.

Bermain rumah-rumahan

Permainan ini juga biasa dilakukan Raceqy dan adiknya. Mereka akan menggunakan selimut dan menjepitnya di antara dua kursi. Kemudian memberinya bantal di bagian pinggirnya. Jadilah rumah-rumahan ala ala yang lebih terlihat seperti tenda.

Bermain peran ini sangat menyenangkan buat mereka. Tak hanya bermain rumah-rumahan, mereka juga bermain masak-masakan dari mainan baloknya. 

Kalau sudah bermain masak-masakan ini, mereka pasti meminjam alat masakku seperti piring, sutil, gelas, dan mangkok. Sampai-sampai pas ibunya mau masak, sutil hilang semua.

Memasak bersama

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan dan menjadikannya lebih bermakna. Salah satu yang aku lakukan adalah memasak bersama anak-anak.

Menu masakan yang biasa kumasak bersama anak sih yang mudah saja seperti cookies, dan cupcakes. Dan dua anakku sangat antusias ketika aku memasak kue untuk mereka. Selain mengurangi jajan di luar, juga untuk menyediakan kudapan sehat di rumah.

Pemilihan Menu Simpel Anti Gagal

Aktivitas memasak bersama anak-anak memerlukan menu simpel anti gagal yang enak dan disukai anak-anak. Pernah suatu waktu aku membuat donat, saat membuat adonan, anakku mencampurkan air ke dalam adonan. 

Alhasil, aku harus menambahkan tepung lagi dan berakhir donatku mengeras karena kebanyakan tepung. Saat itu aku nggak tahu berapa jumlah air yang dimasukkan. Jadi ya pakai ilmu kira-kira saja. wkwkwkwk.

Besok-besoknya setiap aku akan membuat kue dengan resep yang agak njelimet, aku akan memberitahunya untuk tidak memasukkan apa pun sebelum permintaan dariku.

Saat akhir pekan, aku memutuskan membuat Corndog Lumer dari resep yang kulihat di Youtube sih gampang banget. Alasannya resep Corndog Lumer ini lebih gampang prosesnya dan lebih gampang mencari bahannya. Dan kebetulan aku sudah punya bahan-bahannya di rumah.

Agar Corndog lumer saat diolah, aku memakai keju KRAFT Quick Melt. Kelebihan keju KRAFT Quick Melt ini adalah kejunya cepat leleh hanya dalam 3 menit bertekstur sempurna alias lelehnya sempurna, tidak terlalu cair dan tidak terlalu encer, terus memiliki rasa lezat dan gurih keju yang khas.

Keseruan saat memasak Corndog Lumer bersama Anak-Anak

Memasak bersama anak-anak selalu menghadirkan keseruan dan keramaian di setiap prosesnya. Apa saja keseruan yang terjadi antara aku dan anakku saat membuat Corndog Lumer keju KRAFT Quick Melt.

Dua anakku nggak sabar banget saat aduk adonan. Kayaknya adonan seperti mainan dough yang bisa dibentuk-bentuk gitu. 

Dia sekuat tenaga mengaduk adonan dengan sendok plastik. Jelas saja kesusahan. Wong bahannya beda. 

Belum lagi tepung roti tumpah kesana kemari saat melumuri keju dan sosis yang sudah dibalut dengan adonan tepung dengan tepung roti. Seru banget lah! Rumah jadi heboh banget. Wkwkwk.

Resep Corndog Lumer bersama anak-anak

Resep Corndog KRAFT Quick Melt


Bahan-bahan

170 ml air hangat

1 sdt ragi instan

2 sdm gula pasir

20 sdm / 1,5 cup / 200 gr tepung

1 sdt garam

Sosis dan Keju Kraft Quick Melt secukupnya

Tepung roti secukupnya

Tusuk sate


Cara Membuat:

1. Potong sosis dan keju menjadi kotak-kotak. Karena aku belum berani menyerahkan pisau kepada anak-anak. Untuk potong sosis dan keju ini aku sendiri yang melakukannya.

2. Aduk air hangat dan ragi instan. Ini aku meminta Raceqy untuk mengaduk air hangat dan ragi instan.

3. Campur tepung terigu, garam, gula pasir. Kemudian masukkan campuran air hangat dan ragi instan. Aduk sampai rata.

Raceqy dan Ghalib suka banget mengaduk adonan. Jadi aku menyerahkan kepada mereka untuk urusan aduk adonan ini. Ketika mulai tercampur ternyata adonannya semakin susah diaduk. Mungkin karena efek ragi instannya ya.

4. Tusuk sosis kemudian keju sampai habis. Raceqy dan Ghalib sangat semangat sekali menusukkan sosis dan keju meskipun kadang meleyot kesana kemari. Hehe. Kadang aku bantu juga merapikan.

5. Oleskan adonan tepung ke dalam tusuk sate. Nah, di sini, si kakak dan adik mulai diuji kesabarannya. Haha. Dia kaget karena potongan keju keju quick melt lepas dari tusuknya. Aku bilang ya seperti itu. Jadi sabar saja.

6. Goreng corndog pada minyak sudah panas. Apinya jangan terlalu besar ya. Dan jangan terlalu lama di dalam minyak karena nanti keju Kraft quick melt bisa keluar dari kulitnya alias bocor. Hehe. Cukup sekitar 2 menit saja digoreng. Karena keju KRAFT Quick Melt ini cepat leleh dalam waktu 3 menit.

7. Sajikan saat dingin.


Menikmati kudapan Corndog Lumer Kraft Quick Melt

Well, bisa dibilang anak-anak tidak sabar untuk mencoba Corndog yang sudah dibuat bersama. Alhasil, aku harus menyimpannya sebagian untuk kudapan dia dibawa ke sekolah dan untuk dicicipi ayah dan ibunya.

Saat aku mencoba membuat Corndog Lumer pakai KRAFT Quick Melt, rasa kejunya benar-benar nendang!

Bener-bener menu simpel anti gagal di akhir pekan.

Resep Corndog Lumer


Setelah memasak Corndog Lumer, Ini Manfaat Memasak Bersama Anak!

Meskipun menu yang dibuat sangatlah sederhana, ternyata manfaat memasak bersama anak cukup banyak. Ini beberapa manfaat yang diperoleh saat proses membuat Corndog bersama anak-anak.

1. Membangun kebersamaan

Dengan adanya kegiatan memasak bersama anak ini akan membangun kebersamaan dan kenangan di masa kecil anak. Harapannya, anak akan ingat betapa menyenangkannya membuat kue bersama ibu. Meskipun anakku kebanyakan laki-laki, tapi aku tidak masalah kalau dia jago membuat kue. 

2. Melatih kesabaran anak

Saat mengaduk adonan, anak akan dilatih kesabarannya untuk mengaduk adonan yang agak keras. Ibunya juga sih :)

Saat memasukkan keju dan sosis ke tusukan pun perlu kesabaran karena kalau tidak sabar akan membuat sosis dan kejunya jadi tidak rapi.

3. Melatih motorik

Motorik anak akan terlatih dengan melakukan kegiatan dalam memasak. Otot dan syaraf anak akan terbiasa melakukan hal-hal gerakan tangan. Efeknya sih, anak mungkin akan lebih mudah dalam belajar menulis. Atau pun melakukan kegiatan lain yang menggunakan tangan.  

4. Melatih kepemimpinan

Anak pertamaku secara tidak langsung mengeluarkan instruksi kepada adiknya agar adonannya tercampur.  

5. Melatih dalam membuat keputusan

Anak akan berpikir apakah perlu menambah air atau tidak meskipun dia harus ijin dulu kepada ibunya. Karena dia tahu kalau salah-salah takaran akan membuat kue gagal jadi. Eh, tapi Corndog Lumer ini jadi menu simpel anti gagal sih karena keju KRAFT memang mudah leleh. Jadi nggak perlu khawatir ya Mom. Hehe..

6. Berani mengemukakan pendapat

Di saat adonannya membuatnya kesulitan untuk mengaduk, Raceqy mengemukakan pendapatnya untuk menambah air saja. Aku yang nggak pakai timbangan mesti mikir dua kali untuk menambah air. Takutnya gagal dong. Pada akhirnya aku menambahkan air karena kupikir yah cuma sedikit lah.

7. Menstimulasi sensorik

Saat anak melapisi keju dan sosis dengan adonan atau melumuri corndog dengan tepung roti, kegiatan itu menstimulasi sensoriknya. Anak akan belajar mengenal tekstur dari adonan ataupun dari tepung roti.

8. Melatih keterampilan anak

Dengan memasak bersama anak, keterampilan anak akan terlatih. Bagaimana membuat adonan yang tercampur rata, membuat tusuk keju dan sosis dengan rapi maupun meratakan tepung roti ke seluruh adonan.

9. Menambah pengetahuan anak

Pengetahuan anak akan bertambah dalam hal mengenal adonan, jenis bahan masakan, bahkan jenis-jenis keju yang bisa lumer atau tidak. Anak juga tahu apakah adonan kebanyakan air atau kekurangan air.

10. Lebih semangat

Anak menjadi lebih semangat dalam menjalani hari. Iya. Setiap bangun tidur dia akan mencari kue bikinannya. Saat membawa kudapan ke sekolah, dia akan meminta membawa kue yang dia bikin ke sekolah. 

Bagaimana Akhir Pekan Kalian?

Itulah aktivitas akhir pekanku di rumah bersama anak-anak. Tidak ada waktu yang sia-sia karena kami menanfaatkannya untuk memasak berasama.

Menu simpel anti gagal ini benar-benar menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan dan menjadikannya lebih bermakna. Gimana akhir pekan kalian bersama anak-anak? Yuk, ikutan keseruan saat memasak kreasi menu KRAFT Quick Melt.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

21 komentar

  1. Dari momen masak bersama banyak hal tercipta ya, makanan yang dihidangkan penuh cinta, serta kerekatan yang terjalin satu sama lain makin tercipta

    BalasHapus
  2. Corn Dog, isi keju enak banget pasti. Resep membuat corn dog, sangat mudah untuk diaplikasikan di rumah. Oke saya mau coba

    BalasHapus
  3. Anak-anak suka banget jajan corndog ini apalagi kalau diajakin ke pasar malem sambil naik odong2. Lama2 tekor juga soalnya harganya juga lumayan. Ternyata bikin sendiri gampang yah, mau bikin juga ah mumpung masih punya Kraft Quick Melt.

    BalasHapus
  4. Corn Dog ini snack kesukaan ponakanku mba, apalagi diisi keju trus dicocol pakai saos tomat, auto doyan mereka, bahkan kadang dipakai sebagai lauk makan siang peneman nasi

    BalasHapus
  5. Ini jajanan yang pernah aku coba dan ngga pengen balik beli lagiii wkwkwk karena keras dan kejunya ngga seenak ini kayaknya. huhu jadi pengem bikin sendiri pake keju kraft ajaa

    BalasHapus
  6. Memasak bersama buah hati sangat menyenangkan meski egeknya kotor dimana2. Dulu waktu anak2 masih balita sukaa masak2 bebikinan acak kadul rumah pokoknya. Nah olahan keju tuh paling simple (gusti yeni)

    BalasHapus
  7. Corn dog ini memang udah jadi makanan wajib anak zaman now. Anak-anak di rumah gak pernah puas makan corn dog. Selalu mau lagi dan lagi. Apalagi kalo udah pake keju kraft lumer. Pas dimakan, sambil narik-narik keju yang meleleh. Waaah dicocol sama mayonaise tambah seru..

    BalasHapus
  8. Wah aku adopsi resepnya mbak. Aku tuh pengen biki corndog sendiri tapi kok mau ngulen tepung2an kok ya males hahaha ternyata simple ya mau recook ah diakhir lekan nanti

    BalasHapus
  9. Aku suka jajan corndog, baca postingan ini jadi pengen bikin aja, bikinnya simpel apalagi kalau kejunya keju Kraft, pasti lebih nikmat...

    BalasHapus
  10. duh siapa yang gak tergoda sama nikmatnya hidangan pakai kraft :) kaya udah selalu menemani dari generasi ke generasi ya hihi :)

    BalasHapus
  11. Sejujurnya ya..pas lagi viral-viralnya nih, Corndog pas zaman drama Korea Nam Do San sama Han Ji Pyeong, rasanya setiap corndog yang aku temui, kudu dicobain.
    Ternyata kini, dengan panduan resep di blog kak Litha, membuat corndog, makanan viral khas Korea ini tetap bisa nikmaatt terutama di bagian kejunya yang menggunakan Kraft Quick Melt.

    BalasHapus
  12. Semua bahan ada sebenernya di rumah tapi biasanya aku gofood aja hahaha... tapi simple ya ternyata cara bikinnya? Kapan2 harus cobaa!

    BalasHapus
  13. Serunya bisa bikin corndog kraft bareng buah hati ya kak. Nggak sabar rasanya nunggu anakku besar. Biar bisa masak berbagai menu juga dengan dia nantinya. Hehe

    BalasHapus
  14. Yang aku suka dari Kraft Quick Melt ini, bisa dijadikan apa aja. Jadi isian roti, brulee bomb, topping nasi goreng, cah brokoli juga bisa. Kerennya lagi, lelehnya tuh cepet, cuma 3 menit 😍

    BalasHapus
  15. Biasanya di keluarga hobi masaknya bareng kakak, eh tapi sudah pisah kota. Jadi, kangen masak-masak bareng lagi..

    BalasHapus
  16. Wah main wayang jadi inget serial Upin Ipin, pakai sprei dan senter. Kayae seru yaaa. Apalagi masak bareng, eh mereka betah ya di dapur mana bikin corndog mesti telaten nguleni tepung nya...

    BalasHapus
  17. Seru banget ya kegiatan bareng anak-anak, apalagi masak-masak, soalnya endingnya makan hahaha

    BalasHapus
  18. Seru bangeeett masak bareng anak.. dan aku sebagai orang yang suka masak cemilan, corndog ini layak dicoba ya, simpel banget soalnya. Makasi sharingnya, mbaa

    BalasHapus
  19. Ku kira corndog itu jajanan apa, ternyata street food yang yerbuat dari tepung, sosis dan keju. Lumayan mengenyangkan fan rasanya juga yummy

    BalasHapus
  20. menu dengan bahan keju memagn selalu jadi favorit anak-anak ya, mbak. saya jadi pengen nyoba juga nih bikin corndog

    BalasHapus
  21. Seru banget aktivitas akhir pekannya yah. Kasih tips buat jomblo mbak biar hari minggunya ga rebahan aja hehe...

    BalasHapus

Follower