Kehadiran Aplikasi Audiobook Storytel di Indonesia yang Memberi Semangat

46 comments
Di luar negeri, pendengar buku audio atau Audiobook sudah cukup banyak. Apalagi perempuan yang menggunakan Audiobook cukup banyak di luar negeri karena mereka mendengar Audiobook sambil melakukan pekerjaan lain, seperti memasak, saat sedang di transportasi umum, atau melakukan pekerjaan lain. Informasi itu saya tahu saat saya mengikuti sesi roundtable yang menjelaskan perkembangan Audiobook di berbagai negara.

Sejarah Audiobook pertama kali direkam oleh Thomas Edison tahun 1878 semenjak fonograf (mesin perekam suara) ditemukan. Dia hanya merekam kalimat, “Mary had a little lamb. Its fleece was white as snow.” Setelah itu, ia pun berharap teknologi bisa merekam suara sampai satu novel.

Tahun 1923, perekaman audio buku dilakukan untuk memfasilitasi para tuna netra agar tetap bisa mengakses dan mengembangkan ilmu pengetahuan mereka melalui karya sastra yang berupa audio. Perekaman dan pendistribusian audiobook ke sekolah dan perpustakaan di luar negeri telah dilakukan lebih dulu daripada di Indonesia bahkan sejak tahun 1955.

Dulu, tuna netra memang susah sekali untuk bisa mendapatkan akses buku yang bisa dibaca untuk tuna netra. Sekarang, dengan teknologi yang semakin berkembang, tuna netra sudah tidak lagi memiliki keterbatasan dalam mengakses dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Tren Audiobook sekarang semakin lama semakin berkembang. Di Amerika saja orang dewasa yang mendengarkan Audiobook meningkat hingga 18% di tahun 2018 (Pew Research Center, 2018).

Beda lagi kalau di Indonesia, permasalahan Audiobook Indonesia adalah tidak hanya peminatnya yang sedikit tapi juga tidak banyak aplikasi yang familiar di telinga masyarakat Indonesia untuk mendengarkan buku. Di sisi lain, tuna netra di Indonesia membutuhkan buku audio untuk membantu mereka berkembang.

Sekarang karena teknologi semakin berkembang buku bisa didengarkan dan itu bukan sesuatu yang asing.

Setelah baca buku online dan buku elektronik (e-book) di Indonesia yang trend perkembangannya terus meningkat, sekarang Audiobook Indonesia juga mulai semakin populer.


Aplikasi Audiobook Storytel

Salah satu aplikasi Audiobook yang baru-baru ini masuk ke Indonesia adalah Storytel. Storytel asal Swedia ini adalah aplikasi Audiobook pertama yang berbahasa Indonesia. Konten yang paling menarik saya di Storytel adalah adanya buku cerita anak-anak. Seperti yang dikatakan Indriani Widyasari, seorang Country Manager Storytel Indonesia, bahwa genre anak-anak adalah yang berkembang di Storytel.

Storytel

Di aplikasi Storytel ini banyak sekali novel fiksi yang bisa kita dengarkan. Selain untuk orang dewasa juga ada novel fiksi untuk anak-anak.

Saya pun mencoba untuk menginstal Aplikasi Audiobook Storytel ini. Ternyata aplikasi Audiobook Indonesia Storytel ini bisa dicoba grati selama seminggu. Jadi kalau kita mau mencoba gratis kita harus menyambungkan ke rekening kita atau dompet digital kita. Saat ini sedang ada promo sebesar 39.000 rupiah.

Fitur-fitur pada Storytel

Storytel ini memiliki banyak fitur yang bisa kita nikmati saat mendengarkan buku.

Kategori yang bervariasi

Pada bagian Beranda, kalian akan melihat banyak pilihan novel fiksi untuk baca buku online berdasarkan kategori seperti rekomendasi buku, buku best seller, pilihan editor, familiar voices, dan lain sebagainya.

Saat saya membuka Beranda ada beberapa novel fiksi Indonesia yang trending dalam minggu ini dan menarik perhatian saya untuk dibaca seperti Selamat Tinggal dari Tere Liye, Negeri Lima Menara dari A. Fuadi.

Selain itu, ada juga novel fiksi dengan pengisi suara dari aktor, aktris dan public figure (familiar voices) seperti Dilan, The Hunger Games, dan lain sebagainya.

Kalau mau baca buku online yang laris sepanjang masa atau buku best seller, kalian akan menemukan novel Harry Potter Audiobook.

Baca buku online


Ada juga kategori non fiksi seperti buku Sapiens atau buku non fiksi lainnya yang menarik.

Atau kalau kalian sedang ingin mencari novel fantasi dan sci-fi (science fiction), terutama bagi kalian para penulis yang mau menulis di genre fantasi dan sci-fi, di kategori ini kalian menemukan salah satu novel A Game of Thrones sebagai salah satu buku best seller internasional. Eh iya audiobook A Game of Thrones ini menggunakan bahasa Inggris ya. Kalian yang biasa mendengarkan film bahasa Inggris tanpa pakai subtitle pasti bisa dengarkan audiobook A Game of Thrones.

Dari Beranda aplikasi, kita bisa mencari rekomendasi buku untuk kita baca dan dengarkan.

Membaca atau Mendengarkan

Apakah audiobook Storytel hanya untuk didengarkan? Tidak. Di aplikasi Storytel kalian tidak hanya mendengarkan buku saja tapi juga bisa membaca.

Jika ada ikon headset saja berarti buku itu hanya untuk didengarkan. Sedangkan jika ada ikon kacamata maka buku itu tersedia untuk dibaca. Kalau kalian melihat ada dua ikon (kacamata dan headset) berarti kalian bisa baca buku online dan mendengarkan buku audio yang kalian pilih. Namun, buku-buku dengan dua ikon ini masih belum banyak tersedia di Storytel.

Seperti di Harry Potter Audiobook itu ada dua ikon jadi novel fiksi Harry Potter Audiobook bisa dibaca dan didengarkan. Buku-buku dengan dua ikon ini cocok untuk melatih listening bahasa Inggris karena narator juga berasal dari negara-negara dengan bahasa ibu Bahasa Inggris. Biasanya di buku cerita anak-anak yang ada dua ikon ini.

Sedangkan yang hanya ada satu ikon headset berarti hanya untuk didengarkan seperti A Hunger of Thrones, The Hunger Games, Sapiens, Dilan, Selamat Tinggal, Divortiare, Mariposa, Negeri Lima Menara, dan lain sebagainya.

Atau kita bisa pilih All Categories yang akan menampilkan berbagai genre seperti Romance, Young Adult, Classics, Crime&Thriller, Poetry&Short Story, dan lain sebagainya. Misal pilih genre romance, maka kalian akan menemukan buku-buku novel fiksi yang bercerita tentang sebuah kisah percintaan seperti Divortiare, Mariposa, dan lain sebagainya. Kalau Young Adult ini biasanya bercerita tentang kehidupan para remaja dan dewasa awal seperti Dilan.

Sebenarnya banyak buku-buku sastra juga di Storytel tapi tidak di bagian kategori khusus Sastra. Misalnya, Ronggeng Dukuh Paruk dari Ahmad Tohari termasuk dalam kategori Fiksi, Orang-Orang Bloomington dari Budi Darma masuk dalam kategori Cerita Pendek, Tenggelamnya Kapal Van der Wijk dari Buya Hamka berasa di kategori Romance. Kalian yang mau mengasah kemampuan menulis sastra, bisa juga nih baca buku sastra secara online lewat aplikasi audiobook Storytel.

Buku Best Seller

Kecepatan

Jika dirasa narator membaca novel terlalu cepat atau terlalu lambat, maka kita bisa memperlambat atau mempercepat dengan memilih ikon kecepatan di sebelah kanan.


Mode tidur

Ingin didongengin sebelum tidur? Ciyeh. Iya. Jadi kalian bisa atur waktu sleep timer kira-kira audiobook ini berhenti di waktu berapa menit. Pilihannya ada 15 menit, 30 menit dan 45 menit. Bisa juga diatur sesuai yang kita inginkan. Jadi kalau kalian ketiduran, nanti audiobook akan berhenti sesuai dengan waktu yang diatur.


Bookmark

Bookmark ini berfungsi untuk menandai halaman-halaman penting yang ingin kita catat seperti quote-quote dalam novel yang ingin kita catat.


Unduh dan Simpan di Rak Buku

Kita masih bisa mendengarkan audiobook tanpa harus terhubung dengan internet. Walaupun begitu, kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. Mode unduh ini ada di tampilan Dengar di sebelah kiri bawah. Ada ikon unduh.

Sedangkan ikon simpan ini hanya akan tersimpan di Rak Buku. Jika tidak mengunduhnya, walaupun sudah disimpan, kita tidak bisa mendengarkan audiobook tanpa internet.


Dengar cuplikan

Penasaran dengan isi buku yang ingin dibaca? Apakah ceritanya seru atau tidak. Coba saja pilih Dengar Cuplikan yang ada di bawah sinopsis novel.


Durasi

Saya sebenarnya tidak terlalu mempertimbangkan buku yang akan saya baca dengan melihat durasi ini tapi ini bisa jadi pertimbangan ketika akan mendengarkan sebuah buku. Apakah buku tersebut tebal sekali atau standar halaman novel.

Musik yang asyik

Ketika saya mendengar buku Harry Potter Audiobook, awalnya sudah disuguhkan dengan musik ala-ala dunia penyihir. Itu membuat saya seolah-olah masuk ke dalam dunia Harry Potter.

Bahasa

Keterangan bahasa yang muncul memudahkan pembaca untuk menentukan apakah bahasa yang digunakan narator itu pakai Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Di aplikasi Storytel Indonesia sementara ada dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Sinopsis dan Daftar Bab

Sinopsis yang ada di bagian awal pilihan cerita memudahkan kita untuk mengetahui isi cerita. Daftar bab yang ada juga membantu kita untuk memilih apakah isi buku tersebut cukup banyak atau tidak. Karena rata-rata novel 25-35an bab. Semakin banyak bab semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan cerita.


Ikuti serial buku

Suka dengan cerita buku yang sudah selesai dibaca? Coba pilih Ikuti Serial Buku. Seperti penulis A. Fuadi yang sudah menghasilkan banyak novel biasanya akan ada audiobook-nya. Tapi yang saya lihat ada juga novel A. Fuadi yang akan tersedia beberapa waktu lagi. Kalau kita mengikuti Serial Buku maka kita akan diberitahukan kalau novel karya A. Fuadi sudah hadir audiobooknya.



Putar maju dan mundur 15 detik

Karena audiobook, biasanya kita melakukan pekerjaan lain sambil mendengarkan buku audio. Kadang kita tiba-tiba tidak fokus atau kurang jelas dengan pengucapan bahasa Inggris, kita bisa mengulanginya 15 detik ke belakang dan bisa memajukan 15 detik ke depan.


Pasang target

Asyiknya, di Storytel ini juga ada pasang target juga loh. Jadi kita yang menentukan berapa buku yang harus diselesaikan lewat aplikasi Storytel. Pilihannya paling cepat adalah 30 hari dan paling lama satu tahun.


Statistik

Eh, sempat bingung juga untuk apa statistik di aplikasi Storytel? Ternyata ini untuk mengetahui seberapa banyak kita mendengarkan buku di Storytel. Perkembangan membaca buku di Storytel bagaimana. Dengan begitu kita tahu sudah berapa banyak kita membaca.


Mode Anak

Hal pertama yang menarik saya adalah adanya mode anak pada fitur Storytel. Ketika saya memasang fitur mode anak, tampilan langsung berubah. Tidak ada lagi buku fiksi untuk dewasa yang tampil pada Beranda aplikasi Storytel.

Audiobook Indonesia


Pengalaman Mendengar dan Membaca Buku di Storytel

Saya pun langsung memilih buku anak yang ada di Storytel. Judulnya adalah Counting Sheep dari Pippa Chorley karena buku anak tersebut ada ebook-nya. Sekalian belajar bahasa Inggris juga sih. Hehe.

Cerita ini menurut saya unik sekali. Sebenarnya ceritanya tentang anak yang tidak bisa tidur. Mamanya menyuruhnya untuk menghitung domba yang bisa melompati pagar. Imajinasinya bahwa domba-domba itu tidak bisa melompati oagar karena ketinggian. Semua domba berusaha biar bisa lompat dengan segala cara. Ujung-ujungnya domba itu pada memendekkan pagar biar bisa dilompati. Dan akhirnya si anak kecil bisa menghitung domba yang melompati pagar. Haha. Lucu banget sih.

Dan sekarang saya masih mendengarkan buku audio milik A. Fuadi yang berjudul Negeri Lima Menara. Kalimat-kalimatnya puitis. Mungkin efek dibacakan ya. Cuma keseruannya terasa saat percakapan demi percakapan dibaca oleh narator.


Keunggulan Menikmati Buku dengan Storytel Audiobook

Berdasarkan pengalaman saya membaca beberapa buku di Storytel, ada banyak kelebihan yang membuat saya senang dengan aplikasi ini. Kelebihan Storytel adalah:

Menambah pengetahuan dari banyak buku fiksi dan non fiksi berkualitas

Rasanya saya ingin melahap segera buku-buku di Storytel karena banyak sekali buku-buku berkualitas di Storytel seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Tidak hanya fiksi, buku non fiksinya juga banyak yang berkualitas karena Storytel ini memang sudah mendunia ya jadi buku-bukunya jelas pilihan. Dengan semakin luasnya jangkauan dalam memperoleh buku berkualitas tentu pengetahuan kita akan bertambah.


Bisa mendengarkan sambil melakukan kegiatan lain

Salah satu keunggulan Storytel adalah kita tetap bisa melakukan pekerjaan lain yang tidak perlu konsentrasi tinggi sambil mendengarkan Storytel. Misalnya ketika memotong sayur, makan, menyuapi anak, menemani anak bermain, menjemur pakaian, atau membersihkan rumah. Kita tetap bisa mengembangkan pengetahuan dengan mendengarkan buku audio di sela-sela pekerjaan rumah kita.


Praktis

Saya bisa mendengarkan buku kapan saja dan di mana saja termasuk ketika saya perjalanan. Saya suka pusing ketika membaca tulisan yang banyak dan kecil-kecil selama perjalanan padahal saya ingin waktu yang lama selama perjalanan saya gunakan untuk mengembangkan diri dan menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, saya tidak perlu bawa buku tebal-tebal dan banyak ketika saya pergi keluar kota.

Bisa belajar Bahasa Inggris

Salah satu cara efektif belajar listening Bahasa Inggris agar cepat jago adalah dengan mendengar para narator membacakan buku-buku asing. Lebih bagus lagi kalau ada ebooknya. Kalau untuk melatih listening bahasa Inggris untuk pemula, bisa pilih buku anak yang memiliki teks atau ikon kacamata. Nah, setelah itu memperlambat kecepatan narator dalam membaca akan memudahkan kita menangkal kosakata Bahasa Inggris yang diucapkan. Dan ini saya lakukan ketika mendengar dan membaca buku anak-anak berjudul Counting Sheep. Sebenarnya lebih bagus lagi nih kalau mendengarkan bisa sambil baca bukunya. Hehe.

Cara belajar listening yang mudah lewat audiobook Storytel adalah:

- Dengarkan dulu beberapa kalimat. Pastikan kata mana yang tidak paham.

- Buka ebook. Kemudian baca kalimat demi kalimat. Kira-kira kata mana tadi yang belum paham.

- Kemudian ulangi lagi audio sampai kita benar-benar hafal dan tidak asing dengan kata yang diucapkan.



Tertarik dengan Storytel?

Bagi kalian yang tertarik dengan aplikasi audiobook Storytel ini kalian bisa mengunduh aplikasi Storytel untuk iOS atau aplikasi Storytel untuk Android dan sekarang lagi ada promo harganya cuma Rp. 39.000,-.

Kalian lagi cari buku apa? Coba install Storytel siapa tahu buku yang kalian cari ada di sana.










Referensi:

https://brandongaille.com/17-audiobook-industry-statistics-and-trends/

https://m.antaranews.com/berita/2132682/audiobook-storytel-masuk-ke-indonesia-tahun-ini




Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

46 komentar

  1. Semoga dgn kehadiran aplikasi audiobook Storytel makin meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah.

    Kita aja di urutan kedua terbawah dlm hal minat baca. Tapi emg suka ngegosip sih ekkekke.

    Dgn konsep spt didongengin, smg Storytel bs membawa perubahan tren membaca buku di Tanah Air.

    BalasHapus
  2. Eh ada mode tidur juga ya mbak? aku pake storytel juga tapi belum pernah coba mode tidurnya, jadi pengen cek deh kan lumayan kalau ketiduran bisa mati sendiri

    BalasHapus
  3. Mendengar audiobook di Storytel menjadi kegiatan saya akhir-akhir ini, ternyata menikmati buku melalui audio sangat mengasyikkan, apalagi jika mendengar novel fantasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksi audio buku di Storytel banyak ya, buku novel fantasi yang sedari dulu ingin saya dengar dan baca juga ada di situ, senang banget pake aplikasi Storytel ini

      Hapus
  4. Oh aku baru tau kalo ada yg bisa dibaca jadi ga semuanya didengerin ya.

    BalasHapus
  5. Ini berbayar kah? atau ada iklannya? untuk apliask anak perlu dicek iklan karena kadang tidak sesuai

    BalasHapus
  6. Benar sekali, Mbak. Kehadiran Storytel ini juga sangat membantu teman-teman tuna netra. Jadi sekarang mereka bisa menikmati buku yang memang terkadang dulunya hanya ada dalam bentuk buku saja.

    BalasHapus
  7. Wah asik juga kalau baca bukunya dibacain kayak gini. Ceritanya jadi lebih bisa membayangkan ya visualisasinya. Jadi imajinasinya lebih mengelana.

    BalasHapus
  8. Kaget lihat sejarahnya, ternyata sudah sekian lama ya ditemukan. Saya mengira ini baru saja. Oh iya, Kak ini fiturnya ada pilihan bahasakah?

    BalasHapus
  9. Wah baru tahu nih kalau Storytel ini adalah aplikasi Audiobook pertama yang berbahasa Indonesia. Fiturnya lengkap juga ya...

    BalasHapus
  10. Sekarang baca tidak butuh pencahayaan terang, sudah ada aplikasi keren ini, selain itu ruang minim bisa tak butuh perpustakaan besar, dan juga bisa di bawa kemana mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemat budget juga kak, karena biaya berlangganannya gak mahal, dalam sebulan bisa habisin beberapa buku

      Hapus
  11. useful banget pastinya buat saya yang suka traveling dan suka baca buku, jaid hemat tempat ga harus bawa-bawa buku saat beepergian, tinggal instal aplikasi ini saja

    BalasHapus
  12. Bagus aplikasinya buat yang mau belajar bahasa Inggris, harga langganannya juga masih ramah di kantong ya mba 😃

    BalasHapus
  13. Manfaat yang paling terasa adalah mendapatkan banyak bacaan berkualitas dimanapun dan kapan saja ya kak. Bebas bisa milih mau dininaboboin pake bahasa ibu atau bahasa asing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, saya akhirnya ngeh juga saat mengulas tentang manfaat adanya statistik pada aplikasi ini.

      Paling tidak ada rekam jejak seberapa banyak bacaan yg kita baca. Meningkat dari bulan lalu ataukah bertambah

      Hapus
  14. saya juga menggunakan aplikasi storytel ini kak, bermanfaat para pejalan seperti saya yang suka baca, jadi ga perlu bawa-bawa buku lagi kalau kemana-mana pas jalan-jalan

    BalasHapus
  15. Masya Allah Storytel ini bagus banget yaa, berguna buat tuna netra, cocok buat team mager males baca dengan hanya mendengarkan bisa di sambi ngerjain yg lain. Koleksi bukunya banyak pulaa

    BalasHapus
  16. Aplikasi yang seperti membawa perpustakaan dalam genggaman tangan ya.
    Membaca jadi mudah, kapan saja dan dimana saja. Di ponsel harus punya aplikasi ini nih, agar kegiatan yg dilakukan semakin double memnafaat dgn membaca melalui audio.

    BalasHapus
  17. Bisa ndengerin buku2 best seller gini emang nyenengin ya. Cocok buat kita2 yg gak sempat baca buku to ngiler klo liat ada buku best seller

    BalasHapus
  18. Saya juga pakai storytel... Fiturnya banyak ya, membuat mendengar buku menjadi semakin nyaman...

    BalasHapus
  19. Kok lucu ya audiobook yang mbak dengarkan tentang domba yang gak bisa melompat. Jadi ngebayangin lucunya cerita itu. Audiobook anak ternyata gak kalah seru ya mbak bikin kita terhibur dan berimajinasi juga. Memang nyaman bgt pake aplikasi ini aku juga mbak.

    BalasHapus
  20. Saya juga udah coba pakai storytel. Memang sangat mambantu orang" yg sibuk namun ingin tetap menambah ilmu. Cukup dengan mendengarkan audiobook sambil beraktifitas

    BalasHapus
  21. Jadi mudah banget buat nyimak buku, tanpa harus melihat layar ya.
    Tinggal unduh, dengerin deh naratornya berkisah

    BalasHapus
  22. saya belum pakai. Sepertinya harus download segera nih, kan dengan storytell mata nggak harus fokus ke tulisan.

    BalasHapus
  23. Jujurly, aku baru tahu aplikasi audiobook ini ya sejak teman-teman banyak yang mereview Storytel. Ini cocok banget nih didengerin sambil nyeterika atau pas mau tidur. Jadi pengen download juga.

    BalasHapus
  24. baru tahu ada aplikasi audiobook lho, seru nih. bisa baca dengar buku kesukaan atau buku yang belum dibaca. bisa dengar bareng anak anak juga

    BalasHapus
  25. Setujuuuu!!! semakin semangat dong buat nambah-nambah ilmu baru lewat buku yang dibaca dengan Audiobook Storytel, gak ada alasan lagi deh buat gak mendengarkan buku.

    BalasHapus
  26. Senang banget ya akhirnya ada aplikasi audiobook untuk buku berbahasa Indonesia. Jadinya kita bisa mendengarkan ceritanya deh

    BalasHapus
  27. Aku baru tahu aplikasi storytel ini kak. biasanya cuma dengerin podcast review aja :D
    Jadi ini bentuk buku yang dibacakan gitu ya. Mantap betul.

    BalasHapus
  28. pake aplikasi storytel tuh serasa punya perpustakaan pribadi dalam genggaman yaa, bukunya juga banyak banget sampe ratusan ribu, puas banget sih buat para bookwarm

    BalasHapus
  29. Wah, makin penasaran dengan storytel ini. Terutama pengen dengerin Dunia Sophie di naratori oleh Dian Sastro...

    BalasHapus
  30. Jadi sekarang buku ngga cuma bisa dibaca tapi bisa didengerin juga yaaa.. seru banget iniii.. ada buku harry potter jugaaaa? Wah keceeee

    BalasHapus
  31. kalau soal genre bisa loncat2 gitu ya kak.. mendingan kalau mau dengerin bukunya ya search aja pakai judul buku. biasanya kan kita juga ada beberapa target buku dengan judul tertentu yang ingin kita baca

    BalasHapus
  32. Ingin mencoba banyak hal baru dan memasuki dunia baru.
    Maka bersama Aplikasi audiobook Storytel, semua buku bisa didengarkan yang dinarasikan oleh narator ternama. Suka bangeett~

    BalasHapus
  33. Wah pengen nyobain juga, membuka aplikasi storytell buat nemenin saat melakukan pekerjaan rumah...

    BalasHapus
  34. mode sleep timer cocok banget buat yang suka ketiduran pas baca buku hehehe

    BalasHapus
  35. Menurutku mode tidur ini salah satu fitur yang menarik ya Mbak. Cocok untuk orang yang udah capek seharian, pengennya rebahan, tapi mata belum bisa terpejam. Berasa kembali ke jaman kecil, didongengin sebelum tidur, hehe.

    BalasHapus
  36. Kalau buku favoritku tetep karya-karyanya Dee sih mba.. Dan kebetulan di storytel ini ada buku yang dinarasikan langsung sama dee! Super excited!

    BalasHapus
  37. Jadi teringat dulu SMA punya teman sekelas tuna netra, kuliah juga punya malah teman dekat sampai sekarang. Dulu tu mereka suka minta tolong bacain yg di papan tulis trs dia tulis lho. Buku2 di perpustakaan juga blm banyak yg buat tuna netra yaa....

    Bagus storytel ini samgat membantu tuna netra juga yg pd males baca spt saya hehehe

    BalasHapus
  38. Ternyata teknologi audiobook sudah ada dari zaman dulu, ya. Sekarang sudah disempurnakan untuk memudahkan dan memberikanpengalaman dalam menikmati buku dengan cara baru.

    BalasHapus
  39. Ada rekomendasi baru aplikasi nih rupanya. Saya coba unduh deh sambil pakai harga promo kali yah. Dan ada model sleep timernya juga. Kok bagus banget sih Storytell ini fiturnya.

    BalasHapus
  40. Saya jug amenggunakan aplikasi ini, saya senang selain koleksinya, adalah pengaturan kecepatan. Membuat menyimak bareng anak-anak jadi mudah

    BalasHapus
  41. Ak jadi ikutan install Storytel nih. Soalnya praktis utk baca buku yaa.. Seneng banget ada Storytel ini

    BalasHapus
  42. senen banget ya, bisa ada yang manjain bacain buku sebelum bobok hihi ternyata lengkap juga ya pilihan ceritanya nih, seru banget

    BalasHapus

Follower