Pemanfaatan Pangan Lokal Ketika Terjadi Force Majeure

48 comments
Kenakearagaman pangan

“Ketika bangsa bergantung pada pangan impor, maka bagaimana mengatasi kelaparan yang mungkin datang akibat force majeure.”

Apakah kalian mengkonsumsi sereal sebagai makanan pokok kalian? Tepung-tepungan? Atau mie?

Kalau iya, mungkin kalian harus berhemat untuk sementara waktu. Karena saat ini, harga komoditas gandum di pasar global melonjak hingga 46 persen dibanding tahun sebelumnya.

Yap. Sereal yang kalian makan, tepung-tepung-an dan juga mie yang sebagian besar terbuat dari gandum diimpor dari kedua negara yang sedang berperang.

Aktivitas perdagangan dari dua negara tersebut akan berimbas pada negara kita. Ukraina merupakan negara utama yang mengekspor gandum ke negara kita. Menurut Tempo.co, sepertiga impor gandum Indonesia berasal dari negara Ukraina.

Berdasarkan data BPS, di tahun 2020, negara Ukraina adalah negara yang mengekspor gandum dan meslin paling besar ke Indonesia selama kurun waktu 2018-2020. 

Sementara Federasi Rusia berada di posisi keenam atau ketujuh sebagai negara pengekspor gandum terbesar ke Indonesia di tahun 2019-2020. 

Negara lain seperti Kanada yang menjadi pengekspor gandum terbesar ke Indonesia selama kurun waktu 2010-2017 telah mengalami penurunan jumlah ekspor gandum ke Indonesia. 

Jika dijumlahkan, tahun 2020, jumlah gandum yang diimpor Indonesia dari seluruh negara sebanyak 10,29 juta ton gandum.

Stok gandum Indonesia yang dimiliki saat ini hanya bisa bertahan hingga April 2022. Setelah itu? Kemungkinan harga sereal (oat), tepung-tepungan dan juga mie akan melonjak dan kemungkinan akan terjadi kelangkaan.

Dampaknya sangat terasa bagi kalian yang sekarang memiliki usaha roti, kue, dan mie yang berbahan gandum atau sereal. Atau bagi kalian yang sudah mengganti nasi dengan sereal sebagai makanan pokok.

Meskipun saya bukan konsumen sereal secara reguler, tapi saya sedih karena saya biasa konsumsi roti sebagai cemilan yang bahan dasarnya terbuat dari gandum.

Negara Agraris Impor Beras ?

Saya masih bersyukur jika beras yang saya konsumsi sebagai makanan pokok tidak terpengaruh oleh peperangan dua negara tersebut. Ya jelas karena beras yang diimpor Indonesia bukan dari negara tersebut tapi negara lain. Beras yang menjadi bahan pangan pokok Indonesia mengimpor dari negara lain seperti Vietnam, Thailand, Tiongkok, dan Myanmar.

Swasembada beras


Eh, kenapa beras harus impor? Padahal negara kita dikenal sebagai negara agraris. Julukan itu tak menjamin kalau negara kita tidak impor beras. Padahal kalau saya pulang ke Sragen, saya melihat hamparan sawah yang begitu luas. Ketika saya melewati jalan tol, di kanan dan kiri jalan tol begitu luasnya sawah terbentang.

Kenapa kita impor beras? Mari kita baca data berikut.

Luas panen padi pada 2021 diperkirakan sebesar 10,52 juta hektar mengalami penurunan sebanyak 141,95 ribu hektar atau 1,33 persen dibandingkan luas panen padi di 2020 yang sebesar 10,66 juta hektar.

Produksi beras pada 2021 untuk konsumsi pangan penduduk diperkirakan sebesar 31,69 juta ton, mengalami kenaikan sebanyak 351,71 ribu ton atau 1,12 persen dibandingkan produksi beras di 2020 yang sebesar 31,33 juta ton.

Meskipun mengalami kenaikan, pemerintah ingin antisipasi persediaan beras agar stok di Bulog tidak menipis dan juga disebabkan karena adanya daerah yang defisit beras. Meskipun produksi dalam negeri diproyeksi tinggi, ternyata pemerintah tetap memerlukan cadangan beras untuk mengantisipasi risiko terburuk.

Swasembada Beras Mungkinkah?


Selama ini kita memang tak sadar menikmati segala pangan tanpa merasa kesulitan. Yah, meski kelangkaan minyak goreng membuat masyarakat Indonesia sempat kebingungan. Tapi kita masih bersyukur karena kita masih bisa memenuhi makanan pokok kita seperti beras.

Kita tak pernah membayangkan jika sumber pangan kita yang diimpor terjadi kelangkaan akibat force majeure di negara pengekspor.

Bayangkan jika negara-negara pengekspor beras tersebut mengalami force majeure seperti bencana alam atau peperangan (naudzubillahi min dzalika)?

Negara kita dulu pernah sukses dengan swasembada pangan di tahun 1984.

Namun, apakah bisa?

Sementara lahan pertanian semakin lama semakin berkurang dan semakin berganti dengan lahan terbangun. Belum lagi, semakin banyak masyarakat muda yang tidak ingin menjadi petani dan lebih memilih pekerjaan di perkotaan yang terlihat lebih prestige.

Apakah kita bisa memenuhi kebutuhan pangan penduduk negara kita sendiri?

Negara kita pernah mengimpor beras besar-besaran. Paling banyak sebesar enam juta ton beras diimpor ketika terjadi krisis moneter di tahun 1998. 

Setelah itu, Indonesia selalu impor meski jumlahnya tak sebesar ketika terjadi gejolak politik tahun 1998.

Kemudian di tahun 2018, Indonesia kembali mengimpor beras cukup besar hingga 2,25 juta ton beras. Saat itu pemerintah menganggap bahwa stok beras yang tersedia untuk cadangan masih kurang sehingga harus impor meskipum produksi padi sejak tahun 2014-2018 terus mengalami peningkatan.

Setelah dirasa mencukupi, Indonesia tidak lagi mengimpor beras untuk konsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hanya sekitar 300-450 ribu ton beras. Sepanjang 2019 hingga 2020, Indonesia hanya impor beras jenis tertentu dan tidak dalam jumlah besar.

Beras yang diimpor adalah jenis khusus yang tidak bisa ditanam di Indonesia dan untuk disediakan di restoran, kafe, hotel atau untuk warga asing yang tinggal di Indonesia seperti beras Basmati, Japonica, Hom Mali, beras penderita diabetes dan lainnya. Sementara untuk beras yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia tidak lagi diimpor dari negara-negara lain. Bahkan di tahun 2021, Indonesia tidak lagi impor beras untuk konsumsi umum.

Jika swasembada pangan beras dianggap berhasil dengan tidak impor beras, berarti tahun 2021 negara kita berhasil swasembada pangan beras.

Jadi sebenarnya negara kita itu sudah bisa melakukan swasembada beras untuk konsumsi umum. Nggak perlu ketergantungan dengan negara lain. Hanya saja untuk gandum ini kita memang masih ketergantungan karena pembuatan tepung dan mie sebagian besar masih menggunakan gandum. 

Apakah semua orang Indonesia makan nasi?

Saya teringat ketika membaca artikel tentang orang-orang di Papua (saya lupa tepatnya dimana) yang biasa mengkonsumsi sagu. Kemudian datanglah bantuan beras dari pemerintah dan membuat mereka ketergantungan dengan beras padahal di Papua sendiri padi tidak bisa tumbuh dengan baik dibandingkan dengan tanaman padi di Jawa. Ketika bantuan beras terlambat datang, mereka mengalami kelaparan padahal mereka punya kearifan lokal pada pangan lokal mereka. Dan akhirnya malah mengkonsumsi mie instan dibandingkan mengkonsumsi pangan lokal yang tumbuh di lokasi mereka dan jelas lebih bergizi.

Begitu pun dengan beras. Penduduk kita sebenarnya terbiasa makan nasi yang menjadi pangan lokal kita. Ketika kita harus makan produk-produk gandum seperti sereal, secara tidak langsung kita harus ketergantungan dengan negara luar yang memproduksi gandum. Kondisi iklim dan tanah di negara kita tidak cocok ditanami gandum. 

Kenapa kita tidak memanfaatkan pangan lokal saja untuk makanan pokok kita dibanding harus ambil dari luar daerah. Jika terjadi force majeure di daerah tersebut, kita tetap bisa makan dengan produk pangan lokal. Tidak perlulah memaksa suatu daerah tertentu harus makan nasi jika memang di daerah tersebut bukan daerah produsen beras.

Negara kita itu kaya dengan biodiversitas. Keanekaragaman hayatinya sangat besar. Harusnya kita manfaatkan sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia untuk diolah menjadi pangan lokal. Tidak tergantung lagi dengan impor beras dan gandum.

Pangan lokal pengganti beras

Kalaupun beras diganti dengan makanan pokok lain, apakah makanan pengganti nasi itu? Jika kita tidak ingin bergantung dengan pangan dari negara lain, sebenarnya kita bisa memanfaatkan pangan lokal yang bisa tumbuh di kondisi tanah dan iklim negara tropis Indonesia.
Kentang pengganti nasi
Selat Solo, kuliner lokal pengganti nasi
 

Beberapa pangan lokal pengganti nasi adalah :

1. Umbi-umbian

Umbi-umbian ini bisa meliputi singkong, ubi, kentang, dan lain-lain. Umbi-umbian ini juga mengandung karbohidrat pengganti nasi. Jika kita memakan satu porsi nasi sama dengan dua buah kentang. Makan umbi-umbian ini memang cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan tapi bagi yang tidak mau menurunkan berat badan bisa mengkonsumsi umbi-umbian dua kali dari porsi.

2. Sagu

Sagu adalah makanan pokok Indonesia bagian timur. Jadi memang jika tidak memiliki beras untuk dimakan, maka masyarakat bisa memanfaatkan sagu sebagai makanan pokok. Justru gizinya lebih baik kan daripada harus makan mie instan. Satu porsi nasi sama dengan delapan sendok tepung sagu. Kandungan karbohidrat pada sagu ini lebih tinggi dibanding nasi sehingga bagus untuk pemulihan energi.

Di Papua sendiri banyak tanaman sagu dibanding tanaman padi.

3. Jagung

Salah satu pangan lokal sumber karbohidrat lainnya adalah jagung. Bahkan kalori dan karbohidrat jagung lebih besar daripada kalori kentang. Jadi bisa saja mengganti nasi dengan jagung.

4. Sorgum

Di Nusa Tenggara, Sorgum merupakan salah satu makanan pengganti nasi di wilayah Nusa Tenggara. Sorgum ini biasa untuk pangan ternak, bahan dasar energi biodiesel, dan bahan pangan. Jika kalian menghindari gluten, maka sorgum ini jawabannya karena sorgum tidak memiliki gluten dan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.

Potensi Pemanfaatan Pangan Lokal Yang Besar

Saya diingatkan kembali mengenai betapa kayanya negara kita dengan keanekaragaman hayatinya saat saya mengikuti Blogger Online Gathering bersama #EcoBloggerSquad bersama Bu Rika Anggraini dari Yayasan Kehati dan Blogger Perempuan Network.

Dari situ saya pun tahu bahwa negara kita banyak sekali bahan pangan lokal yang potensial untuk dikembangkan seperti 77 jenis tanaman pangan, 26 jenis kacang, dan banyak lagi. 

Keanekaragaman pangan


Contohnya yang lain lagi, jumlah pisang yang ternyata banyak sekali jenisnya. Kalian tinggal pilih mana yang menjadi favorit kalian.

Pisang Pengganti Nasi

Ancaman hilangnya keanekaragaman hayati

Permasalahan utama dari sumber pangan lokal adalah adanya ancaman hilangnya lahan ataupun keanekaragaman hayati khususnya keanekaragaman pangan yang bisa menurunkan produksi pangan lokal.
Beberapa pemicu hilangnya keanekaragaman hayati adalah :

1. Pembangunan yang tidak berkelanjutan

Negara kita memang dijuluki negara agraris tapi negara kita juga terus melakukan invasi pembangunan. Di wilayah pinggiran perkotaan, banyak sekali lahan-lahan pertanian yang sudah berubah menjadi lahan terbangun dan perumahan. 

Daerah kabupaten yang banyak sekali lahan pertanian pun juga mulai dijamah oleh pembangunan. Pembangunan yang tidak berkelanjutan terus saja dilakukan. Dan itu membuat lahan pangan kita semakin berkurang. Tak hanya lahan pertanian saja yang menjadi korban. 

Hutan yang penuh dengan keanekaragaman hayati pun juga berganti menjadi lahan monokultur padahal lahan monokultur (pertanian dengan satu jenis tanaman) tidak memiliki banyak keanekaragaman hayati.

Di hutan, lahan dikonversi menjadi lahan tambang juga perkebunan monokultur atau pembangunan massiv lainnya sehingga menghilangkan habitat makhluk hidup.

2. Varietas yang dibudidayakan sedikit

Semakin seringnya kita mengimpor makanan dari luar maka kita mungkin tidak berusaha untuk membudidayakan berbagai macam varietas. Kita menjadi terbiasa untuk memilih varietas yang ada tanpa mengembangkan berbagai macam varietas. Contohnya ayam kampung dan ayam negeri. 

Mungkin lama-lama ayam kampung akan hilang karena tidak banyak orang yang memilih ayam kampung karena mahal. Orang hanya akan memilih ayam negeri yang dikembangkanbiakkan dengan berbagai macam cara misalnya dengan pemberian obat agar cepat besar padahal konsumsi ayam yang penuh dengan obat tidak baik buat kesehatan. 

Misalnya pisang yang beraneka ragam pun lama-lama akan hilang karena tidak mengembangkan banyak varietas. Padahal pisang lokal yang beraneka ragam itu pun pasti memiliki kandungan gizi yang banyak.

3. Terjadi erosi genetik

Sama seperti penjelasan di atas, pertanian yang menggunakan input tinggi seperti pupuk, pestisida, dan berbagai macam pakan menyebabkan terjadinya erosi genetik atau hilangnya variasi genetik dari suatu plasma nutfah yang sering diperbesar atau dipercepat oleh aktivitas manusia. 

Erosi genetik ini diakibatkan oleh kebakaran hutan, bencana alam dan lain-lain. Plasma nutfah ini menjadi varietas lokal yang memiliki sifat unggul untuk keanekaragaman hayati. Jadi ketika terjadi erosi genetik maka keanekaragaman hayati juga terancam punah.

4. Populasi manusia

Meledaknya populasi manusia membuat pembangunan dilanjutkan demi memenuhi kebutuhan manusia akan lahan. Dan itu membuat keanekaragaman hayati berangsur-angsur punah karena tidak dapat bereproduksi kembali akibat tidak mampu bertahan dengan kondisi yang ada.

5. Perubahan iklim

Perubahan iklim menyebabkan penurunan produksi di beberapa sentra. Jika musim hujan bergeser maka masa panen tanaman juga bergeser sehingga membuat perhitungan produksi juga bergeser. Petani sangat tergantung sekali dengan musim hujan untuk menentukan masa tanam dan panen. 

Di beberapa daerah jumlah lahan yang mengalami kekeringan semakin meningkat, seperti yang terjadi di Lampung dan Jawa Timur. Kekeringan yang terjadi menyebabkan keanekaragaman hayati punah.

Apa yang bisa dilakukan untuk Kelestarian Keanekaragaman Hayati dan Ketahanan Pangan Lokal?

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk kelestarian keanekaragaman dan ketahanan pangan lokal. Namun, saya hanya ambil beberapa saja ya seperti:

1. Perlunya edukasi dan kesadaran akan pentingnya kelestarian keanekaragaman hayati

Masih banyak yang meremehkan keanekaragaman hayati di negara kita. Kita hanya tahu negara kita memang kaya akan keanekaragaman hayati tapi kita tidak aware terhadap kelestarian keanekaragaman hayati. Makanya penting sekali untuk memberikan awareness kepada masyarakat mengenai salah satu pentingnya kelestarian keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan lokal kita ketika negara pengekspor pangan kita mengalami force majeure.

2. Menjadi konsumen hijau

Konsumen hijau ini merupakan perilaku konsumen yang menggunakan produk dengan memikirkan kelestarian lingkungan, misalnya bagaimana produk diperoleh, bagaimana dampak atas penggunaan produk tersebut terhadap lingkungan. 

Apakah penggunaan produk tersebut bisa menimbulkan masalah bagi lingkungan atau tidak. Saya sendiri pun belum benar-benar menjadi konsumen hijau karena saya sendiri masih sangat ketergantungan dengan minyak kelapa sawit. Hiks. 

Namun, setidaknya saya mencoba mengurangi penggunaan minyak kelapa sawit dan mengkonsumsi bahan pangan lokal adalah salah satu cara saya menjadi konsumen hijau.

3. Memilih sumber pangan lokal

Coba teman-teman perhatikan dengan makanan yang dimakan saat ini, apakah makanan yang kita beli dan kita makan itu tidak ada satu pun yang merupakan makanan lokal? Apalagi kalau ternyata makanan yang kita konsumsi adalah makanan impor. 

Nah, alangkah lebih baiknya jika kita mulai memilih sumber pangan lokal atau setidaknya mengurangi sumber pangan impor agar tidak ketergantungan dengan sumber pangan impor.

4. Mengubah mindset

Kalian mungkin akan berpikir, mengkonsumsi pangan lokal selain beras seperti jagung, umbi-umbian, sagu dan lain-lain dianggap sebagai kebiasaan “orang miskin” atau tidak ada ketertarikan untuk mengkonsumsi. 

Makanan itu dinilai juga dari kenampakan produk dari olahan pangan lokal masih kurang menarik padahal banyak sekali kreasi masakan dari bahan pangan lokal yang bisa dilakukan agar tetap menarik untuk dimakan. Dan sekarang harusnya generasi milenial bisa lebih kreatif untuk membuat kreasi masakan dari pangan lokal. 



Sampai saat ini kita tidak pernah tahu gejolak politik yang ada di negara pengekspor bahan pangan. Sebelum terjadi apa-apa dengan negara tersebut memang lebih baik kita mulai mengurangi ketergantungan kita akan bahan pangan impor dan mulai mengkonsumsi bahan pangan lokal. Kita manfaatkan keanekaragaman hayati yang seharusnya bisa mengatasi ancaman krisis pangan di Indonesia.

Selain itu, perilaku kita yang bisa berkontribusi pada perubahan iklim juga harus dikurangi ya. Karena akhirnya nanti akan berpengaruh pada masa panen pertanian yang menjadi bahan pangan pokok kita.

Dari penjelasan Bu Rika, saya mendapat banyak sekali insight tentang pangan lokal dan keanekaragaman hayati. Memang harusnya kita sudah mulai memikirkan ketahanan pangan kita sendiri ya agar terjauh dari ancaman krisis pangan.

Kalau kata Pramoedya Ananta Toer..

"Keberanian menantang kelaparan adalah kepahlawanan tersendiri."

Pemanfaatan pangan lokal juga termasuk keberanian menantang kelaparan. 



Referensi:

https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/1043/impor-beras-menurut-negara-asal-utama-2000-2020.html

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/03/103000365/5-dampak-perang-rusia-ukraina-bagi-indonesia-apa-saja

https://bisnis.tempo.co/amp/1567882/gandum-meroket-akibat-perang-rusia-ukraina-harga-mi-instan-dan-roti-ikut-naik

https://bisnis.com/amp/read/20211201/12/1472435/jokowi-sebut-tak-ada-impor-beras-sepanjang-2021-begini-datanya

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3367532/mau-ganti-nasi-putih-dengan-ubi-dan-singkong-ini-aturan-porsi-yang-benar-menurut-ahli-nutrisi/amp

https://www.viva.co.id/amp/gaya-hidup/kesehatan-intim/1143105-lebih-sehat-mana-nasi-atau-sagu

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/jagung-kentang-pengganti-nasi/%3famp=1

https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=5156

https://www.kompasiana.com/amp/muzaa/menjadi-konsumen-hijau-yang-cerdas-mengapa-tidak_5634899852f9fd480911fda7

https://news.detik.com/kolom/d-4436251/kalau-sudah-kelebihan-stok-kenapa-harus-impor

https://m.republika.co.id/amp/qqk6n5440

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

48 komentar

  1. semoga bisa swasembada beras, jadi ingat dulu waktu kecil bapak presiden tunjukan hasil panen haha. Indonesia Bisa

    BalasHapus
  2. Setuju mba tdk perlu memaksa satu daerah utk mengonsumsi makanan tertentu. Indonesia kaya, banyk bahan makanan enak dan bergizi

    BalasHapus
  3. Di Bali sini, sudah lama sawah dan kebun jadi hotel dan vila. Harga bahan pangan lokal lebih mahal dari harga pangan impor. Pandemi bukannya bikin pemerintah mendukung pertanian/perkebunan, malah tetap fokus di sektor pariwisata.
    Capek deh 🤦‍♀️

    BalasHapus
  4. Kalau ditelaah sebenarnya miris ya, negeri kita yang agraris tapi serba impor bahan pangannya.
    Semoga lekas ada solusinya

    BalasHapus
  5. Indonesia sejatinya negara yang kaya akan hasil alam ya. Kita memang tidak perlu memaksakan sebuah daerah untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Seperti Papua yang sudah terbiasa makan sagu atau daerah Indonesia Timur yang terbiass mengkonsumsi umbi-umbian sebagai makanan pokok. Nyatanya tidak makan beras yang diolah menjadi nasi, mereka bisa tetap hidup sehat. Inilah tugas kita sekarang ikut melestarikan hasil alam Indonesia dari ancaman kepunahan.

    BalasHapus
  6. Wah miris juga yah saat tahu kalau negara Agraris masih impor beras. Apalagi pas tau kalau di Papua meninggalkan kearifan lokalnya dan memilih mie instan. Padahal tanah kita itu tanah surga.

    BalasHapus
  7. Memang miris, Indonesia sebagai negara agraris masih suka import bahan pangan. Memang terasa sekali mindset banyak anak muda sekarang sudah berubah drastis. Menganggap petani sebagai profesi yg memalukan padahal dirinya masih makan nasi setiap hari.

    BalasHapus
  8. Dari pilihan di atas belum pernah makan sorgum. Sekarang juga mengusahakan untuk nggak tergantung nasi, seringnya ganti dengan umbi-umbian, rasanya manis plus bikin kenyang

    BalasHapus
  9. Sebenarnya banyak ya alternatif pengganti beras. Tapi aku masih nggak bisa nih kalau nggak makan nasi.

    BalasHapus
  10. Sedih ya, negeri yang dulunya bisa swasembada beras kini kudu impor beras dari negara lain. Lahannya mulai habis buat dibikin perumahan lagi perumahan lagi. Hebat euy para petani yang masih mempertahankan sawahnya, meski nggak mudah tentunya untuk bertahan.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, makanan pokoknya masih nasi, Mbak. Kalaupun makan sereal, makanan berbahan gandum, termasuk mie, hanya selingan atau sesekali saja. Nah, saat membaca bagian Indonesia yang mengimpor beras, saya juga langsung bertanya, kenapa Indonesia mengimpor beras? Dan ternyata pertanyaan itu hadir di tulisan ini juga. Karena di Gombong Kebumen, sawah itu masih banyak juga.
    Tapi saya setuju, kita harus bisa memanfaatkan kekayaan hayati Indonesia. Makanya saya juga suka singkong, ubi, termasuk kalau dapat sagu, bisa diolah jadi makanan.

    BalasHapus
  12. Wah iya
    Dulu Indonesia pernah swasembada beras
    Eh sekarang kok malah impor beras
    Miris

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah aq tinggal di kampung dan punya sebidang sawah yang bisa mencukupi untuk kebutuhan pangan selama setahun jadi nggak perlu beli kak.

    BalasHapus
  14. miris banget tapi nyata bahwa Negara Agraris seperti Indonesia ini masih bergantung pada negara lain, padahal sebenarnya kita masih bisa kok untuk berdaya dan memanfaatkan keanekaragaman pangan lokal kita.

    BalasHapus
  15. keanekaragaman hayati Indonesia mmg the best, itu pisang aja byk banget variannya aplg bahan2 lainnya. Kalau gak ada nasi aja bisa ganti mkn singkong atau jagung lho

    BalasHapus
  16. ini mengingatkan saya saat masih kecil, betapa petani itu hidupnya makmuur. Sbegian banyak lahan masih berupa pertanian. Kalau malam minggu lihat acara isinya mbangun desa yang isinya meningkatkan pertanian di Indonesia.

    BalasHapus
  17. sebenarnya persoalan impor beras, gak semudah logika kita sebagai masyarakat awam, yang sekedar melihat negeri ini banyak sekali lahan persawahan, kok yaa masih impor beras, banyak sekali faktor sih yang harus dipertimbangkan, tapi memang yaa seharusnya bisa diminimalisir lah untuk impor ini yaa

    BalasHapus
  18. Saya dari dulu penasaran sama sorgum, pangan lokal pengganti nasi itu loh kak.
    Semoga suatu saat bisa coba icip2, keren nih kegiatan EBS selalu bangga jadi bagian dari isu lingkungan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah saya lihat apa yang saya dan keluarga konsumsi selama ini produk lokal semua. Malah banyak yg hasil tanam dan ternak sendiri. Termasuk padi dan sayuran

    BalasHapus
  20. Sejak 5 tahun lalu aku perlahan mengurangi nasi dan mulai menyelingi konsumsi nasi. Sekarang sih, makan laukknya aja pun bisa. Makan jagung rebus oke, makan ubi doyan banget apalagi cilembu hahai

    BalasHapus
  21. Indonesia impor beras,? Sungguh sedih karena Indonesia termasuk negara agraris harus nya bisa memenuhi kebutuhan beras buat negri sendiri. Semoga next nggak lgi ada kata impor beras...

    BalasHapus
  22. Wah, aku awam banget nih sama info gandum ini. Baru tahu fakta-fakta tentang Ukraina dan stok gandum nasional. Astaga, trus harus gimana ya? Btw, sebetulnya bisa aja dan aku yakin Indonesia bisa swasembada pangam. Asal kembali ke kebijakan pemerintahnya. Sekarang kebanyakan dipolitisir. Kasihan para petani. Ni karena suamiku petani, jadi aku ngerti juga apa yang terjadi di lapangan.

    BalasHapus
  23. Sepertinya kalau orang Jawa ini wajib banget ketemu nasi. Pokoknya belum disebut makan kalau gak ada nasi. Dan sebenernya, pembangunan besar-besaran pemerintah ini sudah tampak kerusakan lingkungan yang dilakukan plus ketahanan pangan untuk bangsa. Padahal melihat keanekaragaman hayatinya lengkap dan bervariasi yaa.. Tapi masih impor.

    BalasHapus
  24. Indonesia ini kaya akan bahan pangannya, kalau dikelola dengan baik dan disupoort dengan baik insya Allah akan memenuhi kebutuhan dan gk perlu impor lagi

    BalasHapus
  25. Sebenarnya sangat disayangkan ya ketika makanan pokok daerah-daerah di Indonesia diganti beras semua. Padahal setiap daerah punya kekhasan tanaman pokok. Di Propinsi jogja saja sebenarnya makanan pokok setiap kabupaten beda-beda. Ada yang singkong, beras, ada juga yang jagung. Sayangnya sekarang kebanyakan jadi beras semua.

    BalasHapus
  26. Kadang emang kepikiran gitu, negara agraris kok impor beras? Kayaknya emang semua pihak kudu berbenah sih, supaya Bumi jadi makin jadi tempat terbaik untuk tinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Heran sih tapi sekarang sudah menurun kok impor berasnya..

      Hapus
  27. Pangan lokal indonesia emang banyak banget ya, tapi mostly emang mengkonsumsi beras yang menjadi nasi atau bubur. Sayangnya emang beras kita ada yang import. Salah satu penyebabnya sih menurutku karena alih fungsi lahan yang sekarang lahan lahan sawahnya di bangun bangunan. Terus petaninya juga semakin sedikit karena profesi petani kurang diminati anak muda.

    BalasHapus
  28. saya juga belakangan ini sudah sering mengganti beras dengan jagung, suka saja. Sorgumnya belum pernah cobain, penasaran rasanya seperti apa. Dan betul sekali perlu edukasi untuk menyadarkan semua lapisan masyarakat agar menjaga lingkungan sehingga keanekaragaman hayati tetap terjaga

    BalasHapus
  29. indonesia kaya dengan bahan pangan terutama sumber karbohidrat. Perlu edukasi dan pembiasaan dan edukasi sih ya kak. apalagi pangan lokal tentu akan lebih subur dan baik hasilnya

    BalasHapus
  30. Pemerintah sampe skrg masih minim melindungi petani, apalagi petani padi sehingga kita ngga pernah swasembada beras lagi, selain tahun 1984 itu serta era zaman Presiden Soeharto.

    Sepertinya lebih mudah untuk impor dibandingin menyejahterakan petani. OK lah, gandum emg susah banget ditanam di Nusantara. Tapi setidaknya bisa berupaya mencari riset agar kita jg bs menanam sndiri meski tidak banyak produksinya.

    Pangan lokal selain beras ya itu alternatif saja. Belum banyak masyarakat yang mau mengonsumsinya, kecuali kalo benar2 terpaksa.

    Emg butuh kemauan keras kita semua agar ketahanan pangan kita selalu terjaga. Caranya gimana? Aku juga belum tahu krn aku sekarang lagi merasakan gimana nggak enaknya jadi petani setelah kena PHK dari perusahaan swasta.

    Namun setidaknya aku bisa mencukupi kebutuhan panganku dan keluarga dari ladang sndiri atau bertukar dgn petani lain.

    BalasHapus
  31. Bicara tentang mengubah mindset makanan ...membawaku kembali ke masa kecil. Zaman kelas 3-4 SD. Kan ada bahasan tentang makanan pokok rakyat Indonesia. Wah, ternyata nggak cuma nasi. Ada ubi jalar, ubi kayu (singkong), jagung, sagu, dll. Sejak itu aku kalo makan nggak mesti nasi. Apalagi setelah tahu orang Amerika jago-jago bahasa Inggrisnya, padahal nggak makan nasi. Hehehe... Tapi yaaa namanya juga dulu kan masih bocil ya. Nggak makan nasi mah auto diomelin ortu :))

    BalasHapus
  32. Tulisan yang bagus sekali mba, saya bener-bener terhanyut bacanya. Bagaimana kita sebenarnya negara yang kaya harus bergantung pada makanan negara lain seperti sereal.
    Selain nasi saya juga suka makan jagung dan talas untuk sumber karbohidrat mba, bener-bener suka dengan konsep green customer ini. Sampai thesis pun saya mau angkat tentang green consumer behavior

    BalasHapus
  33. Waktu belajar IPS di sekolah, keren banget ya kita bisa swasembada beras, semoga bisa terulangi lagi ya, jadi gak impor lagi

    BalasHapus
  34. Saat masih tinggal di Papua, saya akhirnya mengenal sagu dan umbi-umbian sebagai makanan pokok khas sana. Setiap acara pun yang saya jumpai hanya keladi, sagu dan umbi2an lain sebagai makanan pokok.

    BalasHapus
  35. Ingat jaman pas masih anak-anak. Keluargaku lebih sering makan singkong yang dicacah-cacah gitu. Terus sekarang makanan itu malah jadi kayak makanan ringan gitu. Meski aku masih sering menemukannya di pasar tradisional.

    BalasHapus
  36. Negara agraria tapi anak mudanya jarang mau jadi petani. Jadi agak.sedih Kak.

    Iya nih harga mie favorit jadi naik, imbas dari impor gandumnya ya. Saatnya konsumsi makanan lokal aja buat gantinya. Kita makan ibi atau singkong.

    BalasHapus
  37. Saya termasuk yang setuju kalau makan itu enggak harus dengan nasi, tapi bisa dengan unsur karbohidrat yang lain. Mengapa? Ya, agar tidak terlalu ketergantungan dengan nasi, tapi lebih ke kebutuhan akan asupannya yang sekarang perlu diedukasi ke anak-anak

    BalasHapus
  38. Menjadi seorang konsumen hijau merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh untuk kelestarian alam. Kita dituntut untuk dapat memahami darimana suatu produk berasal dan diperoleh dan bagaimana dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  39. Favorit aku sagu sii karena kenyal kenyal gitu. Tapi tetep ga bisa gantiin posisi nasi di hati ahaha. Semoga kesadaran masyarakat semakin meningkat ya dan bisa bersama-sama menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  40. setelah kubaca-baca beberapa artikel, roti dan gandum itu ga lebh baik sih daripada singkong dan sejenisnya yang merupakan produk lokal kita, jadi jangan sungkan utk pilih produk lokal sebagai pengganti nasi ya mbak

    BalasHapus
  41. Semoga negara kita tidak masuk lingkaran situasi genting seperti peperangan atau bencana alam yang berakibat fatal. Sehingga masyarakat petani kita tetap bisa berupaya untuk meningkatkan produksi pertanian nya untuk ketahanan pangan ya mba.
    Oya saya tertarik dengan akhir tulisan yang mengutip kata Pramoedya Ananta Toer..

    "Keberanian menantang kelaparan adalah kepahlawanan tersendiri."

    Semoga kita semua bisa terbebas dari bahaya kelaparan. Aamiin...

    BalasHapus
  42. Kadang ku suka kepikiran dengan semakin banyaknya pembangunan perumahan di kota yang menggunakan persawahan lama-lama daerahku bisa kekurangan beras juga nib

    BalasHapus
  43. Banyak sekali ya sebenarnya pangan lokal di Indonesia ini.pangan lokal bisa jadi penyelamat saat terjadi force majure

    BalasHapus
  44. Aku masih belum bisa ninggalin nasi nih. Makan nasi jagung juga masih campur beras putih begitu juga dengan nasi tiwul. Kalau umbi umbian baru sebatas cemilan saja..

    BalasHapus
  45. Aku baru tahu kalau Ukraina negara pengekspor gandum. Ga kepikiran juga sampai ke sana. Soalnya setahuku di Indonesia Timur juga penghasil gandum, sagu dll. Meskipun ga dibuat sebagai sereal ya. Tapi bener banget pangan lokal sebaiknya lebih sering dikonsumsi

    BalasHapus
  46. Edukasi yang baiak dalam sebuah keluarga bahwa ketahanan pangan ini bukan hanya dari beras yaa.. Tapi makanan penggantinya pun bisa.
    Sungguh miris ketika di negara yang sebutannya negara agraris tapi kini beras masih import dan masih banyak masyarakat yang bahkan tidak bisa makan nasi.
    Sedih sekali..

    BalasHapus
  47. Baca di atas saya jadi nambah wawasan soal agraria nih. Baru tahu sebegitu kompleksnya pekerjaan di bidang ini. Nasi yang dimakan tiap hari berasal dari kekompleksan ini

    BalasHapus

Follower