Cara Mengurangi Pilek Tanpa Minum Obat

17 comments
Hai dears, juni ini muncul hujan walau enggak tiap hari. Pertengahan tahun adalah pancaroba alias pergantian dari musim hujan ke kemarau dan jadinya cuaca enggak jelas, kadang cerah lalu ganti berawan dan tiba-tiba hujan deras. Kalau sudah begini, tubuh bisa drop dan mudah kena pilek, apalagi kalau kehujanan.



Cara Mengurangi Pilek Tanpa Minum Obat

Pilek emang enggak enak ya. Hidung buntu, kepala pusing, meriang, rasanya pengen tiduran aja. Saya tuh termasuk orang yang mencoba mengurangi konsumsi obat-obatan, termasuk saat pilek. Sebenarnya pilek bisa sembuh sendiri asal kita punya imunitas tubuh kuat dan banyak beristirahat. Ini saya kasih contekan biar cepat pulih dari pilek tanpa obat-obatan.


1. Minum Air Hangat

Sudah minum berapa gelas hari ini? Sebaiknya kita minum 2 liter air dalam sehari ya dan bagusnya tuh air hangat, karena pertama bikin tubuh rileks. Kalau pilek kan pusing dan meriang, minum air putih atau teh hangat bisa bantu banget untuk mengurangi mumet. Kalau perlu pasang alarm agar enggak lupa ambil air hangat dari dispenser.


Air hangat bisa juga diberi sedikit perasan lemon dan 1-2 sendok makan madu. Rasanya segar dan menghangatkan badan. Alternatif lain, bikin minuman sari jahe hangat yang bikin perut juga nyaman. Jangan malas minum ya, biar cepat sembuh.


2. Penguapan


Kalau hidung buntu rasanya enggak enak banget dan jangan disogok pakai cotton bud! Jadinya malah makin parah dan resiko berdarah. Kurangi buntu di hidung dengan penguapan. Caranya gampang banget, ambil baskom plastik atau mangkok lalu beri air panas secukupnya. Kasih beberapa tetes minyak kayu putih. Uap yang muncul bisa dihirup untuk melegakan pernafasan dan tenggorokan. Ulangi proses ini kalau airnya sudah dingin.


3. Makan Sup

Sup adalah makanan yang cocok untuk penderita pilek karena penuh gizi. Kamu bisa makan sup sayuran atau sup ayam yang gurih dan kuahnya hangat. Setelah makan sup badan jadi berkeringat dan pusing berkurang. Hidung jadi lumayan lega dan enggak buntu lagi.

Kalau bosan dengan sup konvensional, kamu bisa coba sup krim jagung atau sup krim ayam. Rasanya malah lebih enak lagi karena teksturnya kental dan creamy. Dijamin habis makan sup ini pileknya sebentar lagi sembuh.


4. Mandi Air Hangat

Sedang pilek bukan berarti jadi alasan untuk malas mandi wkwkwk nanti cantik atau gantengnya hilang lho. Tetap mandi rutin dan pakai air hangat, karena air hangat bisa membuat badan rileks dan nyeri akibat pilek jadi berkurang. Sudah mandi apa belum nih?

5. Pakai Semprotan Rongga Hidung

Bagaimana jika hidung buntu terus-menerus? Enggak usah khawatir dear, pakai saja semprotan rongga hidung. Pernah dengar Betadine kan? Betadine punya produk Cold Defence Nasal Spray yang bisa disemprotkan ke hidung dan melegakan pernafasan, pilek pun jadi lekas sembuh.

Betadine Cold Defence Nasal Spray

Betadine Cold Defence Nasal Spray terbuat dari bahan alami sehingga aman buat tubuh. Semprotan hidung ini aman buat anak-anak karena bisa dipakai untuk usia 1 tahun ke atas. Enggak usah khawatir dengan kandungannya karena Betadine Cold Defence Nasal Spray tidak mengandung obat keras dan steroid. Dalam 2 hari, pilek akan sembuh jika kamu rutin semprotkan Betadine ini, 3 kali sehari.

Semprotan rongga hidung Betadine ini memiliki kandungan alami Carragelose yang berasal dari jenis rumput laut merah.

Saya penasaran gimana sih Semprotan Hidung ini bisa mengurangi pilek? Ternyata Carragelose yang disemprotkan ke hidung ini akan membentuk lapisan pelindung. Lapisan ini yang membungkus kuman dan bakteri di dalam hidung dan akan keluar bersamaan dengan pileknya.

terbukti membantu menghilangkan beberapa jenis kuman penyebab Pilek & Flu seperti H1N1 dan Rhinovirus penyebab umum infeksi saluran pernapasan.
Manfaat semprotan hidung adalah mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu.
  • Terbukti secara klinis membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu hingga 2 hari
  • Alami, Preservatives Free, Steroid Free, Drug Free
  • Dapat digunakan oleh anak – anak.
Ketika pilek memang harus sabar dan minum air hangat secara teratur, agar berkurang pusingnya. Usahakan untuk istirahat dan tidur minimal 7 jam dalam sehari. Pakai juga Betadine Cold Defence Nasal Spray agar terbebas dari hidung buntu. Produk ini bisa kalian cari di betadine.co.id.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

17 komentar

  1. Akupun jika sedang pilek rasanya nggak afdol kalau cuma ngandelin obat, reaksinya lama dan kan terganggu ya pernafasan kita tuh. Jadi sering penguapan dan juga mandinya dengan air hangat, ditambah jg selalu req sup hangat hihi. Nah kalau penyemprotan ke hidung ini perlu saya coba, dengan Betadine Nasal Spray biar pemulihannya lebih cepat pula.

    BalasHapus
  2. Keren nih inovasi Betadine. Dulu taunya Betadine buat obat luka luar saja, kini berkembang menjadi variatif, termasuk untuk urusan filek

    BalasHapus
  3. wah aku kayaknya perlu nih pakai Betadine Cold Defence Nasal Spray kalau lagi pilek nih, karena selama ini aku selalu minum obat pilek

    BalasHapus
  4. Sup ayam itu andalan banget kalau ada yang flu atau demam di rumah. Anak-anak sampai hafal :)) Plus jeniper madu juga. Betadine Cold Defence Nasal Spray nih yang aku baru tahu.

    BalasHapus
  5. Persiapan Betadine dan juga jaga diri ya agar gak gampang flu, karena cuaca lagi cepat berubah

    BalasHapus
  6. Wah bisa gitu yaaa, aku biasanya sih emang minum obat. bisa nih kapan2 cobain yang nasal spray biar nggausa minum obat yang bikin tepar sebadan2

    BalasHapus
  7. yg sering, mudah dan cepat untuk saya lakukan biasanya list no 1 dan 4, minum air hangat dan mandi air hangat.. tambah satu lagi yakni berlari.. entah kenapa lari juga ampuh buat saya.

    list yg terakhir juga praktis nih produk Betadine Cold Defence Nasal Spray yg harus disediakan di rumah

    BalasHapus
  8. aku biasanya mandi aer hangat ama makan sup. beneran bisa diandalkan, sepertinya mau coba juga nih Betadine Cold Defence Nasal Spray. Sepertinya bakalan makin cepat lagi kelarnya ya kak

    BalasHapus
  9. Saya juga kalau pilek sebisa mungkin enggak minum obat. Paling sering ya minum air hangat dan sop yg hangat juga. Terus sopnya dikasih kencur. Meskipun rasanya agak aneh, tapi cukup melegakan.

    BalasHapus
  10. Gak nyaman banget kala mulai mau sakit sehingga hidung jadi buntu dan sulit untuk bernapas. Selalu sedia Betadine Cold Defence Nasal Spray agar ikhtiarnya menggunakan non-obat terlebih dahulu..

    BalasHapus
  11. Saat kena covid dulu, betadine ini jadi salah satu ikhtiar untuk bisa lebih cepat negatif, setidaknya buat merangsang sensitivitas bau bauan. Betadine salah satu jadi stok obat yang harus ada di rumah

    BalasHapus
  12. Bener banget mba musim pancaroba kadang bikin kita drop. Biasanya kena flu kalau cuaca tidak menentu. Kudu sedia produk Betadine Cold Defence Nasal Spray nih...makasih infonya ya mba...

    BalasHapus
  13. Minum air hangat itu yang paling praktis dan murah untuk mengatasi pilek ini ya, Kak. Biasanya saya juga gitu sih dengan minum air hangat tapi ini baru tahu juga dengan adanya produk dari Betadine yang model spray gini.

    BalasHapus
  14. Pernah baca sih kalau pilek dan batuk memang sebenarnya nggak ada obatnya, bisanya cuma mencegah dan mengurangi gejala aja. BIsa sembuhnya ya dengan meningkatkan imunitas, makan makanan bergizi.. dan tentunya untuk obat luar bisa pakai Betadine Nasal juga nih.. biar cepet teratasi pileknya.

    BalasHapus
  15. Kalau gejala pilek sudah terasa langsung diatasi dengan minum air hangat dan sup. Sama pilek itu aku agak trauma, karena pernah ngalami pilek yang tak kunjung sembuh. Ternyata ada Betadine spray ya.

    BalasHapus
  16. Aku dulu juga pernah buat artikel mirip ini tapi buat anakku hehehe. Ada teknik penguapan pakai air panas dan minyak kayu putih, aku sendiri juga suka pakai itu karena langsung plong~

    BalasHapus
  17. Saya tipe orang yang mudah kena pilek, apalagi kalau perubahan cuacanya gajelas T-T Saya baru tau kalau betadine ada yang untuk obat pilek juga, semoga bisa jadi teman baik saya saat pilek nanti.

    BalasHapus

Follower