Traveling Mandiri Atau Agen Tour?

1 comment
Saya baru membaca sebuah artikel tentang Ranger di Pulau Komodo. Namanya mengingatkan saya pada Power rangers. Bukan. Bukan itu. Ranger disini maksudnya para pawang komodo. Saya membaca kehidupan pawang komodo ini tidak gampang. Mereka menjadi pemandu bagi wisatawan yang datang ke Pulau Komodo. Biasanya Ranger ini adalah masyarakat asli yang ada di pulau itu. Jadi mereka terbiasa sejak lahir melihat Komodo. Menjadi Ranger pun tidak ada pelatihannya. Ilmu menjadi pawang komodo diberikan secara turun temurun dari kakek nenek mereka.

Ranger akan meminta wisatawan untuk menjaga jarak dengan hewan karnivora ini. Jika dia menyerang kita, maka gigitannya yang besar itu akan bisa membuat tubuh kita kehilangan banyak darah. Tapi siapa yang tidak penasaran Ingin melihat hewan yang panjangnya tiga meter ini? Kesempatan bisa pergi ke Labuan Bajo maka seharusnya juga mengunjungi pulau Komodo ini.

Apa saja yang bisa kita lakukan di Pulau Komodo?

1. Melihat Komodo yang menjadi daya tarik para turis mancanegara untuk datang ke pulau ini. Tahu sendiri kan kalau komodo ini merupakan hewan langka dan sudah sangat tua. Jadi memang tidak banyak negara yang memiliki hewan ini.

2. Melihat sunset dan sunrise di spot tertentu. Keindahan pulau ini tidak hanya terletak pada pantai dan kontra berbukit-bukIt tapi juga keindahan yang ditawarkan sehingga bisa melihat matahari terbenam dan matahari terbit di pulau tersebut.

3. Melihat satwa liar lainnya. Kehidupan di Pulau komodo tidak hanya mendukung kehidupan komodo saja tapi juga satwa liar lainnya. Wisatawan bisa melihat kerbau super besar.

Nah, kalau kita mau pergi ke Pulau Komodo ini bisa dengan mandiri atau dengan agen tur. Semua ada kelebihan dan kekurangannya. Alhamdulillah saya pernah melakukan traveling secara mandiri maupun pakai agen tour.

Jika ditanya, suka mana? Saya bingung mau menjawab apa karena menurut saya semua ada kelebihan dan kekurangannya.

Travelling secara mandiri

Menurut saya traveling secara mandiri ini kita bisa menyesuaikan waktu dan tempat yang kita inginkan. Selain itu interaksi dengan masyarakat lokal lebih intens karena saat kita tidak tahu jalan, tersesat, maka kita harus tanya dengan orang lokal. Yang pasti, lebih banyak mikirnya. hehe. Susahnya, kadang kita bisa saja dimanfaatkan orang lokal karena ketidaktahuan kita. Makanya kita harus lebih berhati-hati saat melakukan traveling secara mandiri.

Traveling melalui agen tur

Bukan berarti ikut agen tur juga tidak perlu berhati-hati, traveling dengan agen tur juga harus berhati-hati dalam hal barang bawaan bukan pungutan liar. Saya baru tahu kalau mereka punya jaringan yang kuat. Biasanya mereka sudah banyak kerjasama dengan tempat-tempat wisata. Kepuasan dengan agen tur juga tergantung pilih agen tur yang mana ya. Saya pernah pakai agen tur ke Bali, sebenarnya mereka bisa berangkat on time,  hanya saja waktu itu menunggu beberapa orang yang akhirnya membuat keberangkatan pun molor. Itinerary pun sudah disusun sesuai jadwal. Jadi kita tidak perlu pusing - pusing lagi cari kendaraan menuju ke tempat wisata karena sudah diatur sama agen tur. Orang lokal pun Jadi tidak macam-macam sama kita. Alias jika ingin menghindari pungutan liar di tempat wisata ya pakai agen tur saja.

Mandiri atau Agen Tour?

Kembali Kembali lagi pertanyaannya. Kalau melihat lokasi masih asing dan jauh dari perkotaan mungkin alangkah baiknya kalau menggunakan agen tur. Biasanya agen tur sudah tahu transportasi yang digunakan, lokasi tempat wisata, tempat makan, tempat menginap , penjual oleh-oleh. Dan ini memudahkan kita. Biasanya juga agen tur sudah punya paket wisata yang harganya lebih murah dIbanding kalau kita traveling Mandiri. Karena di beberapa lokasi wisata, biasanya ada sharing cost begitu, misal saat menyewa perahu yang ada minimal penumpangnya sehingga harganya bisa lebih murah. Kalau pakai agen tur, kita tidak perlu pusing lagi cari orang untuk sharing cost.

Kalau kalian mau pilih agen tur, salah satu alternatif adalah menggunakan agen tur Blibli tur. Di Blibli ini ada paket wisata pulau Komodo yang beraneka macam. Blibli menawarkan paket wisata pulau Komodo yang berbeda jumlah hari dan fasilitasnya.

kenapa harus beli paket tur wisata di Blibli? 


1. Satu-satunya toko online yang jual paket tur. Blibli memang punya Brand agen tur sendiri bernama Blibli Tur yang menyediakan jasa paket wisata pulau Komodo dan wisata lainnya. Tak hanya itu, brand yang menjual paket wisata pulau Komodo di Blibli juga banyak dengan harga berbeda karena jumlah hari berbeda dan fasilitas juga berbeda. Untuk khusus brand Blibli Tour sendiri yang ada gambarnya Blibli di samping tulisannya.

2. Harga terjangkau. Hal ini karena di Blibli biasanya ada promo menarik yang membuat harga paket turnya lebih murah.

3. Rewards. Setiap kita belanja di Blibli maka kita akan mendapatkan rewards. Nah, rewards ini bisa ditukarkan saat kita berbelanja di Blibli selanjutnya.

4. Bisa cicilan. Bagi yang sudah ingin sekali liburan tapi belum ada dana, maka bisa mengikuti program cicilan ini tanpa harus pakai kartu kredit. Pasti pada mikir bunga ya? cicilan cuma 0%. Untuk syarat dan ketentuan ini bisa dilihat di setiap paket wisata ya.

Hanya saja, untuk meeting dan ending point nya biasanya langsung di bandara. Jadi, tiket pesawat kita yang beli sendiri. Karena bisa saja setiap individu senang dengan maskapai tertentu. Selamat berlibur!

Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Follower